Apakah Time Travel Bisa Dilakukan?

MichioKaku_commons

Dr. Michio Kaku

Is Time Travel Possible?
Dr Michio Kaku, profesor Theoretical Physics pada City University of New York, adalah penulis Visions: How Science Will Revolutionize the 21st Century dan buku best-seller Hyperspace.

Dalam novel karangan HG Wells tahun 1985, The Time Machine, tokoh jagoan kita melompat ke kursi khusus dengan lampu berkedip-kedip, berputar beberapa kali dengan cepat, dan akhirnya mendapati dirinya sudah terlontar beberapa ratus ribu tahun ke depan, di mana Inggris telah lama menghilang dan sekarang didiami oleh dua kelompok makhluk aneh, para Morlocks dan Eloi.

Itu telah menjadi kisah fiksi yang besar, tetapi fisikawan selalu mengejek ide perjalanan waktu, mengingat itu menjadi wilayah para numerologi, praktisi pseudomathematics, mistikus, dan penipu, dan pada umumnya kisah seperti itu selalu diberi dasar ilmiah yang bagus. Namun, beberapa kemajuan luar biasa dalam kuantum gravitasi telah menghidupkan kembali teori itu; perjalanan waktu sekarang telah menjadi permainan yang umum bagi fisikawan teoritis yang menulis di majalah PHYSICAL REVIEW.

Salah satu masalah yang sulit dicerna dengan waktu perjalanan adalah bahwa hal itu penuh dengan beberapa jenis paradoks. Sebagai contoh, ada paradoks dari pria tanpa orangtua: Apa yang terjadi ketika Anda kembali ke masa lalu dan membunuh orang tua Anda sebelum Anda lahir? Jika orangtua Anda meninggal sebelum Anda lahir, lalu bagaimana mungkin Anda telah dilahirkan untuk membunuh mereka di tempat awal?

Ada juga paradoks dari laki-laki tanpa masa lalu. Sebagai contoh, mari kita misalkan ada penemu muda yang dengan sia-sia mencoba untuk membangun sebuah mesin waktu di garasi. Tiba-tiba, seorang pria tua muncul entah dari mana dan memberikan rahasia membangun mesin waktu kepada pemuda itu. Pemuda itu kemudian menjadi sangat kaya dengan bermain di pasar saham, balapan mobil, dan acara olahraga karena ia mengetahui hasilnya di masa depan. Kemudian, sebagai orang tua, dia memutuskan untuk membuat perjalanan akhir kembali ke masa lalu dan memberikan rahasia untuk perjalanan waktu kepada dirinya pada waktu muda. Lalu dari mana datangnya ide tentang mesin waktu itu?

Ada juga paradoks dari seorang pria yang juga adalah ibunya sendiri. (Saya meminta maaf kepada penulis fiksi ilmiah Robert Heinlein.) “Jane” ditinggalkan di sebuah panti asuhan sebagai bayi terlantar. Ketika “Jane” menjadi remaja, dia jatuh cinta dengan seorang gelandangan, yang lalu meninggalkan dia dalam keadaan hamil. Kemudian terjadi bencana. Dia hampir mati ketika melahirkan seorang bayi perempuan, yang kemudian secara misterius diculik. Para dokter menemukan bahwa Jane mengalami pendarahan parah, tapi, anehnya, memiliki kedua buah organ seks. Jadi, untuk menyelamatkan nyawanya, dokter mengubah “Jane” menjadi “Jim.”

“Jim” kemudian menjadi sebuah pemabuk, sampai ia bertemu dengan bartender yang ramah (sebenarnya penjelajah waktu yang menyamar) yang mengajak “Jim” untuk kembali ke masa lalu. “Jim” bertemu dengan seorang gadis remaja cantik, kemudian secara tidak sengaja membuatnya hamil dan melahirkan seorang bayi perempuan. Dari rasa bersalahnya, ia menculik bayi perempuan itu dan meninggalkannya di panti asuhan. Selanjutnya, “Jim” bergabung dengan penjelajah waktu itu, menjalani hidup terhormat, dan memiliki satu mimpi terakhir: untuk menyamarkan diri sebagai bartender untuk menemui seorang pemabuk bernama “Jim” di masa lalu. Jadi, siapakah ibu, bapak, saudara laki-laki, saudara perempuan, kakek, nenek dan cucu dari “Jane”?

