Mitos 10 Persen Otak

Otak manusia itu sangat kompleks. Selain mampu melakukan “aktivitas yang biasa”, ia juga membentuk konser yang menghasilkan berbagai kesimpulan dan solusi yang hebat. Ini adalah mata air dari semua perasaan manusia, perilaku, pengalaman serta penyimpanan memori dan kesadaran diri. Jadi, tidak mengherankan bahwa otak akan tetap menjadi misteri tersendiri.

Misteri itu kemudian ditambah lagi dengan pendapat yang menyatakan bahwa manusia “hanya” mempekerjakan 10 persen dari otak mereka. Kalau saja ada seseorang yang bisa memanfaatkan 90 persen sisanya, mereka mungkin bisa menghafal angka sampai dengan 1000 digit, atau bahkan mungkin memiliki kekuatan telekinesis yang bisa memindahkan mobil ke atap gedung.

Meskipun ide itu cukup menarik, “mitos 10 persen” ini adalah salah besar dan sangat menggelikan, kata ahli saraf Barry Gordon dari Johns Hopkins School of Medicine di Baltimore. Meskipun tidak ada bukti-bukti yang bisa digunakan untuk menyalahkan siapa yang memulai legenda ini, tetapi ada yang mengaitkan dengan psikolog dan penulis Amerika William James, yang mengatakan dalam “The Energies of Man” bahwa “Kita hanya memanfaatkan sebagian kecil saja dari semua kemungkinan sumber daya mental dan fisik.” Mitos ini juga dihubungkan dengan Albert Einstein, yang diduga digunakan untuk menjelaskan kecerdasan pemikirannya tentang kosmos.

“Mengapa mitos ini tetap bertahan,” Gordon mengatakan, “sebetulnya berasal dari konsepsi orang tentang otak mereka sendiri: mereka melihat kelemahan mereka sendiri sebagai bukti adanya sel abu-abu yang belum tersentuh. Ini adalah asumsi yang salah. Yang benar adalah, pada saat-saat tertentu dalam kehidupan siapapun, seperti ketika kita hanya diam dan berpikir, kita mungkin menggunakan hanya 10 persen dari otak kita.”

“Ternyata, bagaimanapun juga, terbukti bahwa kita menggunakan hampir setiap bagian otak, dan bahwa [sebagian besar] otak aktif hampir sepanjang waktu,” tambah Gordon. “Sekarang katakanlah begini: otak mewakili tiga persen dari berat badan dan menggunakan 20 persen dari energi tubuh.” Otak manusia rata-rata beratnya sekitar tiga kilogram dan terdiri dari cerebrum yang cukup padat, yang merupakan porsi terbesar dan melakukan semua fungsi kognitif yang lebih tinggi; serebelum, yang bertanggung jawab atas fungsi motorik, seperti koordinasi dan keseimbangan gerakan; dan batang otak (brain stem), yang didedikasikan untuk fungsi tak sadar seperti bernapas. Sebagian besar energi yang dikonsumsi oleh otak adalah untuk tembakan (komunikasi kilat) antar jutaan neuron yang berkomunikasi satu sama lain. Para ilmuwan berpikir bahwa tembakan dan komunikasi antar neuron itulah yang memunculkan semua fungsi otak yang lebih tinggi. Sisa energi lainnya digunakan untuk mengendalikan kegiatan lain – kegiatan bawah sadar, seperti detak jantung, dan kegiatan alam sadar, seperti mengemudi mobil.

Meskipun benar bahwa pada saat tertentu tidak semua neuron di semua wilayah saling menembak, para peneliti otak yang menggunakan teknologi pencitraan telah menunjukkan bahwa, seperti otot-otot tubuh, sebagian besar neuron aktif terus-menerus selama 24 jam. “Bukti telah menunjukkan bahwa hampir seharian Anda menggunakan 100 persen otak,” kata John Henley, seorang ahli saraf dari Mayo Clinic di Rochester, Minn. Bahkan dalam keadaan tidur, bidang-bidang seperti korteks frontal, yang mengendalikan hal-hal seperti pemikiran tingkat tinggi dan kesadaran diri, atau daerah somatosensori, yang membantu orang untuk merasakan sekitarnya, masih tetap aktif, Henley menjelaskan.

Kita ambil contoh tindakan sederhana seperti menuangkan kopi di pagi hari: Saat berjalan ke arah teko kopi, mengambilnya, dan menuangkan minuman ke dalam cangkir, bahkan menyisakan sedikit tempat untuk krim, lobus oksipital dan lobus parietal, sensor motorik dan sensor motorik korteks, basal ganglia, serebelum dan lobus frontal semuanya dalam kondisi aktif. Sebuah badai aktivitas tembakan neuronal terjadi hampir di seluruh bagian otak dalam jangka waktu yang hanya beberapa detik.

“Ini bukannya mengatakan bahwa jika otak mengalami kerusakan maka Anda tidak akan mampu melakukan tugas-tugas sehari-hari,” lanjut Henley. “Ada orang yang mengalami kerusakan otak atau sebagian dari otaknya diambil, ternyata masih dapat menjalankan kehidupan yang normal, dan itu bisa terjadi karena otak memiliki cara tersendiri untuk mengkompensasi dan memastikan bahwa apa yang tersisa dapat mengambil alih fungsi yang hilang.”

Kemampuan untuk memetakan otak dan fungsi berbagai section adalah bagian yang tak terpisahkan dari usaha untuk memahami efek samping yang mungkin terjadi jika ada section tertentu yang mulai mengalami kegagalan. Para ahli mengetahui bahwa neuron yang melakukan fungsi yang sama cenderung untuk berkelompok. Sebagai contoh, neuron yang mengontrol gerakan jempol tersusun di samping neuron yang mengendalikan gerakan telunjuk. Jadi, ketika melakukan operasi otak, ahli saraf dengan hati-hati akan menghindari kelompok yang berkaitan dengan penglihatan, pendengaran dan gerakan, sehingga memungkinkan otak untuk mempertahankan sebanyak mungkin fungsinya.

