Hafizh Sang Guru

Hafizh Sang Guru
Oleh: Erliyani Malik

Khaja Syamsuddin Hafizh (secara harfiah Guru Matahari Keimanan, sang Pelindung, Sosok yang memahami al-Qur’an) wafat tahun 1389. Sebagai salah satu penyair terbesar Persia, karyanya dikenal sebagai Penafsir Berbagai Rahasia dan Percakapan tentang Yang Tak Tersentuh. Koleksinya, Diwan, tampaknya dalam corak sensual mengungkapkan berbagai pengalaman Sufi. Karya ini digunakan sebagai sebuah buku teks dan juga (secara vulgar) untuk tanda-tanda, dengan membukanya di sembarang halaman. Berawal di Isfahan, keluarganya pindah ke Syiraz. Hari kematiannya tersembunyi dalam sebuah syair yang tertera di pusaranya dimana ia sendiri memberikan petunjuk tentang fakta bahwa dirinya merahasiakan sandi angka yang digunakan para Sufi: “Jika engkau ingin mengetahui ketika ia mencari tempat di keremangan Mushalla, carilah tanggal (kematiannya) di keremangan Mushalla.” “Keremangan Mushalla” (khak-i-Mushalla) mengungkapkan rahasia angka 791, angka yang sesuai dengan kalender Muslim untuk tahun 1389. Hafizh adalah guru dari para raja, namun tetap dicintai masyarakat. Pengaruhnya masih tak tertandingi dalam kesusastraan Persia.

Hafizh sendiri, ternyata kurang terkenal di dunia Timur. Sangat sedikit informasi terpercaya yang tersedia tentang detil detil kehidupannya. Bahkan penulis sendiri kesulitan dalam mencari sumber sebagai rujukan utama tulisan ini. Namun berdasar kekaguman luar biasa pada Sang Guru, dengan mengkompilasi beberapa artikel dari berbagai situs, penulis memperoleh sedikit biografi tentang dirinya. Oleh sebab itu para sarjana bahkan tidak sepakat tentang tanggal kelahiran dan kematiannya. Dia mungkin dilahirkan sekitar tahun 1320, dan meninggal sekitar tahun 1388-1389, yang secara kasar sama dengan pujangga besar yang menulis dalam bahasa Inggris, Geoffrey Chaucer.

Penyair Hafizh Lahir

12 Oktober tahun 1348, Syamsuddin Muhamad Syirazi atau dikenal dengan nama Hafizh, seorang penyair ternama Iran terlahir ke dunia di Kota Syiraz, sebuah kawasan di selatan Iran. Hafizh dikenal menguasai tafsir Al-Quran, filsafat, dan sastra Arab. Karena kemampuannya menghafal Al-Quran dengan berbagai cara bacaannya, ia kemudian dijuluki Hafizh yang artinya penghafal. Hafizh adalah seorang sufi, pemikir, dan sastrawan besar yang meninggalkan berbagai karya sastra legendaris dalam bahasa Persia. Dengan bekal pengetahuannya yang mendalam mengenai Islam dan ilmu Al-Quran, puisi-puisi Hafizh kemudian menjelma menjadi karya sastra Persia yang paling romantis. Karya Hafizh yang paling terkenal adalah sebuah kitab puisi bernama Diwan-e Hafizh.

Puisi Hafizh

Selembar Undangan Ilahi
Engkau telah diundang untuk menemui
Sang Sahabat.
Tak seorang pun mampu menolak Undangan Ilahi.
Hanya dua pilihan tersisa
Untuk kita sekarang:
Kita penuhi undangan Tuhan
Bergegas untuk Menari,
Atau
Dibawa di atas usungan
Menuju Bangsal Nya.

Engkau tak perlu lagi berlaku gila
Kita sernua tahu kau begitu pintar memerankannya.
Sekarang beristirahatlah, sayangku,
Dari semua keria keras yang engkau lakukan
Membawa luka kepada jantung dan mata manismu.
Tajamkan matamu pada cermin gunung
Yang bening
Lihatlah sang Pejuang Purba yang Indah itu
Lalu tengoklah unsur unsur Ilahi
Yang selalu engkau bawa dalam kalbumu
Lakukanlah sampai ia mengalirkan Semesta dengan
Kehidupan suci
Yang telah begitu lama
Dan bergabung denganmu Selamanya
Bersama segala Wujud bersama Tuhan!

Kita Mesti Bicara tentang Masalah Ini
Sesosok Makhluk Cantik
Hidup dalam liang yang engkau gali.
Ketika malam menjelang
Kusebar buah dan benih
Dan kupasang bejana bejana kecil anggur dan susu
Di samping gundukan tanahmu yang lembut,
Dan aku seringkali berkidung.
Tetapi masih saja, duhai sayangku,
Engkau tidak menampakkan diri.
Aku telah jatuh cinta pada Seseorang
Yang sembunyi di relung dirimu.
Kita mesti bicara tentang masalah ini
Kalau tidak,
Tak ‘kan kutinggalkan engkau sendiri

Imajiku yang Cemerlang
Suatu hari mengakulah matahari,
Aku hanyalah sebuah bayang.
Kuharap aku bisa menunjukkanmu
Cahaya Pijar yang Tak Berbatas
Yang telah memerangkap imajiku yang cemerlang!
Kuharap aku mampu menunjukkanmu,
Ketika kau kesepian atau dalam kegelapan,
Cahaya yang Menakjubkan
Wujudmu sendiri!

Sumber: The Islamic College, dan ini.
Google Similarity Search Result pada tanggal 12-Sep-09 : 4 articles.

About Lambang MH

Pengamat kehidupan, pengamat kemanusiaan, pengamat spiritual, pengamat teknologi dan pengamat segala macam yang bisa diamati.
This entry was posted in Clipping, Islam, Kehidupan, Spiritual and tagged , , , . Bookmark the permalink.