Tidak mengherankan, perjalanan waktu selalu dianggap mustahil. Akhir dari itu semua, Newton percaya bahwa waktu itu seperti anak panah; sekali diluncurkan, ia akan melambung secara lurus, garis yang tidak ter-deviasi. Satu detik di bumi ini sama dengan satu detik di Mars. Jam tersebar di seluruh alam semesta dan berdetak dengan kecepatan yang sama.

Einstein memberi kita gambaran yang jauh lebih radikal. Menurut Einstein, waktu itu lebih mirip sebuah sungai, yang berkelok-kelok di sekitar bintang dan galaksi, mempercepat dan memperlambat saat melintas di sekitar massa yang besar. Satu detik di bumi itu TIDAK SAMA dengan satu detik di Mars. Jam tersebar di seluruh alam semesta dan berdetak menurut drummer mereka sendiri.

Namun, sebelum Einstein meninggal, ia dihadapkan dengan satu masalah yang memalukan. Tetangga Einstein di Princeton, Kurt Gödel, mungkin ahli logika matematika terbesar dari 500 tahun lalu, menemukan solusi baru untuk persamaan Einstein sendiri yang memungkinkan adanya perjalanan waktu!

“Aliran Waktu” (river of time) sekarang memiliki pusaran air di mana waktu bisa mengemas dirinya menjadi sebuah lingkaran. Solusi Gödel cukup cerdik: Ini mendalilkan alam semesta dipenuhi dengan waktu yang mengalir seperti cairan yang berputar. Setiap orang yang berjalan sepanjang arah rotasi akan menemukan dirinya kembali pada titik awal, tetapi mundur dalam waktunya!

Dalam memoarnya, Einstein menulis bahwa dia merasa terganggu bahwa di dalam persamaannya terdapat solusi yang memungkinkan untuk perjalanan waktu. Tapi akhirnya ia menyimpulkan bahwa alam semesta tersebut tidak berputar, ia memuai (seperti dalam teori Big Bang) dan karena itu solusi oleh Gödel dapat dilempar keluar dengan “alasan fisika.” (Tampaknya, jika Big Bang itu berputar, maka perjalanan waktu akan dimungkinkan terjadi di seluruh alam semesta!)

Kemudian pada tahun 1963, Roy Kerr, seorang matematikawan Selandia Baru, menemukan solusi dari persamaan Einstein untuk memutar lubang hitam, yang memiliki sifat aneh. Lubang hitam tidak akan runtuh ke titik (seperti yang diduga sebelumnya), tetapi menjadi sebuah cincin berputar (netron). Cincin akan beredar sangat cepat sehingga gaya sentrifugalnya akan membuat cincin itu tidak runtuh akibat gravitasi.

Cincin, pada gilirannya, bertindak seperti cerita pada novel Through the Looking-Glass, and What Alice Found There (1871), yang merupakan sekuel dari Alice’s Adventures in Wonderland. Setiap orang yang berjalan melalui cincin tidak akan mati, tetapi bisa melewati cincin untuk menuju alam semesta lain. Sejak saat itu, ratusan solusi wormhole (lubang cacing) lainnya telah ditemukan berdasarkan persamaan Einstein. Wormhole ini tidak hanya menghubungkan dua wilayah ruang, tetapi dua wilayah waktu juga. Pada prinsipnya, mereka dapat digunakan sebagai mesin waktu.

The Ring

The Ring

Baru-baru ini, usaha untuk menambahkan teori kuantum kepada gravitasi (dan dengan demikian menciptakan sebuah “teori segalanya” – Theory of Everything) telah memberi kita beberapa wawasan pada masalah paradoks waktu.

Dalam teori kuantum, kita dapat memiliki beberapa kondisi (states) dari setiap objek. Sebagai contoh, sebuah elektron dapat ada secara bersamaan dalam orbit yang berbeda (suatu fakta yang akhirnya menghasilkan hukum-hukum kimia). Demikian pula, kucing Schrödinger (Schrödinger’s cat) yang terkenal bisa eksis secara bersamaan di dua kondisi kemungkinan: mati dan hidup. Jadi dengan kembali melalui lorong waktu dan mengubah masa lalu, kita hanya menciptakan alam semesta paralel. Jadi misalnya kita mengubah masa lalu seseorang dengan menyelamatkannya, misalnya Abraham Lincoln dari pembunuhan di Ford Theater, tapi Lincoln yang asli tetap masih mati. Dengan cara ini, aliran waktu bercabang menjadi dua aliran yang terpisah.

