Jalan-Jalan

Lebaran hari ke empat. Ngga jelas mau ngapain karena semua kegiatan jadi terhenti. Terpaksa kembali ke komputer, browsing. Halah… browsing itu mirip dengan merokok. Pekerjaan yang mubah, menghabiskan waktu, engga sehat, tapi tetap dijalankan.

“Lha mbok ndonga biar ngga kecanduan”, kata Ngatemi yang sejak tadi leyeh-leyeh di kanan atas layar. Ngatemi ini sudah saya boyong dari blognya KangTono kemarin.

“Ndonga?”, tanya saya, “Ndonga itu jangan dipake untuk urusan yang remeh-temeh gini. Pake ndonga itu untuk mendoakan orang sakit atau ada orang yang meninggal.” Habis ngomong gitu saya jadi kepikiran sama Mak Jejeh yang baru meninggal kemarin. Padahal waktu saya besuk beberapa hari sebelumnya, udah tak do’ain biar sembuh lha koq sekarang malah bablas.

Ngatemi rupanya bisa tahu apa isi pikiran saya, “Kangmas, ndonga itu kan nggak selalu dikobul. Kalau ngga dikobul berarti akan dapat gantinya lain waktu atau memang ndonganya kurang khusyuk”, kata Ngatemi.

Wis embuhlah, mau dikobul atau nggak, tapi untuk menghentikan kecanduan itu ya harus dari diri sendiri. Jangan terus membebani Tuhan dengan pilihan yang sulit. Kalau Tuhan mengabulkan doa saya, berarti doa para pekerja pabrik rokok yang ribuan orang itu tidak dikabulkan karena mereka pasti berdoa agar pabrik rokoknya maju dan semakin banyak orang yang merokok. Dari sisi statistik, saya kalah dengan pekerja-pekerja itu, karena mereka ribuan orang dan umumnya hidup serba kekurangan. Kata kitab, doa orang yang teraniaya atau orang yang kesulitan akan lebih makbul. Ya jelas Tuhan akan mengabulkan doa mereka. Kabul buat saya ya entar dulu, harus cari pendamping ribuan orang dan harus hidup sulit dulu.

“Udah ah diajeng Ngatemi, ngomong yang laen aja. Pusing mikirin ke situ”, kata saya kepada Ngatemi.

**********

Lagi jalan-jalan, ketemu ada humor jadul yang lumayan lucu di sini.

Empat orang ibu-ibu berjilbab, tampak berjalan menuju TPS. Terdengar obrolan mereka, “kata pak ustad kita disuruh memilih capres yg istrinya berjilbab seperti kita. kwalitas beragamanya lebih terjamin,” kata salah seorang ibu berjilbab biru. Ibu berjilbab pink menyanggah, “tetapi sesuai sms pagi ini, kita harus tetep istiqomah. sesuai keputusan dari pusat.” Ibu berjilbab ijo menyahut, “istiqomah itu nomer berapa ya?”

Lumayan, bisa ngakak sebentar sambil ngupi dan udad-udud.

**********

Coba jalan-jalan lagi ke tempatnya Cak Nun. Nemu video YouTube berjudul “Kubakar Cintaku“. Postingan Feb 09. Ini produk tahun 80-an dan cukup bagus lagu dan videonya. Salah satu puisi Emha Ainun Najib yang dinyanyikan Neno Warisman dan digubah musiknya oleh Mimi Larasati dalam rangka musikalisasi puisi.

Kubakar Cintaku

Buat yang males nonton videonya, sudah saya ketikkan teks puisi/lagunya:

Kubakar cintaku
Dalam hening napas-Mu
Perlahan lagu menyayat
Nasibku yang penat

Kubakar cintaku
Dalam sampai sunyi-Mu
Agar lindap, agar tatap
Dari hujung merapat

Reff:
Rinduku terbang
Menembus penyap bayang
Rinduku burung malam
Menangkap cahaya
Rahasia bintang-bintang

Kucabik mega
Kucabik suara-suara
Betapa berat Kau di sukma
Agar hati, agar sauh di pantai
Sampai juga di getar ini

Sebetulnya sayang kalau hanya membaca syairnya, lebih baik nonton video-nya. Cukup syahdu dan ngelangut. Tapi kalau ngga suka lagu-lagu sendu, bisa nonton video yang rada ngepop, Incubus – Drive (sudah mencapai 9.600.000 views).