Apa yang belum dipahami sampai dengan saat ini adalah, bagaimana kelompok neuron dari berbagai daerah di otak berkolaborasi untuk membentuk kesadaran. Sejauh ini, tidak ada bukti yang menunjukkan adanya satu lokasi untuk kesadaran, dan akhirnya ini telah menggiring para ahli untuk sepakat bahwa kesadaran itu adalah hasil kerja neuron secara kolektif. Misteri lain yang tersembunyi di dalam korteks kita adalah bahwa dari semua sel-sel otak, hanya 10 persen yang berupa neuron, yang 90 persen lainnya berupa sel-sel glial yang menyelimuti dan membantu neuron, tetapi sebagian besar fungsinya masih belum diketahui sampai saat ini. Pada akhirnya dapat disimpulkan bahwa kita bukanlah hanya menggunakan 10 persen dari otak kita, tetapi yang benar adalah kita hanya mengetahui bagaimana cara bekerjanya 10 persen dari otak kita.

Diterjemahkan bebas oleh LambangΒ (LambangMH.wordpress.com), 25Sep09
Sumber: Scientific American
Referensi: 10 percent of brain myth
Gambar: Google Images

—===oooOooo===—

About Lambang MH

Pengamat kehidupan, pengamat kemanusiaan, pengamat spiritual, pengamat teknologi dan pengamat segala macam yang bisa diamati.
This entry was posted in Clipping, Informasi and tagged , . Bookmark the permalink.

93 Responses to Mitos 10 Persen Otak

  1. lovepassword says:

    Whaduh kalo itu sih menafsirkan Kitab Suci secara hurufiah . πŸ™‚ Maksudnya itu sebagian besar kayaknya sih : Hanya sedikit diantara sekian banyak potensi manusia yang termanfaatken secara optimal. Kayaknya sih maksudnya gicu. ( sok tahu mode on) ( kayaknya mode on)

  2. Lambang says:

    Sama sekali nggak tertulis hubungannya dengan kitab suci tuh. Murni hasil penelitian science.πŸ™‚

    • lovepassword says:

      Kalo itu berarti menafsirkan kata-kataku secara hurufiahπŸ˜€ . Hi Hi Hi. Salam bos

      ======================
      :: Hehehe… salam kembali.πŸ˜‰
      ======================

      • KangBoed says:

        hehehe.. keluarin daku yang terpenjara.. nasib NYEPAM hahahahaha..

        ======================
        :: Mangkanya jangan kebanyakan nyepam…πŸ™‚
        ======================

  3. pagi mas lambang… apa kabar mas?
    semoga masih dalam karunia dan lindungan Allah SWT. amin

    ======================
    :: Kabar saya baik-baik saja.
    Semoga demikian pula adanya dengan mas Batjoe.
    Salam.πŸ™‚

    ======================

  4. artikel dari mana lagi nih…..?
    otak ya? tapi bukan otak-otak dari bandung kan? hheheheheheheeh (becanda mas lambang jangan marah ya…)
    nah kalau otak yang 10% dipakai hanya untuk ngingetin ‘MIYABI” piye mas hahahahahahahahahahaaa
    salam sayang buat mas lambang dan keluarga

    ======================
    :: Jangan semuanya dipakai untuk itu. Entar malah ngga karu-karuan.πŸ™‚
    Salam Sayang kembali.

    ======================

  5. tanggepin serius nih…
    didalam bekerja bagi saya mau tidak mau hampir seluruh pemikiran terpakai dalam bekerja, tidak ikut aturan dan waktu hanya terkadang otak masih berbenturan dengan yang namanya hati semisal pinginnya kerja melulu tapi tiba-tiba dengar azan langsung ninggalan pekerjaan dan terus inget sama pencipta jadi bila sekuat apapun otak itu bekerja pasti ada yang ngatur supaya jangan selalu dipakai tuh otak untuk kerja melulu…

    kalau boleh bertanya mas lambang apakah bekerjanya otak dulu atau hati dulu ya dari 10% itu???

    ======================
    :: Entar ya, saya tambahkan addendum artikel di bawah.πŸ™‚
    ======================

  6. m4stono says:

    Ngatemi = iiihhhh…kang lambang chaaayaaaang pinter dech….diajeng ngatemi buleh nambahin gak…buleh yaaaaa…..gini lhooo kang lambaaaang….otak kita tuh emang penuh misteriiii….jadi yg ngomong 10% tuh blom temtu juga bener…bisa jadi malah 2% hayooooooo….sebab otak itu salah satu instrumen di tubuh kita yg sebagai penghubung antara dimensi fisik ato dimensi 3 dengan dimensi2 lainnya…ada juga lhoooo instrumen lain sebagai penghubung antara dimensi kita dengan dimensi ghaib yaitu hati…atau jantung…..coba ajah kalo kang lambang chaaayaaang jatuh cintrong ama saia maka jantung berdegub kencang tandanya ada rasa sayang juga nafsu hihihihihi……kalo hati itu simbol rahsa sedangkan otak adalah perwujudan dari cipta dan karsa kalo antara hati dan otak bisa nyambung dan klop maka akan menjadi sempurna yaitu ciptarasa dan karsa…naaaaah…kang lambang pernah denger duunk mesjid sang ciptarasa di cirebon….ato kang lambang gak pernah ke mesjid yah….hayoooo ngakuuuu….mesjid itu adalah sebagai simbol dari cipta dan rahsa sang sunan gunungjati sedangkan karsa yaitu yg membangun adalah sunan kalijaga….gicuuuu kang lambang chayaaaangggg….udah yaaa…..sun dolo dunk ach…muuuuaaaaahhhhhh……. :mrgreen:

    ======================
    :: Hihihi, diajeng Ngatemi, tak tambahin addendum artikel di bawah ya.πŸ™‚
    ======================

  7. Lambang says:

    Addendum artikel:
    Sebetulnya artikel ini tidak ditujukan untuk pembahasan kitab suci atau keimanan. Juga tidak ada hubungannya dengan masalah metafisika, supranatural (atau dimensi lain) yang berhubungan dengan sesuatu dzat lain yang ada dalam diri kita. Banyak orang yang menghubungkan dzat lain itu dengan hati, liver, jantung, kelenjar pineal, cakra ajna dll. Enda papa, toh pembuktian secara ilmiahnya belum ada, kecuali pembuktian secara hipotesis dengan mengacu pada firman Tuhan “Bahwa di dalam dada itu ada segumpal daging yang bernama hati dst.”

    Berhubung Mas Love, Mas Tono, dan Mas Batjoe menghubungkannya dengan “hati”, jadi ada baiknya kita lanjutkan diskusinya.