Tapi apakah ini berarti bahwa kita akan mampu untuk melompat ke mesin dari HG Wells, berputar beberapa kali, dan melompat beberapa ratus ribu tahun ke masa depan dari negara Inggris?

Tidak, atau setidaknya, tidak sekarang. Ada sejumlah hambatan yang sulit untuk diatasi. Pertama, masalah utama adalah salah satu energi yang dibutuhkan. Dengan cara yang sama, sebuah mobil membutuhkan bensin, mesin waktu juga perlu memiliki sejumlah energi yang luar biasa. Seseorang bisa memanfaatkan kekuatan sebuah bintang, atau bisa juga menemukan sesuatu yang disebut “materi eksotis” – exotic matter – (yang jatuh ke atas, bukan ke bawah) atau mencari sumber energi negatif. (Fisikawan pernah berpikir bahwa energi negatif adalah mustahil. Tapi sejumlah kecil energi negatif telah diverifikasi secara eksperimental dengan sesuatu yang disebut Casimir effect, yaitu energi yang diciptakan oleh dua pelat paralel). Semua ini sangat sulit untuk diperoleh dalam jumlah besar, paling tidak untuk beberapa abad mendatang!

Lalu ada masalah stabilitas. Kerr’s memutar lubang hitam, misalnya, mungkin akan tidak stabil jika seseorang jatuh melewatinya. Demikian pula, efek kuantum dapat membangun dan menghancurkan lubang cacing sebelum Anda memasukinya. Sayangnya, matematika kita tidak cukup kuat untuk menjawab pertanyaan stabilitas karena anda memerlukan sebuah “teori segalanya” (Theory of Everything) yang memadukan kekuatan dan gravitasi kuantum. Saat ini, teori Superstring adalah kandidat utama untuk teori seperti itu. (Sebetulnya, itu adalah satu-satunya calon; itu benar-benar tidak memiliki saingan sama sekali.) Tapi teori Superstring, yang kebetulan spesialisasi saya, masih terlalu sulit untuk memecahkan sepenuhnya. Teori ini didefinisikan dengan baik, tapi tidak ada seorang pun di dunia yang cukup pintar untuk menyelesaikannya.

Yang cukup menarik, Stephen Hawking pernah menentang ide perjalanan waktu. Dia bahkan mengklaim bahwa ia telah memiliki bukti empiris untuk menentangnya. Jika perjalanan waktu ada, katanya, maka kita akan dikunjungi oleh wisatawan dari masa depan. Namun kita tidak melihat wisatawan dari masa depan. Kesimpulan dari paragraf ini: perjalanan waktu tidak mungkin terjadi.

Karena adanya sejumlah besar pekerjaan yang dilakukan oleh fisikawan teoretis dalam lima tahun terakhir atau lebih, Hawking kemudian berubah pikiran, dan sekarang percaya bahwa perjalanan waktu itu memungkinkan (walaupun tidak selalu praktis). Lebih jauh lagi, mungkin kita ini tidak terlalu menarik bagi wisatawan dari masa depan. Siapa saja yang dapat memanfaatkan kekuatan bintang akan menganggap kita sangat primitif. Bayangkan teman-teman Anda datang melintasi suatu bukit semut. Apakah mereka akan membungkuk ke semut-semut itu dan memberi mereka perhiasan, buku, obat-obatan, dan kekuasaan? Ataukah beberapa teman-teman Anda akan secara tergesa-gesa sengaja menginjak beberapa dari mereka?

Sebagai kesimpulan, jangan menyuruh pergi seseorang yang mengetuk pintu Anda pada suatu hari dan mengklaim bahwa dirinya adalah cucu-cicit-cicit-cicit perempuan Anda. Mungkin saja dia memang benar.

Source: Public Broadcasting Service (PBS), and Wikipedia.

