Mengatur Jenis Kelamin, Warna Rambut dan Kulit Bayi

Pemeriksaan genetika saat ini semakin canggih. Sekarang dimungkinkan para orang tua memilih sifat bayi mereka. Berikut ini adalah tiga cara agar bayi dilahirkan sesuai dengan spesifikasi yang kita inginkan.

designer-baby.jpg

Dengan mengeluarkan beberapa ribu dolar, para wanita bisa menjalani in vitro fertilization (IVF) dan memilih untuk memiliki bayi laki-laki dengan visi yang sempurna, hobby olahraga dan memiliki pengunci virtual untuk menghindari kanker usus besar. Klinik kesuburan di Amerika Serikat selain menawarkan bayi yang lebih tahan terhadap penyakit, juga bisa untuk memilih jenis kelamin. Mereka belum menawarkan kustomisasi lebih lanjut, tapi itu bisa berubah sesuai dengan pemetaan genetik yang semakin cepat dan makin mudah.

Tahun lalu, sebuah perusahaan di California mengatakan sudah bisa mengatur warna rambut dan warna kulit, tetapi kemudian segera mencabut klaim itu di tengah badai protes. Penelitian seperti ini telah mendorong Paus Benediktus untuk mengutuk “pencarian obsesif terhadap anak yang sempurna” tersebut. Tes skrining terbaik di pasar disebut Preimplantation Genetic Diagnosis (PGD), yang dikembangkan untuk mencegah kelahiran anak-anak yang memiliki kelainan, skrining kromosom dari satu atau dua sel embrio untuk memeriksa kelainan. Tergantung pada hasilnya, embrio hasil IVF akan ditanamkan pada ibu, disumbangkan untuk penelitian atau dimusnahkan.

Sekarang, para peneliti pada lembaga penelitian swasta Genetics & IVF Institute di Virginia telah mengembangkan sebuah tes yang disebut karyomapping. Prosedur baru ini membandingkan peta genetik orang tua dan embrio untuk mendeteksi salah satu dari 15.000 kelainan genetis yang dikenal. Ini juga dapat digunakan untuk memilih karakter termasuk kecerdasan atau warna kulit.

“Masa depan genetika akan benar-benar tergantung pada apa yang diinginkankan orang,” kata Elizabeth Ginsburg, mantan presiden dari Society for Assisted Reproductive Technology. “Kalau itu bisa disebut sebagai mendisain bayi, maka kita akan membutuhkan lebih banyak peraturan.”

Tiga Cara Bayi Dilahirkan Sesuai Spesifikasi

Menyelamatkan saudara kandung: Orangtua dengan anak-anak yang menderita leukemia atau anemia, dapat memanfaatkan teknologi stem cells untuk mendapatkan calon saudara kandung dari bahan genetik yang tepat. DNA dari embrio dianalisis untuk menemukan kecocokan antigen Leukocyte antara embrio dan si anak. Sembilan bulan kemudian ketika bayi lahir, stem cells diambil dari darah di tali pusar.

Skrining warna Pink atau Biru: Sebuah survey di tahun 2006 yang dilakukan oleh Genetics and Public Policy Center menemukan hampir separuh klinik kesuburan di AS menawarkan pemilihan jenis kelamin anak melalui skrining embrio PGD. Sebuah teknik baru dalam uji klinis menawarkan metode yang lebih murah. Awalnya dikembangkan oleh Departemen Pertanian AS untuk digunakan pada ternak, metode baru ini menganalisa sperma, bukan embrio, dan menggunakan warna dan fluoresen untuk menyortir kromosom laki-laki dari kromosom perempuan yang lebih besar.

Jaminan Bebas Penyakit : Orang tua dengan riwayat penyakit keturunan seperti cystic fibrosis, sickle cell anemia dan muscular dystrophy memiliki kesempatan yang signifikan untuk mem-bypass mutasi gen yang menyebabkan penyakit pada anak-anak mereka. PGD dapat melakukan skiring embrio untuk kondisi tersebut. Ini dapat juga melakukan skrining terhadap gen yang tidak dijamin pasti akan sakit, tetapi yang berhubungan dengan resiko lebih tinggi pada kanker payudara, kanker usus besar dan penyakit Alzheimer.

Teknologi yang sangat menjanjikan. Mungkin pada suatu saat kita bisa memilih agar anak kita dilahirkan dengan berkulit putih, rambut coklat agak pirang, mata biru dan body seperti Jennifer Lopez. Tapi ya itu tadi syaratnya, semua karakterisitik ini harus sudah ada dalam genome (database gen) yang ada dalam tubuh kita.

Dikemas oleh: Lambang (LambangMH.wordpress.com)
Sumber: www.popularmechanics.com

 

About Lambang MH

Pengamat kehidupan, pengamat kemanusiaan, pengamat spiritual, pengamat teknologi dan pengamat segala macam yang bisa diamati.
This entry was posted in Informasi, Kehidupan, Kemanusiaan, Kesehatan and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Mengatur Jenis Kelamin, Warna Rambut dan Kulit Bayi

  1. m4stono says:

    hihi mungkin merancang bayi programnya pake sotosop kali yak……mendinglah perbaikan keturunan….

    ======================
    :: Ada riset terakhir yang mengusahakan agar setiap organ tubuh yang rusak bisa diganti dengan stem cell. Proyek ini dapat dikatakan cukup berhasil. Jadi kalau ada penyakit berat dan kemungkinan besar tidak tertolong lagi, tinggal pesen stem cell yang dikembangbiakkan di lab atau pada donor yang cocok, terus dilakukan operasi penggantian organ tubuh. Dengan konsep ini, orang yang banyak duit nanti hidupnya bisa ratusan tahun karena setiap ada yang rusak cukup diganti dan bayar tagihannya. Masih belum jelas kalau rusak otaknya apa bisa juga diganti. :)
    ======================

  2. sikapsamin says:

    Whaahhh…ilmu/penemuan baru lagi nih,

    Yang sudah agak lama saya ketahui ‘mengatur agar tidak terjadi kehamilan’…
    Sebenarnya sangat mudah/murah dan singkat…but in practise sooo dificult…
    Naik dari kiri atau kanan terserah…turun keseberang…”TANPA SINGGAH DITENGAH”
    hihihi…parnooo

    ======================
    :: Hehe… lha terus ngapain pakai naik kalau cuma loncat dari kiri ke kanan atau kanan ke kiri… parno ah… :)
    ======================

  3. yos says:

    wah,,,
    manusia jadi kaya Tuhan dunk….
    gawat ki…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s