    Dulu pada waktu Dahlan Iskan (CEO Jawa Pos Group) akan operasi liver, diganti seluruhnya, dia juga sempat berpikir apakah dia akan mengalami perubahan perilaku jasmani dan rohani, karena dia berasumsi bahwa ada sesuatu yang berhubungan dengan hati ini. (Ref: Buku Ganti Hati oleh Dahlan Iskan). Ternyata setelah beberapa bulan operasi berhasil, dia tidak mengalami perubahan perilaku apapun. Semua masih normal seperti biasa-biasa saja.

    Dari cerita beberapa orang yang pernah mengalami penggantian jantung menjadi jantung buatan, juga tidak pernah ditemui adanya perubahan perilaku. (Ref: internet)

    Saya setuju dengan bahasan Kang Tono tentang cipto, roso, karso, bahwa ada sesuatu yang berperan sebagai penghubung dengan dimensi lain. Entahlah mau dinamakan apa itu.

    Tapi saya enda setuju dengan kalau jatuh cintrong jantungnya berdegup karena dipengaruhi rasa. Atau kalau lagi takut jantungnya berdegup. Itu murni hasil kerja otak yang menggerakkan jantung, dan sudah ada pembuktian ilmiahnya. (saya lupa website-nya, nanti akan saya posting kalau inget tempatnya dan inget mem-postingnya).

    Demikian juga kalau mendengar suara adzan langsung buru-buru meninggalkan pekerjaan. (Kenapa contohnya adzan ya :roll:) Saya beri contoh lain, biar enda adu argumen soal agama, kalau mendengar suara klakson di belakang, otomatis kepala akan menoleh. Itu juga murni hasil kerja otak yang sudah mempunyai pola pikir sesuai dengan pengalaman maupun sesuai dengan wejangan masa kecil yang sudah merasuk ke dalam otak. Kalau ada klakson, berarti ada kendaraan, berarti saya harus minggir supaya tidak ketabrak. Boso londone mindset. Dan bagi sebagian orang mindset ini dianggap sesuatu yang tidak bisa diubah.

    Catatan:
    Mohon jangan dihubungkan dengan keimanan, karena kalau dijawab dari sisi keimananan, sederhana saja, “Semua kan sudah diatur dan ditentukan oleh Allah, termasuk juga nafas, detak jantung, jiwa, pikiran, keimanan, jalan hidup, tujuan hidup dan lain-lain. Oleh karena itu kita tidak perlu berpikir terlalu panjang, tidak perlu panjang angan-angan, cukup gunakan iman dan hati untuk mencerna berbagai peristiwa dan untuk menjalankan kehidupan. Gunakan iman dan hati untuk merasakan cinta dan kasih sayangNya.”
    Hehehe… ora nyambung karo bahasan ilmiah nek koyo ngene…

    Yah, begitulah pendapat saya yang masih bodo, sok tahu, omdo dan ngeyelan. Mudah-mudahan ada pencerahan lain dari “sidang Jum’at yang kami muliakan”…
    (*kebetulan sekarang hari Jum’at*)

    Salam Persahabatan.

    • m4stono says:

      Ngatemi = iiihhh kang lambang pinteeeer dech…emang sih diajeng bilang kalo jatuh cintrong itu ada rasa tapi cuman dikiiit…banyakan napsunya…hihihihihihi…tentu saja chayaaang kalo cintrong itu ada rasa walaupun rasa terendah….kalo rasa yg tertinggi yaitu rahsa yg menuju ke illahi…naaaah ini juga ada hubungannya dgn otak lhoo….secara fisik otak itu salah satu sistem endokrin dlm tubuh kitaaa…tapiiiiii secara bathin itu merupakan cakra mahkota bagi yg percaya lhoooo…cakra mahkota itu cakra tertinggi dari sistem bathin kita dilihat dari salah satu sisi….kalo sisi lain ya nggak tahu diajeng……..naaaah kang lambang chayaaang….untuk bisa menembus keatas diatas cakra mahkota makaaaa rahsa didalam hati kita harus diolah sejernih mungkin…supaya sampai ke telenging rahsa ato pusat hati yg terdalem…..oya kalo di tradisi jawa islam…. cakra pusar namanya baitul mukadas, cakra jantung namanya baitul mukaram kalo cakra mahkota namanya baitul makmur…..kayak isra’ mi’raj jaman nabi dulu….beliau dari baitul mukaram naik buraq lalu ke baitul mukadas ke baitul makmur diantar jibril….tapi ini budaya lho kang lambaaang chayaaaang….kalo hati kita adem ayem trus gak akan deh bilang ..ini bid’ah …ini kapir dsb…..cuman pendapat dari Ngatemi yg bodo lhooo kaaang, kalo salah maap2 aja yaaa…..udah ah kang lambang koq jadi ngelantur siiich…sun dulu ah….. muaaaah…….

      ======================
      :: Walah, diajeng Ngatemi iki pancen jos, setelah berguru sama Kang Tono. Mengko aku diajari sithik-sithik yo jeng, sambil nunggu suting pilem Jakarta Drift. Tema cerita prosot-prosotan nang blethokan Banjir Kanal Kali Malang… hehehe…
      Muah… muaaaahh…πŸ™‚

      ======================

      • KangBoed says:

        kekeeekekekekekekkkk.. RASA PERASAAN yang menghanyutkan membuat manusia berubah rubah dan bolak balik pendirian terhanyutkan ini adalah masih pekerjaan OTAK..
        Mengenai HATI ataupun JANTUNG ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan ORGAN FISIK.. seperti KOLAK HATI MACAN maupun SEMUR OTAK GAJAH..
        nah olah RASA.. hehehe.. RASA ini bukan RASA PERASAAN yang selalu berubah ubah mengikuti simpati dan empati tetapi RASA yang sudah berdiri dengan sendirinya tiada terpaut lagi dengan kesadaran FISIK dan keadaan.. RASA yang berdiri di atas kesadaran ROHANI..
        hmm.. sebenarnya FREKUENSI dan DIMENSI SPIRITUALnya dapat kita buktikan bersama dengan menemukan DIRI sebenar DIRI..

        CIPTA RASA KARSA.. ini adalah berdiri TEGAKNYA ALIEF di dalam diri.. sayang sekali ALIEF ini masih doyong dan mereng mereng..