Translated by Lambang (http://LambangMH.wordpress.com)

—-====ooooOoooo====—-

About Lambang MH

Pengamat kehidupan, pengamat kemanusiaan, pengamat spiritual, pengamat teknologi dan pengamat segala macam yang bisa diamati.
This entry was posted in Clipping, Informasi, Pencerahan, Renungan, Spiritual and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

47 Responses to Apakah Time Travel Bisa Dilakukan?

  1. batjoe says:

    wih… setelh dibaca berulang2 ternyata menjadi terang sendiri tulisan ini suatu cara untuk memahami isra dan mi’raj yang selalu menjadi fenomena di masyarakat apakah pergi dengan seluruh badan atau cuma rohnya saja.
    hebat mas ilmiah yang luar biasa.
    selamat malam mas

  2. KangBoed says:

    wadoooooooooh di baca berat pisan eeeuy enda ngerti. mohon di jabarkan dimensi spiritualnya

    ======================
    Lambang:
    Hihihi… auk ah… lap…:mrgreen:
    ======================

  3. abifasya says:

    Kunjungan malam
    menunggu sahur
    salaaaaaaaaaaaaaaaaam

    ======================
    Lambang:
    Salam kembali…
    ======================

  4. KangBoed says:

    BISA.. ENERGINYA CUKUP BAHKAN SANGAT BESAR SEKALI

  5. Filar Biru says:

    @ Lambang

    ini tulisan hebat yang memberikan pencerahan dan masukan bagi kita semua. akan tetapi ada satu yang harus kita cermati bahwasanya perjalanan baginda nabi bagi saya adalah perjalanan revolusioner. sebab nyata dan ajaib.

    konsekwensinya adalah bahwa perangkat terbang yang membawa nabi itulah yang menjadi tanda tanya besar bagi saya. saya tidak percaya dengan seekor buraq berbadan kuda dan berkepala wanita cantik heheheh.

    coba baca mesin waktu 1,2 dan 3 di filarbiru.wordpress.com.

    salam

    ======================
    Lambang:
    Iya… jilid 1 s/d 4 sudah tamat bacanya.
    Teyus saya tambahin postingan ini biar makin rame…. hehehe…

    ======================

    • KangBoed says:

      HEHEHEHE BENER BENER RAME SAYA ENDA NGERTI.. KECUALI PERJALANAN ASTRAL

      ======================
      Lambang:
      Kalau yang itu naik busway jurusan mana Kang… hihihi…😉
      ======================

  6. lovepassword says:

    Artikel yang seru dan menarik.🙂

    ======================
    Lambang:
    Yayaya… silahkan…
    ======================

  7. m4stono says:

    wah lagi2 tentang dimensi waktu…caaaapeeek deeeh……

    kalo menurut saya dimensi waktu itu ada tapi utk kembali ke masa lalu tidak lah mungkin secara materi dan bisa secara non materi yaitu dengan cara ngrogo sukmo…mengapa tidak bisa secara materi? sebab ini berlaku hukum kekekalan energi…contoh …kangboed sekarang (maapin yaa kangboed saia jadikan contoh) pergi ke masa lalu dan nyipok kangboed tahun 1991 (kek apa yah kangboed jadul tahun 1991?? )…nah energi kangboed sekarang otomatis lenyap sebab berpindah ke tahun 1991, dimana energi kangboed tahun 1991 jadi dobel karena ditambah energi kangboed tahun 2009 yg berkunjung ke 1991….tapi keknya hukum kekekalan energi hanya berlaku bagi energi pembentuk massa atau partikel subatomik dimensi 3….tapi menurut saya perjalanan waktu mungkin saja bisa dilakukan secara materi asal kita bisa mengakses energi dari dimensi diatas kita yaitu dimensi keempat…kalau kita masih dibumi otomatis kita masih terkena siang dan malam…apabila kita diluar angkasa maka kita terbebas dari siang dan malam…itulah hakekat waktu yg sebenarnya…harus ada dimensi diatasnya utk mengatasi ruang dan waktu….tapiiii tetap saja masa lalu adalah sebuah takdir…kangboed 2009 tidak bisa membunuh kangboed 1991 karena thn 2009 ini kangboed masi idup…dan itu adalah takdir sebab sudah dan sedang terjadi……sudah yaaaa sambung lagi kapan2…maapin yaaa kangboed ane jadiin contoh pelengkap penderita…wakakakakakakak

    ======================
    Lambang:
    Hehehe… capek ya baca dimensi waktu lagi…
    Kalau tentang ngrogo sukmo itu ngga tahu deh. Cuma denger konon-nya saja.
    Lagipula kalau saya mampu ngrogo sukmo pasti udah males ngeblog lagi. Enakan kluyuran ke masa lalu atau masa depan daripada merasakan masa sekarang yang ngga genah ini…
    Bangun tidur, mandi, kerja, pulang, mandi, ngeblog, sahur, tidur lagi….
    Bangun lagi… tidur lagi…
    Enak tho… manteb tho…
    Salam Kang Tono.

