Manfaat Lain Dari Iblis

evil_eyeNabi Sulaiman diberi kekuasaan yang besar oleh Allah. Dan kalau beliau memakai cincinnya, maka jin, manusia, setan, dan binatang-binatang langsung hadir seketika itu juga, patuh berada dibawah kekuasaannya.

Dalam sebuat riwayat disebutkan bahwa suatu ketika Nabi Sulaiman memohon kepada Allah, “Ya Allah, Engkau telah menundukkan bagiku manusia, jin, binatang buas, burung-burung, dan para malaikat. Ya Allah, aku ingin menangkap iblis lalu memenjarakan, merantai dan mengikatnya, sehingga manusia tidak berbuat dosa dan maksiat lagi.”

“Allah kemudian mewahyukan kepada Nabi Sulaiman, “Wahai Sulaiman, tidak ada baiknya jika Iblis ditangkap.” Nabi Sulaiman tetap memohon, “Ya Allah, keberadaan makhluk terkutuk ini tidak memiliki kebaikan.”

Allah SWT menjawabnya, “Jika Iblis tidak ada, maka banyak pekerjaan manusia yang akan ditinggalkan.” Nabi Sulaiman berkata, “Ya Allah, aku ingin menangkap makhluk terkutuk ini selama beberapa hari saja.” Allah menjawabnya lagi, “Baiklah, tangkaplah Iblis!” Kemudian Nabi Sulaiman pun menangkap Iblis, merantai dan memenjarakannya.

Keesokan harinya, Nabi Sulaiman mengutus anak buahnya untuk menjualkan tas yang biasa dijualnya ke pasar. Mereka melihat pasar itu tutup dan tidak ada yang berdagang sama sekali. Mereka kembali dan mengabarkan hal itu kepada Nabi Sulaiman. Nabi Sulaiman kemudian bertanya, “Apa yang telah terjadi ?” Mereka menjawab, “Kami tidak tahu.”

Hari berikutnya, anak buahnya kembali hendak menjual tas itu di  pasar. Mereka kembali dengan membawa berita bahwa pasar telah tutup dan semua orang pergi ke pekuburan, sibuk menangis dan meratap. Semua orang bersiap-siap melakukan perjalanan ke alam akhirat. Nabi Sulaiman bertanya kepada Allah, “Ya Allah, apa sebenarnya yang telah terjadi ? Mengapa orang-orang tidak bekerja mencari nafkah ?” Allah mewahyukan kepada Nabi Sulaiman, “Wahai Sulaiman, engkau telah menangkap Iblis, akibatnya manusia tidak bergairah bekerja mencari nafkah. Bukankah sebelumnya telah Aku katakan kepadamu bahwa menangkap Iblis itu tidak mendatangkan kebaikan ?”

Mendengar itu, Nabi Sulaiman segera membebaskan Iblis. Esok harinya, orang-orang bergegas ke pasar dan membuka toko mereka masing-masing. Mereka pun sibuk bekerja dan mencari nafkah.

Ternyata Iblis ada manfaatnya juga untuk membuat dunia ini menjadi ramai. Selain itu Iblis juga memberikan manfaat bagi para PSK, germo, bandar judi, koruptor, politikus busuk, koran / majalah / website / CD porno, dan lain-lain. Biar bagaimanapun mereka juga perlu bekerja untuk menyambung hidup. Entah karena merasa tidak ada pilihan lain, atau demi mempertahankan ego, nafsu dan kemewahannya.

Kalau tidak ada Iblis, persimpangan jalah tidak memerlukan lampu pengatur lalu-lintas. Semua tidak terburu-buru dan ingin mendahulukan pengendara lain. Semua tersenyum sambil mempersilahkan. Tidak ada bunyi bising knalpot, klakson dan sumpah-serapah. Pedagang tidak ada yang mencari keuntungan.

Klimaksnya ? Barang dagangan habis, tidak ada lagi yang berjualan apapun, termasuk juga makanan, rakyat kelaparan semua, dan akhirnya mati. The End. Cerita seperti ini jelas kurang seru. Kurang menggigit. Ngga bakalan masuk box office. Target Allah untuk membuat dunia ini ramai menjadi gagal. Allah tidak boleh dan tidak mungkin gagal. Oleh karena itu eksistensi Iblis tetap harus dipertahankan.

Hidup Iblis! Eh, maaf, salah. Ganyang Iblis! Ah, salah juga, nanti malah The End. Jadi, yang mana yang dipilih ? Saya pilih yang rasa strawberry aja mas, ngga pakai kuah.

Dikemas oleh : Lambang (http://LambangMH.wordpress.com)
Pustaka : Perjumpaan Dengan Iblis, Muhammad Syahir, Penerbit Lentera, 2007, 272 halaman.

About Lambang MH

Pengamat kehidupan, pengamat kemanusiaan, pengamat spiritual, pengamat teknologi dan pengamat segala macam yang bisa diamati.
This entry was posted in Islam, Renungan and tagged . Bookmark the permalink.