        *Tahu belum tentu mengerti.. mengerti belum tentu waspada.. waspada belum tentu surti..*

        Salam Sayang Selalu untukmu my brathaaaaarrr..

        ======================
        :: Hehehe… pemahaman tidak bisa dipaksakan. Silahkan berjalan dengan pemahaman masing-masing. Toh semua hanya ilusi dan imajinasi.
        Salam sayang my brathar.πŸ™‚

        ======================

      • m4stono says:

        hiiiii atuuut…keturunan yg aseli dateng sama maungnya lagi…..kabuuuuuurrrr…..

  8. Lumiere says:

    Mohon jangan dihubungkan dengan keimanan, karena kalau dijawab dari sisi keimananan, sederhana saja, β€œSemua kan sudah diatur dan ditentukan oleh Allah, termasuk juga nafas, detak jantung, jiwa, pikiran, keimanan, jalan hidup, tujuan hidup dan lain-lain. Oleh karena itu kita tidak perlu berpikir terlalu panjang, tidak perlu panjang angan-angan, cukup gunakan iman dan hati untuk mencerna berbagai peristiwa dan untuk menjalankan kehidupan. Gunakan iman dan hati untuk merasakan cinta dan kasih sayangNya”

    indahnya…πŸ˜‰

    ======================
    :: Hehehe… πŸ˜‰πŸ˜‰
    ======================

    • m4stono says:

      namanya bukan indah tapi lambang…sudah cetho welo2 gitu je…… :mrgreen:

      ======================
      :: Kang Tono memang gitu mbak… jangan dimasukin ati…πŸ˜‰
      ======================

      • m4stono says:

        iya mbak jangan diambil ati yah….ambil ampela aja…enak lho apalagi yg masak diajeng ngatemi…..suuuedepe poll…. jiakakakakakak…….

        ======================
        :: Enda mau ampela. Bikin asam urat naik…πŸ˜‰
        ======================

      • TukiPon says:

        Tapi yang jelas jika ampela satu piring dijamin bikin kenyang nggak asam uratπŸ˜‰
        Bener nggak yaa… lha makan 1 biji aja belum tentu setahun sekali…πŸ˜€

        ======================
        :: Mungkin bener juga. Apalagi kalau piringnya ikut dijadikan menu penyeimbang.πŸ˜‰
        ======================

      • Fitri says:

        Hayo siapa yang punya penyakit asam urat????

        Saya saja yang masih 23 tahun sudah kena penyakit asam urat.

        ======================
        :: Untuk saya yang masih belum genap tiga puluhan ini tentunya lebih baik menghindari jenis-jenis makanan yang menyesatkan.πŸ™‚
        ======================

      • KangBoed says:

        πŸ™„πŸ™„πŸ™„

        hahaha.. atiiit peyuuuuttttt.. enda kuat..
        :mrgreen:

  9. online says:

    menghitung 1000 digit?…keren keren,,,,

    ======================
    :: Lah, itu cuman hiperbol dan lebay aja koq. Padahal sih aslinya cuman bisa 5 digit.πŸ˜‰
    ======================

    • KangBoed says:

      keeekkekekekekkkk.. namanya aja mas LAMBANG pengikut aliran lebayatun Narrrjieeeees nGilani tenan..

      kekekekkkkkkkkkk:mrgreen:

      salam sayang

  10. mel says:

    jangankan 1000 digit,,ngapalin no kantor aja udh setaun ga apal apal hhehhee

    ======================
    :: Lha saya ngapalin no sepatu lupa terus je…πŸ˜‰
    ======================

    • m4stono says:

      kalo saya ngapalin kanan ama kiri aja lupa terus….sering ketuker…mana yg kanan….mana yg kiri yah….jadi binun

      ======================
      :: Lha wong jarinya guedi guedi, jadi ketuker ya tetep bisa masuk…πŸ˜‰
      ======================

  11. batjoe says:

    hahahahahaa..
    mas lambang tambahannya membuat saya berpikir lagi…
    tapi biarlah itu menjadi pemikiran saya tapi saya selalu suka dengan artikel serta tambahannya itu.
    percaya atau tidak percaya, banyak atau tidaknya ilmu mas lambang dalam hal artikel hampir saya kuasai baik tulisannya, penyusunan kata-katanya pokoknya saya salut dan suka dengan blognya mas lambang. dan semua yang mas lambang kritikan, sarankan kepada saya, alhamdulillah bisa saya terapkan. cuma satu saya ndak ngerti cara motong artikel supaya bisa …more… gitu??? nah sayakan yang oon hehehehe
    mas lambang makasih banyak ya mau ke rumahnya kang boed dulu. ass….

    ======================
    :: Cara yang paling gampang begini:

    1. Tekan tombol HTML yang ada di atas kanan artikel
    2. Cari tempat di antara paragraph
    3. Sisipkan tag ini: <!--more-->
    4. Jadi hasil akhirnya seperti ini:
        <p>Ini parapraph atas</p>
        <!--more-->
        <p>Ini parapraph berikutnya</p>
    5. Kalau “more”-nya mau bergaya, bisa diubah seperti ini: <!--morePencet Nyook…-->
    6. Cara lain yang mudah tapi belum tentu berhasil yaitu pakai tombol yang ada di sebelah kirinya tombol A contreng. Ini akan gagal kalau paragraph-nya enda pakai paragraph tag (<p> … </p>) tapi pakai break tag (<br>).

    Mudah-mudahan bisa menjawab pertanyaan mas Batjoe.πŸ™‚
    ======================

    • KangBoed says:

      πŸ™„
      hehehehe.. mudah tapi belum tentu berhasil.. kaya judi yaaaak.. hihihhi.. aku sengsara karena judi.. jreng.. jreeeeng.. mas Lambang geol geol nyok..πŸ˜†

  12. batjoe says:

    nanya lagi kok blog mas lambang bisa dimasukin video kok punya saya ndak bisa.
    apakah harus bayar dulu ya?
    hihihihihi oon mas lambang..
    makasih sebelumnya atas semua jawabanya

    ======================
    :: Kalau untuk yang ini ada tiga cara:

    1. Baca petunjuk pasang YouTube dari si Matt di sini, atau
    2. Pasang tag seperti ini:
    [youtube=http://www.youtube.com/watch?v=LU8DDYz68kM] jangan lupa square bracket-nya, atau
    3. Buat image dengan caption-nya, lalu beri link ke URL YouTube-nya.