    ======================

    • KangBoed says:

      NAH KHAN ASTRAL HAYU ATUH BADE KAMANA

      ======================
      Lambang:
      私の友人にあなたを愛し
      ======================

  8. Hadi says:

    Artikel yg bagus mas, pantes dr wiki. Salam kenal atuh, sy dr bekasi.

    ======================
    Lambang:
    Salam kenal kembali mas Hadi.
    Artikel utamanya sih dari PBS. Wiki dipakai hanya untuk link ke nama, judul buku atau istilah fisika yang kurang dikenal.
    Yang capek mah nerjemahinnya. Artikel sepotong gini ngabisin waktu 2 jam.
    Gimana kalau empat potong, apa ngga kenyang tuh… hehe…

    Salam Persahabatan.
    ======================

    • KangBoed says:

      salam sayang selalu yaaaaaaaaaaa

      ======================
      Lambang:
      Cayam cayang…
      ======================

  9. dBo says:

    Wahh…waahhh…ini paparan luuuaaarrr biasaaa

    Saya malah serasa masuk wahana Time-Travel menuju th.1960-an, saat mulai mengenal istilah2 electron/proton, gelombang-radio…

    Guru saya saat itu berkata : ”kalian melalui pengetahuan elektron/proton, gelombang-radio dsb., akan mengetahui Alam-Semesta…”
    Ternyata…benar,…

    Jadi nama ‘Islam Abangan’ seyogyanya diganti ‘Islam Alam-Semesta’ akan lebih pas…
    Cuma yaitu, ganti nama harus ada ritualnya, bikin bubur, nasi-tumpeng dsb…he..he..he..
    Maaf…intermezo saja…

    Tempat ibadah seorang pencari sejati…
    Adalah dibawah Kubah Alam-Semesta…
    Menuju Alam-Ketiadaan…

    Rahayu…Karaharjan

    ======================
    Lambang:
    Kalau diganti Islam Alam Semesta lha koq rodo aneh ya mas… ora umum… hehehe…

    Salam Persahabatan.
    ======================

    • KangBoed says:

      hebaaaaaaaaaaaaaat.. mas LAMBANG PANCEN OYEEEEEEE

      ======================
      Lambang:
      (*^^*)
      ======================

  10. batjoe says:

    mau yang pertama atau tidak adalah susuu yang bisa ditarik dari pelajaran dari orang2 yang dulunya saling bertengakr tapi sekarang orang2 ini saling menjaga memberikan masukan dan begitu banyak rasa cinta yang disebar.
    mantapzzzzzz itu ucapan saya
    datang berkunjung ke mas lambang menjelang buka puasa.

    ======================
    Lambang:
    Betul mas, yang penting kita selalu menjaga kebersihan hati dan empati pada sesama.
    ======================

  11. batjoe says:

    kalau untuk dimensi waktu yang maih saya percaya bahwa hari kiamat akan datagn dan bagaimna kita nyipin dimensi diri agar tidak keprosok ke jurang yang hitam membara.
    ayo mas lambang kejar tuh botol iji tapi kenapa juga ya botol ijo PR masih di 4 padahal harapan saya melaju ke level 12 hehehehehee

    ======================
    Lambang:
    Wah, soal kiamat enda ngerti dan enda terlalu dipikirin, toh diri ini juga suatu saat pasti akan kiamati.. .mat…. mati… entah besok atau 50 tahun lagi…

    Soal jurang hitam membara juga enda ngerti, bener ada apa enggak, karena terkadang ada beberapa firman yang pemahamannya jauh berbeda dengan apa yang tertulis.

    Kalau KangBoed sih susah diuber, udah bawaan orok nyang kaya gitu itu…😆
    ======================

  12. Lambang says:

    Hehehe… botol hejo sama botol koneng….