*****

Masih jalan-jalan di dunia maya dan melihat beragam artikel yang terpampang. Banyak artikel yang layak simpan tapi banyak juga yang layak buang. Enda papa, hukum keseimbangan alam juga berlaku di sini. Ada yang bagus ada yang jelek. Ada yang dibuat dengan serius dan ada yang dibuat asal-asalan. Ada yang saling menyerang antar agama ataupun saling menyerang antar golongan dalam satu agama. Enda papa juga. Semakin saya bisa menerima semua keragaman positif dan negatif itu sebagaimana apa adanya, pikiran menjadi semakin tenang dan terarah. Toh semua yang kasat mata itu hanyalah persepsi dan imajinasi yang terbentuk di otak kita. Apalagi yang tidak kasat mata dan di luar lingkup inderawi.

Dikemas oleh: Lambang (LambangMH.wordpress.com), 23Sep09, ngelangut sendirian.

—===oooOooo===—

About Lambang MH

Pengamat kehidupan, pengamat kemanusiaan, pengamat spiritual, pengamat teknologi dan pengamat segala macam yang bisa diamati.
This entry was posted in Ngga jelas and tagged , . Bookmark the permalink.

43 Responses to Jalan-Jalan

  1. batjoe says:

    pertama kecil hehehehehehe

  2. batjoe says:

    PERTAMA BESAR HAHAHAHAHAHAAA

  3. batjoe says:

    MAS LAMBANG INI ispirasi sendirikan? bukan translet lagikan…
    uapik tenan artikelnnya apalagi dialenia terakhir… ayo nyundut sopo iku ???? ora usah melo-melo….
    wes tak genti themesnya lihat aja sendiri kalau jelek lagi ganti lagi kan gampang tinggal cari di google aja heehehehehehehe

    salam hangat dari balikpapan mas lambang

  4. Lambang says:

    Hehehe… buatan sendiri dunk, mosok terjemahan terus.
    (*padahal banyak lho yang buatan sendiri, seperti Maria Ozawa Miyabi itu*)

    Alinea terakhir? Yang imajinasi apa yang ngelangut itu? Hihihi… rahasia ah…

    Gambar udah tak komen lagi. Masih kurang memuaskan. Hayo cari lagi di Google Images.

    Salam Hangat Selalu.

  5. m4stono says:

    Ngatemi = ihhhh…kang lambaaaangggg…geeemeeees deh…..liat peyutnya…genduuuuuttt….cini dunk aku cubiiitt…..biar makin mesraa… 😳 koq potoku gak ada sich kang lambaaang chayaaaang….dipasang dunk…kan biar tambah romantis giicuu….. :mrgreen:

    ======================
    :: Qiqiqi… Diajeng ngatemi, kita ke pojok sana yuk, saya mau diskusi spiritual sama diajeng… hiks…
    Photo diajeng kan udah disimpen di dompet, biar selalu nempel dimana-mana…😆

    ======================

    • m4stono says:

      ngatemi = iiiihhh kang lambang jangan mojok2 dunk ntar kalo konangan bu lambang gimanaaa…..awas lho kalo konangan ntar malem mas lambang nggak dikasih lho ama istrinya…..

      ======================
      :: Enda papa koq diajeng… ibune enda berani keluar malem-malem gini. Takut diuber kirik pileren. Tadi hansip juga udah tak suruh jaga Monas saja, enda usah jaga di sini. Wis pokoke aman jeng…🙂
      ======================

  6. batjoe says:

    hhahahahahahhahhaha…
    mas tono jablay abiz selepas lebaran..
    kebayakan makan apa mas????