    Kalau saya lebih seneng pakai cara no 3 karena mempercepat loading, dan scene-nya bisa saya pilih mana yang bagus.

    Mudah-mudahan bisa menjawab pertanyaan mas Batjoe.
    Jadinya ada ide nih untuk buat blog baru yang temanya seperti blog-nya para sesepuh blogger mas Budi Rahardjo dan mas Priyadi…πŸ™‚

    ======================

    • KangBoed says:

      πŸ™„

      sampe sekarang saya enda bisa tuh.. hehehehe.. sabaaaaarrrrrrr..

      ======================
      :: Tinggal ngikutin petunjuk di atas itu Kang…πŸ™‚
      ======================

  13. masnur says:

    Pada kenyataannya bahwa penelitian paling ilmiah yang pernah dilakukanpun belum bisa menjawab 90% fungsi otak khan…jadi ya memang harus pasrah ngalah (pasrah ing Allah). Dalam banyak hal memang bukan menjadi wewenang manusia untuk menjawabnya. Tapi memang kalau nggak di teliti juga nggak akan tahu bahwa sesuatu itu ada batasnya, hehe…..jadi….ya….gimana….?! Tetap meneliti secara istiqomah tapi juga pasrah dan sadar akan batas-batas.

    ======================
    :: Mungkin kita memang hanya bisa bergerak di dalam pagar yang kita ciptakan sendiri.
    Kalau mau memagari dengan pasrah ngalah, menerima takdir apa adanya, toh semua sudah diatur oleh Allah, ya bidang pekerjaannya harus milih yang sesuai dengan itu. Tetapi kalau mau menghilangkan semua pagar, pasti bisa maju terus seperti para scientist itu. Pada tingkatan tertentu, science dan faith memang tidak bisa berjalan beriringan. Semisal human cloning atau membuat quantum creatures itu.πŸ™‚

    ======================

    • KangBoed says:

      hehehehehehe.. manusia manusia.. hihihihi.. semakin tinggi penelitian.. semakin tinggi kebudayaan.. semakin tinggi kepandaian.. kok moralnya semakin bobrok.. mentalnya semakin rapuh.. derajat STRESSNYA semakin tinggi.. waaaakakakaakakkkkk.. malah orang jaman dulu enda ngerti apa apa matinya bagus bagus yoooo..
      salam sayang

      ======================
      :: Masih perlu data statistik untuk membuktikan ungkapan ini Kang. Saya enda berani menghakimi orang lain hanya berdasarkan pengamatan sepintas.
      Salam sayang.πŸ™‚

      ======================

  14. OKlah says:

    Katanya Anti Amerika, tp tetap saja nyuri Ilmu dr amerika… Copy paste lagi..
    xixixixi…….

    ======================
    :: Hehehe… maaf ya mas, ada tiga kesalahan Anda di sini.
    Yang pertama, saya tidak anti Amerika maupun anti siapapun di muka bumi ini.
    Yang kedua, artikel ini bukan copy-paste, tapi copy-translate, dan ini memerlukan effort lebih dari dua jam per artikel, mulai dari cari artikel yang cocok sampai siap tayang.
    Yang ketiga, saya selalu mencantumkan sumber artikel, dan ini sesuai dengan kode etik jurnalistik dan Digital Millenium Copyright Act (DMCA).
    Yek opo seh sampeyan iki…πŸ™„πŸ™„

    ======================

    • batjoe says:

      nyantai aja mas dan cinta damai selalu…
      dari manapun itu ilmu dan bagaimanapun cara mendapatkannya selama itu berguna bagi sesama itu lebih mulia ketimbang ilmu yang dibuat oleh diri sendiri dan maha besar tapi hanya untuk kesombongan semata jatuhnya pasti mas tahu sendiri…..
      saya juga sering copy paste dan saya ambil ilmu dari negara jepang yang dulu suka sekali jajah kita.. ngak boleh ya mas ???
      salam kenal mas OK lah
      salam cinta damai and hangat selalu

      ======================
      :: Santaaaaai yuk…πŸ™‚
      ======================

      • KangBoed says:

        πŸ™„

        pokonya maju terus mau isinya darimana bagaimana dan kumaha wae heehehehehe.. hidup mas LAMBANG..

        ======================
        :: Siip…
        ======================

      • bilangnya disuruh sabar kok mbales komentnya pakai urat nanti kena asam urat lho??
        tuh udah di nasehati sama mba yang ayu si burung pipit heheheehe
        biarkan berlalu jangn grusa grusu ora elo. biar saya saja yang handle mas lambang kasih komentnya harus lebih santai.
        kemarin2 mas lambang udah banyak bantu kang boed dan saya giliran saya dong bila ada yang buat pondasi agak “miring” hehehehehehe
        salam damai dan cinta selalu kaya botol ijo dan kuning

        ======================
        :: Santai aja koq mas. Cuma menyampaikan bahwa yang saya lakukan itu sudah sesuai kode etik jurnalistik. Bukan asal comot hak cipta orang, dan bukan kerjaan copy-paste murni yang cuman 5 menit selesai.
        Kompas dan Detik sumber beritanya selain dari para wartawannya juga dari Kantor Berita (Reuter, Antara, CNN) atau website lain.
        Penyampaian seperti itu memang terkadang dianggap sebagai “tarik urat” padahal sih enda. Semua bisa dibuktikan dan bisa dicoba sendiri (berapa lama mencari artikel bagus, berapa lama men-translate dan berapa lama membuat link terkait).πŸ™‚

        ======================

    • m4stono says:

      kang lambang anti amerika?? wakakakakak baru tahu nih….bener apa gosip….klo saya mah antimo aja yah….πŸ˜€

      ======================
      :: Gosip itu mas. Saya sebetulnya ngga anti Barat (termasuk Amerika) karena semua kemajuan teknologi yang kita nikmati sekarang ini sebagian besar berasal dari sana. Kalau soal ideologi dan keimanan, itu sih urusan masing-masing. Bukan soal pro atau kontra.
      Gimana mau anti Amerika, lha komputer dan connection saya pakai produk londo semua, kopinya Nescafe…
      Mosok saya harus minum kopi Arab dan kalau ke kantor naik onta… hehehe… yang komen itu ada-ada aja…πŸ˜‰

      ======================

      • KangBoed says:

        hihihihi.. ngomongin antimo paling enda tega saya.. obat anti mod*l.. kakakakakakkk..

