Kekuatan Sedekah

Nabi Muhammad bersabda, ketika Allah menciptakan bumi, bumi menjadi memanjang. Lalu Allah SWT menciptakan gunung, sehingga bumi kembali seperti semula dan menetap. Malaikat merasa heran melihat kekokohan gunung, lalu mereka berkata, “Wahai Tuhanku, adakah ciptaan-Mu yang lebih kokoh dari gunung?”

Allah SWT menjawab, “Ada, besi.”

Malaikat: “Wahai Tuhanku, apakah ada ciptaan-Mu yang lebih kokoh daripada besi?”

Allah SWT menjawab, “Ya, api.”

Malaikat: “Wahai Tuhanku, apakah ada ciptaan-Mu yang lebih kuat dari api?”

Allah SWT menjawab, “Ya, air.”

Malaikat: “Wahai Tuhanku, apakah ada ciptaan-Mu yang lebih kuat dari air?”

Allah SWT menjawab, “Ya, angin.”

Malaikat: “Wahai Tuhanku, apakah ada ciptaan-Mu yang lebih kuat dari angin?”.

Allah SWT menjawab, “Ya, seorang manusia yang bersedekah dengan tangan kanannya sementara tangan kirinya tidak mengetahuinya.

======

Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla berfirman pada Hari Kiamat, “Wahai putra Adam, Aku sakit dan engkau tidak menjenguk-Ku?” Ia menjawab, “Ya Rabbi, bagaimana aku menjenguk-Mu, sedangkan Engkau adalah Pemilik alam semesta?” Allah SWT menjawab, “Engkau mengetahui hamba-Ku si Fulan sakit dan engkau tidak menjenguknya. Apakah engkau tidak mengetahui andaikan engkau menjenguknya, engkau akan mendapati-Ku di sisinya.”

“Wahai putra Adam, Aku memohon makanan kepadamu, dan engkau tidak memberi-Ku makanan?” Ia menjawab, “Ya Rabbi, bagaimana aku memberi-Mu makanan, sedangkan Engkau adalah Pemilik alam semesta?” Allah SWT menjawab, “Apakah engkau tidak mengetahui bahwa hamba-Ku si Fulan mohon makanan kepadamu, dan engkau tidak memberinya makanan. Tidakkah engkau mengetahui, andaikan engkau memberinya makanan niscaya engkau akan mendapati-Ku di sisinya.”

“Wahai putra Adam, Aku memohon minuman kepadamu, dan engkau tidak memberi-Ku minuman?” Ia menjawab, “Ya Rabbi, bagaimana aku memberi-Mu minuman, sementara Engkau adalah Tuhan Pemilik alam semesta?” Allah SWT menjawab, “Hamba-Ku si Fulan meminta minuman kepadamu. Dan engkau tidak memberinya minuman? Andaikan engkau memberinya minuman niscaya engkau mendapati-Ku di sisinya.”

======

Allah SWT berfirman kepada Nabi Musa, “Wahai Musa, muliakan seorang pengemis jika dia mendatangimu, yaitu dengan memberinya sedikit (dari hartamu), atau menolaknya dengan cara yang baik. Sebab terkadang pengemis yang mendatangimu itu bukanlah jin dan bukan pula manusia, tetapi dia adalah seorang malaikat Tuhan Yang Maha Penyayang yang datang untuk mengujimu dalam hal harta yang Aku karuniakan kepadamu, maka bagaimana kamu berbuat dengan harta itu.”

About Lambang MH

Pengamat kehidupan, pengamat kemanusiaan, pengamat spiritual, pengamat teknologi dan pengamat segala macam yang bisa diamati.
This entry was posted in Islam, Pencerahan, Renungan and tagged . Bookmark the permalink.

2 Responses to Kekuatan Sedekah

  1. zal says:

    ::bukannya harta benda itu tidak melulu seperti uang dan benda-benda, kalau hanya itu, jika tak diberipun, akan ada yg menjemput paksa…hanya bedanya, dicatat sebagai ikhlas atau belum ikhlas…

  2. Lho, sejak kapan manusia memiliki harta benda? Bukankah semua itu sekedar barang pinjaman? sama seperti tubuh materi ini juga cuma pinjaman.

    Kata pepatah jaman sekolah: hemat pangkal kaya. Tapi orang suka rancu antara hemat dan pelit. Kalo ga pelit (bersedekah mulu) kapan baru bisa kaya? Kata saya: yang disedekahkan ga cukup untuk bikin kaya lageee…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s