    ======================
    :: Kangmas Tono tadi malem kurang tidur, jadi pulangnya nyasar. Enda tahu nyasar kemana tuh, koq jadinya kaya gitu…🙂
    ======================

  7. TukiPon says:

    Heiakakaka… Itumah Kang tono bukanya jablay tapi cembuyu buta soalnya kekasihnya si Ngatiyem di Boyong ke padepokanya Kang Lambang padahal Kang Tono itu begituuu chayang ama si Ngatiyem… Tahu sendiri khan kalo Kang Tono itu dulu-dulu SD juga Lulus teyusss wingi-wingi SMA lulus juga.. lha sekarang-sekarang Ngatiyem Piye kang…???
    Aku denger kabar dari burung yang terbang katane kang Tono Udah nglembuk/nglobi Kang Lambang Kalau ada kakak atau adik dari Kang Lambang Mo di bojo Tuh ma Kang Tono lha Terus Ngatiyem Piye Kang…
    Wah mumet aku…
    Sek.. sek.. sek.. katane simbah nek mumet kon ndodok karo ndemok wudelll… plouss gela-gelo ben mari jare… wah mari apa soyo ndadi ya mumete… atau edane yoo sing ndadi…😀

  8. Lambang says:

    Jadi sekarang Ngatinem udah tak boyong.
    Kang Tono dapet adine tonggo sebelahku, soale saya enda punya saudara peyempuan.
    Nek mumet kudu ndodok sambil njengking mas, terus ndelok mburi. Ketok opo hayo…😆

    • m4stono says:

      emoh adine tonggomu ketoke untune rodo maju…..qiqiqiqiqiqi….yo wis si ngatemi mbok pek ra popo…ning nek iso langsung dibojo wae….jare pak ustadz nek kesuwen pacaran ndak marahi zina……nek ngono siap2 wae dibalang sandal karo bu lambang….aku ra melu2… :mrgreen:

      ======================
      :: Ra sah dibojo disik. Nganggo Pacaran Islami. Referensi sablengnya di sini.
      Nek ibune wis pasrah bongkokan koq. Swargo nunut neroko ora gelem katut.:mrgreen:

      ======================

      • TukiPon says:

        Ehh jan-jane sing jenenge TUTIK (untune meTU setiTIK) iku sapa yaa… terus sing bener-bener dadi rebutan iku sapa yaa… Jeng Ngatemi, Jeng Ngatinem, Apa Jeng Ngatiyem ya… wualah satu orang kok jenenge uakeh buanget… Maklum jadi rebutan dan idola dari Kang TONO dan Kang LAMBANG… Atau masing-masing nama itu Satu Orang… ???!!!
        Aku ya ngaku salah… soale le ngetik jeneng yo pancen salah (Jeng Ngatiyem)karo nglindur soale di persoorryyy yaa… hehehe….

      • m4stono says:

        tutik kuwi jarwane “meTUne siTIK” 😆

      • TukiPon says:

        Mek bedo setiTIK kok.. Walah “TIK” meneh😀 Gak nyambung yaa…. sengaja hehehe

      • KangBoed says:

        🙄🙄

  9. TukiPon says:

    wah kalo yang ndodok sambil njengking harus seringsering praktek masalae ada yang antikkkk…. hayoo jangan negative dulu ya… silahkan di pekonah dewe hehehehe

    • m4stono says:

      ndodok karo njengking ki piye carane…ndodok yo ndodok…njengking yo njengking………hihihihihi ono2 wae sampeyan ki………….

      • TukiPon says:

        huakakakak… bentambah mumet anggone Kang TOno mikir.. aku yo ra ngerti amargo durung ngerti hasile saiki diganti wae dadi… Nek mumet kudu ndodok sambil njengking sinambi gedeg-gedeg Mas, amargo ndelok mburi… weleh-weleh😀

        ======================
        :: Hehehe… yo wis ben aku yo ra mudeng…🙂
        ======================

      • KangBoed says:

        kok tambah bingung yang JABLAY mas LAMBANG apa mas TONO yaaaak..