      • bukan anti amerika tapi anti makanan perusak yang bis buat asam urat
        whakakakakakakakaka sampe ngiler………

        ======================
        :: Hehehe… ngeces ya…πŸ™‚
        ======================

    • m4stono says:

      walah pinter sampeyan kang…..satu artikel hanya dua jam dan bagus2 lagi….lha wong saya buat artikel ngatemi aja dari pagi hingga malem….maklum lah kapasitas otak saya yg pas2an….tapi kalo yg saru2 gak sampe satu menit dah jadi beberapa artikel….hihihihihihhii…dan dijamin gak saya cantumin sumber gambar maupun sumber tulisan saya….wong cuman khayalan kok dan semuanya hanya ilusi…. :mrgreen:

      ======================
      :: Hehehe… dua jam itu yang paling cepet Kang. Kadang sampai seharian kalau artikelnya panjang dan agak berat. Karena harus cari referensinya, cari PDF, donlod dan baca-baca sedikit. Nah, yang saya seneng itu di bagian yang ini, koleksi PDF saya nambah dan pengetahuan saya juga nambah. Mudah-mudahan juga bisa nambah pengetahuan yang baca.πŸ™‚
      ======================

      • m4stono says:

        kalo saya artikel yg berat2…nyari inspirasinya di tempat tidur ato ndodok di WC….heran yah kenapa kok di WC cepet dapet inspirasi….katanya WC tempatnya setan….malah klo di mesjid ngantuk mlulu….jangan2 artikel saya artikel setan….hiiiiiii atuuuuuutttt

        ======================
        :: Kata orang sih, yang bikin inspirasi itu muncul bukan masalah lokasinya, tapi karena ngeden-nya, sehingga aliran darah naik ke otak dan kerja otak jadi lebih lancar.
        Kalau lagi di mesjid coba ngeden juga deh, entar kan lancar cari inspirasi…πŸ™‚

        ======================

      • KangBoed says:

        makanya mendingan bikin artikel kaya saya saenak udelnya dewek.. sejam.. setengah jam.. sudah beres dan bisa tayang.. saking seenaknya jadinya enda punya back up copyannya.. hehehe..

        ======================
        :: Hehehe… kita beda selera Kang…πŸ™‚
        ======================

      • ini bicarin artikel, anti amerika, asam urat atau wc sih…
        bingun nih..
        kok senior-senior pada edan semuanya
        hahahahahahahahahahahaha

        ======================
        :: Ini hanya santai ngobrol-ngobrol saja. Anggap saja obrolan ora mutu… wekekekk…πŸ™‚
        ======================

  15. batjoe says:

    matur suwon banget mas lambang, atas segala informasinya nanti saya coba….
    balikpapan sabtu ini cerah banget sepertinya enak untuk jalan-jalan sama anak-anak..
    oya enak ya punya istri dua.. “pengantin baru ngatemi” hahahahahahhaa

    ======================
    :: Komennya tak betulin dikit ya. Salah ketiknya agak parah. Kasihan yang baca… hehehe…πŸ™‚
    ======================

  16. Pakde Cholik says:

    Selamat Idul Fitri 1430 H.
    Minal aidin wal faizin
    Mohon maaf lahir dan batin
    Salam hangat dari Surabaya

    Sungguh hebat, Tuhan penciptakan makhluk-Nya secara sempurna, tinggal mau kita giring kemana otak kita ya.

    ======================
    :: Mengucapkan maaf lahir dan bathin juga Pakde.πŸ™‚
    ======================

    • KangBoed says:

      mas Lambang menggiring otak dari kanan lapangan.. kocek kanan kelok kiri.. sprint ke depaaaaan.. pemain belakang lawan berhasil di lewati.. tembak dengan keraaaaassss.. Goooooooaaaaaalllll.. horeeeee.. score 0-0

  17. m4stono says:

    waaaaaa….kang lambang telat dapet pertamaxxxx…keduluan ama saya….tuh dah ada artikelnya…tapi bukan yg kontro lho….o ya blogspot agak error hari ini….si keple keknya setingannya dah bener tapi gak bisa di komeng…yah nasib lah…..wong saya posting aja lama banget baru nyampek…………….. :mrgreen:

    ======================
    :: Oh iya Kang. Udah nitip komen di sana. http://www.keple.net nya di-check lagi Kang, sayang khan enda bisa di-komen, siapa tahu ada yang mau ngirim parcel terus tanya alamat… hehehe…πŸ™‚
    ======================

    • KangBoed says:

      kemaren saya kirim semur Otak Gajah dan kolak Hati Macan dah keterima belum yaaaaaak:mrgreen:

      ======================
      :: Belum.
      ======================

  18. batjoe says:

    mas lambang lagi-lagi memberikan saya masukan dan kritik walaupun cm tulisan. maksih mas lambang dan saya heran kenapa koment diblog saya yang terakhir kok ngepas ya….
    bagi dong ilmunya?
    iya kang lagi mbetulin duduk nih, cape banget jalan-jalan didunia, pinginnya sih jalan-jalan ma miyabi atau Jupe lah biar berkeringat hahahahahahaha
    becanda mas….

    ======================
    :: Wah, aku ora mudeng. Kamsute ngepas itu gimana?πŸ™‚
    ======================

    • ya ngepas banget dengan postingan saya yang kemarin dibuat…

      ======================
      :: Oh, itu hanya kebetulan yang tidak disengaja…:)
      ======================

      • KangBoed says:

        ooo.. bukan dengan miyabi yaaaaak.. apa tamiya aja dah paling cocok buat kalian berdua biar bisa balapan,,..

        ======================
        :: Yups…πŸ™‚
        ======================

  19. Zulhaq says:

    Semoga otak ini slalu melahirkan pemikiran yg mendekatkan pada sang khalik

    ======================
    :: Semoga tercapai.
    ======================

    • KangBoed says:

      Hati Nurani yang Bersih
      Akal Pikiran yang Jernih
      πŸ™„πŸ™„

      itulah sesungguhnya kelebihan manusia dari makhluk ciptaan yang lainnya.. xixixi..

      salam sinting Oom Zul

      ======================
      :: πŸ™„πŸ™„
      ======================

  20. m4stono says:

    ngatemi = malem mas lambang chayaaaang……koq loyo sich….semangaaat dunk…!