    SAHABATKU RAIH FITRAH DIRI menjadi MANUSIA SEUTUHNYA UNTUK MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

    • KangBoed says:

      Hehehe… botol hejo sama botol koneng….

      SAHABATKU RAIH FITRAH DIRI menjadi MANUSIA SEUTUHNYA UNTUK MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA
      Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
      I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

      ======================
      Lambang:
      😉😉😉
      ======================

      • KangBoed says:

        SAHABATKU RAIH FITRAH DIRI menjadi MANUSIA SEUTUHNYA UNTUK MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA
        Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
        I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

        ======================
        Lambang::mrgreen::mrgreen:
        ======================

  13. KangBoed says:

    Kekasih Sejati yang setia selalu.. DIA rela menunggu walau kita selalu menykiti hatiNYA.. dengan salah dan DOSA.. subhanalllllaaaaah.. DIA MENUNGGUMU.. TANGANNYA SELALU TERULUR MENANTIKAN KITA SEMUA.. YANG MAU KEMBALI KEPADANYA
    SALAM SAYANG

    • KangBoed says:

      Kekasih Sejati yang setia selalu.. DIA rela menunggu walau kita selalu menykiti hatiNYA.. dengan salah dan DOSA.. subhanalllllaaaaah.. DIA MENUNGGUMU.. TANGANNYA SELALU TERULUR MENANTIKAN KITA SEMUA.. YANG MAU KEMBALI KEPADANYA..
      SALAM SAYANG

      ======================
      Lambang:
      私の友人にあなたを愛し
      ======================

  14. :mrgreen:

    Coba baca buku tulisan Paulo Coelho yang judulnya Brida. Pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan tokoh utama rasa-rasanya sama dengan cah nakal penulis blog ini.

    PS: Mana yang katanya baca Sartre??? Kok belum muncul refleksinya di blog…

  15. Lambang says:

    Yihaaa…. embakku udah bangun dari pertapaannya.

    Udah coba donlod Brida 4 versi PDF file, tapi semuanya Bahasa Espanola. Tapi kalau lihat book review-nya sih kayanya bagus.

    Saya makin paham bahwa karma itu selalu mengikuti. Bad karma or good karma. Kemarin-kemarin lagi napsu baca, donload macem2, eh sekarang daftar tunggu baca udah ratusan PDF. Mau dihapus sayang, mau dibaca nyerah deh.

    Soal Sartre, selain belum dibaca, saya masih ragu memposting hal-hal yang berbau filosofis. Modal untuk diskusi-nya belum banyak. Kalau sekali dihajar terus ambruk kan malu-maluin. Minimal bisa mbales dua kali baru ambruk, naaa.. itu kan masih mendingan.

    Gimana kalau mbak yang posting Sartre (kan mbak grandmaster-nya yang beginian), terus saya yang nulis Brida ini (kalau english version-nya ketemu).

    Deal ya mbak? Ok…. deal….

    (Jawaban embak besok: Emoh ah, nulis koq disuruh-suruh. Mendingan ndengerin klenengan sambil liyer-liyer)

    • KangBoed says:

      waaaaakaakakakak manstaaaab surantaab

      • wah dasar nakal… yang tempo hari mau baca filsafat minta referensi… sudah dikasih referensi malah ga dibaca. Baca sendiri wis!

        ======================
        Lambang:
        Iya ya, payah deh saya ini.
        Paas lagi donlot, lihat-lihat ada PDF lain yang menarik. Akhirnya donlot macem-macem.
        PDF yang sebelumnya malah ngga tersentuh.
        Maaf ya mbak. Satre-nya pasti akan saya baca.
        Lagi nunggu mood dulu biar moodeng….

        ======================

  16. KangBoed says:

    Kekasih Sejati yang setia selalu.. DIA rela menunggu walau kita selalu menyakiti hatiNYA.. dengan salah dan DOSA.. subhanalllllaaaaah.. DIA MENUNGGUMU.. TANGANNYA SELALU TERULUR MENANTIKAN KITA SEMUA.. YANG MAU KEMBALI KEPADANYA
    SALAM SAYANG

    • KangBoed says:

      Yihaaa…. embakku udah bangun dari pertapaannya.