20 Responses to Hafizh Sang Guru

  1. m4stono says:

    HIYAAAAAA PERTAMAAAAXXXXXX

    ======================
    ::Wekekekekkk…
    ======================

  2. Lambang says:

    Hehehe… kayanya sudah harus segera pindah ke dot com atau Blogspot nih. PR dan Alexa-nya ngga bisa diajak damai.
    Tapi temanya ganti yang umum, infotainment, xxx, gossip, iklan, portal berita.
    Hosting dimana Kang yang bagus?

  3. m4stono says:

    jare sentimen karo blogspot…piye to kang…wakakakakak……nek nganggo dot com nganggo hostinge blogspot yo iso malahno gur tuku domain 80ewu setahun ra mikir hosting2an mbarang…iso wae nggo hostingan gratis ning uaaaloooon…sebaiknya pake hostingan londo wae mas…hostingan lokal kebanyakan cepat ketika awal2nya thok lama2 lemot juga…katanya lho….

  4. Lambang says:

    Hehehe… dulu ngga suka dengan Blogspot karena comment systemnya ngga bisa keluarin avatar sama emoticon.
    Tapi lama-lama Blogspot koq keliatan lebih ayu, sumringah lan lebih lincah gara-gara sekarang pakai Disqus… xixixi… *coba Kang Tono ngga pakai Disqus, pasti saya jarang mampir* :)
    Nama dan tema blog juga terlalu membatasi gerak. Kan ngga mungkin saya posting artikel nggilani (Miyabi dll) di sini. Nyesel juga ya dulu ngga pilih http://www.Ngatemi.com atau http://www.NarsisPuol.com.
    Tapi yang transfer domain ke blogspot itu cukup menarik Kang. Murah tur hosting gretongan. Entar mau cari wangsit dulu ah nama domainnya apa.. hehe..

  5. batjoe says:

    nah ini baru namanya masterpeacenya mas lambang….
    enak, banget mbacanya dan sangat dimnegerti.
    enak mas dan saya menyukainya..
    mas lambang saya belum bisa updatekan maslah persentai saya yang saya ambil dari blognya mas lambang soalnya masih ada yang saya harus tambah sana sini.. ndak apa-apakan mas lambang? mohon Allah selalu dalam rahmatnya but mas lmbang dan keluarga. amin

    ======================
    ::Enda papa mas. Silahkan ditambahi bumbu macam-macam, yang penting bisa makin sedap untuk dinikmati peserta presentasi… :)
    ======================

  6. batjoe says:

    buat botol iji kenpa yang kok tiba2 ndak muncul2 lagi.. apa amarahkan sama kita bertiga karena dijadikan obyek penderita teruzzzz. kalau gitu saya yang muda minta maaf deh jangan ngambek dong kang boed…
    silatuhrahmi tuhkan penting dan sangat dianjurkan untuk mempererat persaudaraan..
    buat mas tono di tungguin tuh ma mba ngatemi jangan samapi mas lambang nyamber duluan hahahahaaaa

    ======================
    ::KangBoed lagi wawancara sama CNN, jadi ngga sempat kumpul di sini…
    Kalau KangTono lagi kulakan kepala ijo, buat dibagi-bagi di kampus… :)

    ======================

  7. qarrobin says:

    Baru tau nih….ada pujangga selain Romeo, hatur tengkiu ulasannya

    seperti kata mbah surip….caaappppppeeekkkkk….
    nyepam koment, mending makan kue apem aja sambil nyeruput teh…

  8. Lambang says:

    Sama sama mas. Enda ngerti saya kalau Romeo dulu jadi pujangga. :)

  9. qarrobin says:

    Kata teman saya yang suka Rumi, cerita Romeo dan Juliet itu idenya dari Rumi dan Syamsi Tabriz

    ======================
    ::Mungkin temennya bener juga, karena Shakespeare lahir jauh setelah Rumi.
    Ada quote Rumi yang menarik, tadi pas lihat-lihat Wikipedia:

    Jangan tanya apa agamaku. Aku bukan Yahudi, bukan Zoroaster, bukan pula Islam. karena aku tahu, begitu suatu nama kusebut, kau akan memberikan arti yang lain daripada makna yang hidup di hatiku.

    Kalau di Indonesia jadi Romlah dan Juleha… :)
    ======================

    • m4stono says:

      salah kang sing bener romli dan juliono…..maho detected :mrgreen:

      ======================
      ::Wekekekekkk… :)
      ======================

  10. m4stono says:

    wakakakakak…kangboed meng baek koq…kita2 disini kan cuman becanda biar gayeng….ntar lebaran ajah minta mangap ke kangboed… http://www.bensisanlemoyokibenmarem.co.id o ya kang komeng mu dah tak bales pake boso londo ireng

  11. Lambang says:

    Iya mas, terimakasih. Nanti tak kirim daftar pertanyaannya lewat email, biar dijawab oleh pak Kompresor…
    Kalau jawabnya ngaco, gelar Kompresor bisa dicabut… wekekekek…

    • m4stono says:

      di cabut wae nganggo catut…lha wong lulusan SMA kok dadi kompresor..ngimpiii opooo aku ki….bar lulus SMA wingi2 neh…jane aku ki isih culun neng sok temuwo….wakakakak

      ======================
      ::Katone isih ABG yo Kang.
      Lha salah aku ngaturi Kang Tono, mestine dek Tono je. :)

      ======================

  12. hulkwebhost says:

    wah menarik juga

  13. Arif says:

    mungkin nanti akan lahir seorang yang mempunyai kecerdasan untuk menafsirkan, menghafal al-Qur’an

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s