    ======================
    :: Iya diajeng, kangmas lagi ngedrop banget nih. Kemarin malem mimpi buruk. Sekarang kliyengannya kumat. Ngga tahu nih perlu telpon ambulan apa engga…πŸ™„πŸ˜¦
    ======================

  21. Filarbiru says:

    Kalau hanya 10% mumazir betul kerjaan Allah, padahal segala sesuatu yg diciptakanNya bermanfaat buat manusia walaupun itu racun yg sangat mematikan. Jadi kalau ada pendapat2 yg beseberangan dgn AQ saya kagak ikut hehe

    ======================
    :: Di artikel ini disebutkan bahwa hanya 10% fungsi otak yang sudah diketahui fungsinya, dan para ahli masih belum bisa menemukan apa fungsi dari 90% sisanya.
    ======================

  22. mas labang saya sudah coba masukan youtube video sesuai dengan intruksi tapi saat dilihat dihasilnya tetap tidak bisa di klik. bagaimna mas lambang?
    bantu lagi ya.. oon baget saya mas lambang heheheheh

    ======================
    :: Kalau pakai cara no 2, jangan lupa square bracket-nya.
    Kalau pakai cara no 3, gambar hanya diberi link seperti biasa memberi link ke text.
    Mudah-mudahan bisa membantu…πŸ™‚

    ======================

    • KangBoed says:

      πŸ™„ sabar mas batjoe.. mas Lambang lagi berlibur ke Eropaaaaa.. tour keliling dunia..

  23. tomy says:

    Otak memang masih misteri,πŸ˜€ dikaitkan dengan akal , sering kita kehilangan akal atau tak mampu mengakali keadaan. Sebagai contoh saat siang hari ban kendaraan kita bocor ditengah kuburan kita tidak merasa takut namun bila tengah malam… meski secara logika kita tahu bahwa keadaan sebenarnya sama saja dengan siang hari namun mengapa pikiran ini dipenuhi dengan berbagai hal yang menakutkan?

    ======================
    :: Iyas, mas memang penuh misteri…πŸ™‚
    ======================

    • KangBoed says:

      hehehehe.. OTAK mencerminkan kesadaran lahiriah.. mempengaruhi simpati empati yang menyangkut RASA PERASAAN.. kok jadi merinding ini kuburan siapa yaaaaak.. kaboooooorrrrrrrr..

      ======================
      :: Hehe… mulai ngelantur…πŸ™‚
      ======================

  24. KangBoed says:

    SEMUR HATI MACAN dan KOLAK HATI GAJAH.. waaaaaaaaaakaaakaakakakakkkkkkkkkkkkk..

  25. KangBoed says:

    AKHIR KATA begitu banyak komeng masuk keranjang semoga mas Lambang berbaik hati mengeluarkannya.. hihihi.. jadi malu

    ======================
    :: Hehehe… udah dikeluarkan. Mangkanya jangan nyepam melulu…πŸ™‚
    ======================

  26. Lalu,
    Kenapa pula ada murid dikatain “dasar otak udang”, ya!
    Padahal yg ngatain sama yg dikatain nggak jauh beda,
    Sama-sama hehe!

    Salam!

    ======================
    :: Hai Bung Maren, pakabar!
    Ada lagi murid yang dikatain “dasar dodol.” Ngga jelas maksudnya apa. Mungkin karena kata dodol mirip dengan dogol atau bodol ya…πŸ™‚

    ======================

  27. Glad to know you Lamb!

    Aku pernah liat di tp,
    Dua monyet dituker kepalanya secara kilat;
    Dengan cara-cara operasi tentu.
    Bukan cara Indiana Jones.

    Beritanya saat itu ke dua monyet itu sehat.
    Belum diceritakan aksi/reaksi otak mereka.
    Apakah yg udang jadi dodol atau sebaliknya, gitu.

    Pls! Info!

    Salam Damai!

    ======================
    :: Bagus juga itu infonya. Entar saya cari di Google.
    Siapa tahu ternyata perilaku mereka enda berubah walaupun kepala ditukar.πŸ™‚

    ======================

    • Gimana, Bung!
      Apa udah nemu sekilas info lanjutannya?

      Salam!

    • Lambang says:

      Udah pernah dapet, cerita tentang anjing yang kepalanya ditukar. Pembuluh darah disambung dengan slang, dan syaraf diganti dengan syaraf sintetis. Setelah sadar, kletannya mereka mengalami disorientasi. Mungkin bingung dengan dirinya yang jadi berubah secara fisik. Tapi hidupnya ngga lama, kalau ngga salah hanya 3 hari lalu game over.

      Salam.

    • Aku pernah nonton pilem Frankenstein. Idenya seperti yg kita bicarakan ini. Karya Novel science kontroversial 200 thn lalu itu ternyata masih tetep relevan dibicarakan hingga kini.
      Dialognya banyak yg menarik, banyak yg meng-quote karena menggandung pikiran pikir yg dalam. Pls notice!

      Salam Damai!

    • Lambang says:

      Saya udah lupa pilem itu. Kalau ngga salah tentang operasi otak juga (karena kepalanya diperban dan diplester). Yang sekarang sibuk dicari oleh para ahli ialah, dimana letak consciousness itu. Apa di kelenjar pineal atau di himpunan organ tubuh. Mudah-mudahan bisa ketemu, jadinya nanti kalau mau mencapai kesadaran tinggi, cukup nenggak pil beberapa biji langsung ketemu Tuhan… hehehe…

      Salam Sadar!

  28. Logikanya seharusnya kebalik ya.
    Yang pinter jadi bodoh yg bodoh jadi pinter.
    Kalau tak gitu maka udang dan dodol bukan di otak.
    Apa mungkin bisa jadi separuh udang separuh dodol ya.

    Salam Persahabatan!

    ======================
    :: Ada kemungkinan sebaliknya. Kalau otak dodol ketemu badan udang mungkin jadi ngga selaras. Atau otak udang ketemu badan dodol jadi nggak sinkron juga.
    Nah kalau ditukar, yang dodol ketemu dodol yang udang ketemu udang, cocok dah… muncul sinkronisasi… mengubah yang lambat jadi super kilat… siapa tahu sang monyet bisa jadi “The Ape Side of Einstein” … hihihi…πŸ™‚

    ======================

  29. Ada lagi yg kuliat di tp.
    Remaja yg otaknya dibuang sebelah karena kecelakanan.
    Hebat! Bisa main basket, walau kurang keseimbanganya.
    Pls info also!