      Udah coba donlod Brida 4 versi PDF file, tapi semuanya Bahasa Espanola. Tapi kalau lihat book review-nya sih kayanya bagus.

      Saya makin paham bahwa karma itu selalu mengikuti. Bad karma or good karma. Kemarin-kemarin lagi napsu baca, donload macem2, eh sekarang daftar tunggu baca udah ratusan PDF. Mau dihapus sayang, mau dibaca nyerah deh.

      Soal Sartre, selain belum dibaca, saya masih ragu memposting hal-hal yang berbau filosofis. Modal untuk diskusi-nya belum banyak. Kalau sekali dihajar terus ambruk kan malu-maluin. Minimal bisa mbales dua kali baru ambruk, naaa.. itu kan masih mendingan.

      Gimana kalau mbak yang posting Sartre (kan mbak grandmaster-nya yang beginian), terus saya yang nulis Brida ini (kalau english version-nya ketemu).

      Deal ya mbak? Ok…. deal….

      (Jawaban embak besok: Emoh ah, nulis koq disuruh-suruh. Mendingan ndengerin klenengan sambil liyer-liyer)

  17. qarrobin says:

    Dr. Michio Kaku dalam bukunya Parallel worlds menjelaskan tentang dimensi 10, imajinasinya memang tinggi. I love it

    hatur tengkiu udah nerjemahin artikel Michio

    Salam persahabatan

    ======================
    Lambang:
    私の友人にあなたを愛し
    (boso jowone: aku tresno karo panjenengan sedulurku)😆
    ======================

  18. adirossi says:

    Wah aq ga mudheng babar blasss

    ======================
    Lambang:
    Waduh, kayanya kebanyakan ngetrek sama nonton GP yak…
    ======================

  19. ilham says:

    Alloh tidak memerintahkan kita utk berpikir secara teknis bagaimana Nabi Isra’ dan Mi’raj, Dia hanya memerintahkan kita utk mengImaninya.

    Dan jangan kita berletih-letih memikirkannya karena akal manusia itu sangat amat terbatas untuk membuka tabir ghaib. Lebih baik sibukkan diri kita utk menghapal dan mengkaji Al-Qur’an dan As-Sunnah yang jelas pahala dan manfaatnya.

    Seandainya Isra’ dan Mi’raj tidak bisa terbukti secara science (ilmu manusia), apakah kita tetap beriman?

    Dan hal ghaib lainnya seperti mukjizat para Nabi, banyak sekali. Bagaimana science bisa membuktikannya?

    Disinilah letak Iman kita kepada hal ghaib diuji. Selama kabar itu benar datangnya dari Alloh dan Rasul-Nya maka kita wajib percaya tanpa ragu sedikit pun🙂

    Dan hal ini bukan berarti Islam melarang belajar science, justru Islam sangat mendukung kemajuan science! Dalam banyak tempat Alloh memuji org2 yang berilmu di dalam Al-Qur’an.

    Akan tetapi sekali lagi, ilmu manusia jangan kita paksakan untuk menembus ilmu Alloh yang memang kita tidak akan sanggup dan tidak diperintahkan untuk hal itu🙂

    ======================
    :: Mudah-mudahan seperti itu adanya. Alam ghaib sangat banyak mengandung misteri, tidak mudah untuk dibahas…🙂
    ======================

  20. deny says:

    saya pernah baca dibuku atau artikel tapi lupa judulnya dan pengarangnya…katanya begini :,para fisikawan atau para orang pintar pernah mendengar suara bisik2 yang diduga suara para nabi yang sedang mendakwahkan ajaran agama ini berdasarka kisah nyata, menurut orang yang mendengar itu itu suara dari zaman dahulu, dan ada kemungkinan kita dapat kembali ke zaman dahulu, tapi sayang hal ini dibantah oleh sunah/atau fiqh saya lupa…maaf lupa juga kutipan dari mana. jadi menurut penyanggah..bahwa orang yang mendengar hal2 tersebut bukan dari zaman dahulu tapi dari kelebihan yang diberikan Allah terhadap orang-orang yang dapat mendengar nabi2 mengajar 7 lapisan langit Allah, itulah alasannya mereka dapat mendengar…yang sudah terjadi tidak bisa dirubah tapi masa depan bisa itu janji Allah🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s