11 Responses to Manfaat Lain Dari Iblis

  1. kangBoed says:

    Bulan puasa konon katanya para iblis lagi dikurung dan dikerangkeng ya maaaaaaas hehehehehe… tapi kok nyang jahat tambah banyak nyang maling masih teteeep nyang jualan juga iya dari jual barang ampe jual diri terus gimana doooooong… apa kerangkengnya dah jelek yaaaa hingga iblis ma ketan bin setan bisa kabuuuuur widiiiiiiiiiw apa perlu cincin Nabi Sulaiman yaaaaaa supaya saya kabuuuuuuuuur hiii hiiii hiii

  2. kangBoed says:

    terus kalo nyang kesurupan di bulan puasa gimana yaaaa hihihihi bulan puasa koook kesurupan ade ade aje tapi ya begitu adanya……..

  3. Lambang says:

    Yang dikerangkeng kan hanya ketan yang biasa-biasa aja.
    Kalau ketan yang kenal orang dalem, ya bebas berkeliaran.
    Apalagi ketan betina. Hasilnya bisa dibagi dua sama sang penjaga.
    Ketan spesies yang ini katone lumayan wueenak yo mas…..
    Tapi medeni yo, jangan-jangan udah jamuran….

  4. Wedok says:

    setan kan ngodo menungso…
    yn menungsone koyo setan …
    la opo di godo….
    mending godo sing ayu …..
    lak ngono to kang….

  5. Lambang says:

    Bener kang, eh salah, bener yu….

  6. sufi gila says:

    hahahahhahahahhaa

    betuuuuuuuuulllllllll …. enaK KALAU ngomong nGgak pake teori ntuh …. bebaaaaasssss ….. asyiiikkk juga nih ….. salam cinta dan damai para Iblis dan juga salam cinta dan damai para malaikat … masak sesama petugas kok saling jegal hehehehehehe …. kalau belum ketemu Iblis ya nggak tahu kalau ternyata Iblis itu iseng aja nggodain kita … kalau digodain nggak mempan ya akhirnya dia bilang kita berkawan aja yah

    Iya kang. Wong semua juga cuma ilusi dan persepsi aja. Beda kepala beda persepsi. Kakehan teori malah mumet….🙂

  7. kangBoed says:

    Hihihihihi memang uenaaaaak kalo ngomong gak pake otak ya maaaaas setuju deh apalagi kalo memang gak tahu teori mo salah mo bener hiiiiiii nyang penting damai peaceeeee lah hehehehe Mbah Gundul ma Mas Jenang pasti ketawa nguaaaaaaaaakak hehehehe nyang penting happppy…….. temenan ama sopo wae sing penting happppppy mo iblis mo ketan mo setan hehehehe bebaaaas euuuuuuuy

  8. Huaaaaaaaaaduuuuuuhhhh…..
    Jujur saja, jika Nabi Sulaiman entuh masih ada, maka saya akan DEMO besar-besaran ngajak sedulur-sedulur Brandal, Kecu, Maling lan sak pinunggalane. Bagaiamana awak gak DEMO…?? Saya bisa seperti sekarang ini atas JASA para SYETAN, IBLIS jeh…???. Loh kok gitu..??? Lah iya…sama halnya kita bisa tahu TERANG BENDERANG karena adanya GELAP kan???.

    Jadi..??? Setuju…setuju saya bahwa SYETAN, IBLIS adalah PARTNER yang sangat BERMANFAAT…
    Hmmm…klu ada yg bilang bahwa kita harus MEMERANGI SYETAN, IBLIS. Kita musti perlu KALRIFIKASI yang jelas sama yang omong…
    haaaaaaaaaaaaa…haaaaaaaaaa…

    Melirik Komentnya Kang Boed,
    Rupanya selama ini kita DININA BOBOKKAN, Syrtan DIKERANGKENG klu bulan Puasa, nyatanya…realitasnya Syetan masih saja keluyuran…haaaaaaaa….Jangan-jangan entuh KERANGKENG juga ikutan PUASA…jadi pada LEMEEEEESSS gonoh….

    Emang kira-kira yang NGERANGKENG Syetan sapaan yah…??.

    Ngeloyor…bergandengan tangan sama putunya Syetan sambil kasih PERMEN KARET…

  9. Fitri says:

    Biarpun setan ga ada, tetap aja jika nafsu jahat manusia lebih besar daripada nafsu baik, maka manusia itu tetap saja berbuat jahat.

  10. Tyangjawi says:

    Lha nek Adam ora digoda setan/iblis menungso yo ora ono, donya sepi. Opo ora perlu donya yo. Mengkono jarene lho. Wong aku mung tuku jare yo adol jare …..
    Korupsi, selingkuh, dolan menyang lokalisasi, padu rebutan pangkat warisan lan sapanunggalane lha kok sing disalahke setan iblis … aku lali mergo kegoda setan iblis weeeeee ….

    • Lambang says:

      Wah, kalau bagi saya, cerita Adam dan setan itu hanyalah penjelasan yang analogis saja dari Tuhan, karena kalau dijelaskan proses penciptaan yang sebenarnya, mungkin semua umat manusia ngga bakalan mudeng. Sayangnya banyak yang memaknai itu sebagai penjelasan yang logis dan rasional.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s