      • TukiPon says:

        Dipilih-dipilih… dipilih-dipilih… Silahkan pilih yang mana yang anda suka… Boleh pilih Kang Tono… Juga Boleh Pilih Kang Lambang… hayooo Kang Boed pilih yang mana..??
        Tapi Jangan pilih Jeng Ngatemi nanti bisa di bandem sandal sama Kang Lambang dan Kang Tono… Soale mereka itu kalo udah kompak le bandem sandal nggak tanggung-tanggung alias sak geleme dewe hehehe…

  10. mas bisa disampaikankah ke yang kung, setiap ninggalin koment ke blog beliau selalu tidak bisa, ID saya diblokir (protect) ndak enak mas beliau juga sering ke rumah saya.
    oya keamrin nayain kai kaco, ada apa ya mas ? saya tidak kenal tapi daerah itu saya hapal mati. mau saya carikan dan salamkankah mas?

    ======================
    :: Katur YangKung:
    YangKung, Mas Batjoe mboten saget ngirim komen. Mbok menawi wonten satpam ingkang jagi, nyuwun dipun bikakaken.

    Yang di Rapak itu dulu saya pernah berobat kepala ke sana, tapi belum berhasil.
    ======================

  11. m4stono says:

    wah kang suatu kehormatan nama saya jadi tag di WP dot com………disejajarkan ama om emha ainun najib lagi…. duh ternyata kang tono yg pengangguran ini bisa beken juga yah…..hihihihihihi

    ======================
    :: Profesor ya harus bersanding dengan yang setara dunk…😉
    ======================

    • TukiPon says:

      Hmmm… ilmu padinya akhirnya keluar juga hehehe…. Padahal aslinya Kang Tono itu PENGACARA “PENGAnguran banyak aCARA” siap-siap copot sandal dan ambil langkah seribu… kaaaabbbboooooorrr…..
      noleh mburi karo pesen ojo di kejar ya….
      e.. eee waduh malah kepleset kulit gedang…😀

    • Lambang says:

      Iya Kang.
      Itu sebagai tanda terima kasih karena telah diijinkan memboyong Ngatemi.
      BTW, saya search JAV koq enda ketemu foto Ngatemi yang lain ya? Ketemunya malah mbak Siti Maria Ozawa.
      Nama aslinya waktu di Jepang dulu siapa Kang…

      • KangBoed says:

        keeeeeeeeeekekekekekekek dasar OMES

      • m4stono says:

        itu nama aslina kitagawa keiko…coba aja nanya ama mbah gugel….pasti byk yg lebih hot………….hihihihi :mrgreen:

        ======================
        :: Hehehe… tadinya saya pikir JAV itu kelompok musik Indonesia.
        Ga taunya malah udah ada JAV Fans dan JAV Idols.
        Coba tak gugelnya. Bukan cari yang hot koq, malah cari yang lagi pakai jilbab kaya Siti Maria Ozzy itu, buat dipajang di desktop.🙂

        ======================

      • Lambang says:

        Oooo… ternyata Ngatemi itu yang main di Tokyo Drift. Pantesan koq sepertinya pernah kenal. Lha film itu dulu udah saya puter bolak balik sampe apal.:mrgreen:

  12. embun777 says:

    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H.Minal ‘aidin wal faizin.
    Setulus hati kami sampaikan Mohon Maaf Lahir dan Batin , untuk kesalahan dalam tulisan ataupun dalam komentar kami dan segala hal yang mungkin tidak berkenan di hati saudaraku tercinta , yang selama ini bersama sama dalam canda ria dalam tali persahabatan yaitu dalam satu wadah kebersamaan yang indah dari berbagai Suku , Ras dan Agama yang berbeda ! tapi tetap kokoh dalam Cinta , Damai , dan Kasih Sayang.

  13. frozen says:

    Wah, header image-nya berbackground sky, jangan-jangan Islam Abangan sudah mulai elitis melangit, tidak lagi populis membumi😎

  14. igen says:

    seru bro jalan-jalan sampeyan…
    mampir yah di gubugku….

    ======================
    :: Oke mas… meluncur…
    ======================

  15. qarrobin says:

    bukannya ngelangutnya bareng ngatemi

    mas lambang menculik miyabinya kanktono…hihihi

    kembali silaturahmi

    ======================
    :: Wah hiya ya…
    Mestinya kan ngga ngelangut sendirian.
    Salah tuh kalimatnya… hehe…

    ======================

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s