    Salam Damai!

  30. Lambang says:

    Nice info gan. Entar ku cari berita itu.
    Belakangan jadi puyeng otakku.
    Identitas itu ada di kepala atau di badan?
    Atau mungkin pula ada di puser dan burung,
    Karena itu kan jalur regenerasi.
    Kalau kepala A nempel ke badan B,
    Maka yang disebut A yang mana?

  31. Ia yah!
    Fotonya apa sidik jarinya yg utama.
    Wah! Semoga Bung Lamb tidak pusing.
    Puyeng tak apalah membesarkan yg 10% itu.

    Salam!

  32. Info lain adalah pengaruh roh.
    Mengapa yg rohnya dobel tak bisa mikir,
    Sementara yg tubuhnya dobel bisa fain?

    Wah, semoga tetap puyeng, Bung!
    Jangan sampai menjadi pusing, gitu.

    Lampuyeng!

    ======================
    :: Rohnya dobel maksute kesurupan kitu? Ada yang kesurupan malah bisa cerita fisika advanced. Kesurupan sama Einstein.
    Kalau kesurupan itu roh aslinya minggir kamana kitu? Apa ke mall dulu?
    Kalau tubuh dobel sih banyak, kembar siam, dan memang mereka fain-fain saja.πŸ˜‰

    ======================

  33. Roh asli …
    Minggir …

    Seandainya dua dodol monyet itu bisa tuker,
    Haruskah bisa berlaku kepada manusia?
    Soalnya perlu ada lintas tukar roh!

    Welehh …
    Sorry klo makin puyeng.

    Salam Persahabatan!

    ======================
    :: Keknya bisa, tapi belum sekarang.
    Nunggu penemuan terbaru tentang cara nyambung syaraf.
    Saya pernah lihat ada eksperimen anjing yang kepalanya ditukar.
    Pembuluh darahnya disilang pakai selang.
    Tapi karena syarafnya ngga bisa disambung, akhirnya mati juga setelah beberapa jam.

    ======================

    • m4stono says:

      wah mantap bener wawasan bung maren ini…. dari kucing hingga gergaji besi… dari sidik jari bisa kesurupan… wakakakakakak…. salam cing……….. ada gak yah kucing kesurupan…..

      ======================
      :: Wah belum pernah lihat tuh.
      Kalau kucing kloloten saya sering lihat.
      ======================

      • Yah!
        Kucing klolotan biasanya mundur-mundur, tapi klo ayam makan sebutir jagung rebus di dalam pincuk daun pisang biasanya nabrak-nabrak. Yang gituan mah kesusupan makan nama keknya.
        KangTon?

        Salam Kucing Cing!

  34. Heheh!
    Aku belum pernah denger kucing lumping, Kang
    Jaran kepang ada, kucing kepang belon kali.
    Badak jago sihir pun nggak bakalan ada keknya!

    Salam Cing!

    ======================
    :: Ngga bakal ada itu.
    Yang ada paling badak jago sundul.

    ======================

  35. Penuh.info says:

    Terima kasih, artikelnya bagus.

    ======================
    :: Sama-sama mas.
    Terima kasih atas kunjungannya.

    ======================

  36. qarrobin says:

    oooooooo…………begitu ya

    kembali njabanin/berkunjung

    kekx cara kerja otak seperti hologram, menurutku, Allah lah yang mengatur cara kerjanya.

    Seperti pembentukan jari kita, jika tidak ada sel2 yang membunuh dirinya sendiri, maka kita pasti memiliki selaput seperti bebek. dari awal fertilisasi hingga lahir, Allah lah yang mengaturnya, ada hal2 yang tidak bisa dijelaskan oleh hukum sebab-akibat.

    wah ngelantur nih, nyambung ga ya, (kekx nyambung mode on)

  37. Lambang says:

    Dari mana aja mas, kito lamo endak basuo…

    Saya agak kurang setuju dengan pendapat mas Qarrobin. Menurut saya, semua pasti ada hukum sebab-akibatnya, atau hukum fisika maupun metafisika-nya.
    Masalahnya sekarang, masih belum semua hukum sebab-akibat bisa diketahui oleh manusia. Misalnya tentang dimensi lain itu. Manusia masih meraba-raba karena belum bisa membuktikan.
    Kalau Allah harus mengatur sel satu persatu, ngga canggihlah Allah yang kayak gini, walaupun Allah mampu untuk melakukan apa saja. Kan lebih canggih kalau Allah menciptakan fitrah (hukum sebab-akibat), lalu semua berjalan dengan sendirinya sesuai dengan fitrah-Nya itu tadi.

    Keknya nyambung dikit deh…

  38. qarrobin says:

    iya ya nyambung banyak, maafken kebodohan saya, mungkin kitanya aja yang belum memahami apa isi program DNA kita

    Kemaren banyak kerjaan kantor mas…maaf baru datang menyambung silaturahmi.

    Tapi sebab-akibat keknya bukan hukum, tapi prinsip. Karena ada anti-partikel salah satunya neutrino yang berjalan mundur dalam waktu di dimensi kita. Ada juga tachyon yang lebih cepat dari cahaya, jadi sebab-akibat belum bisa disebut hukum, ia hanya diterima pada awalnya.

    Tapi kalo fithrah, itu keknya hukum karena Allah yang fathara langit2 dan bumi termasuk menciptakan manusia menurut fithrah(hukum) itu, tidak ada peubahan bagi ciptaan(fithrah) Allah, Sunnatullah

    ======================
    :: Mungkin juga bukan hukum tapi prinsip. Maklumlah saya ngga gitu ngerti terjemahan Arab untuk kata “fitr” pada fithrah, idul fitri, zakat fitrah. Juga kata “sunnah” pada “di-sunnah-kan”, sunnah Rosul, sholat sunnah, sunnatullah.
    ======================

  39. qarrobin says:

    saya pernah baca di salah satu blog(saya lupa), kalo makna idul fitri adalah kembali makan. Saya lupa f-t-r atau f-th-r atau f-th-r-t

    Kalo di Ar-Ruum ayat 30, fithratallahi…f-th-r-t (yang kita baca fithrah)

    Kalo zakat fitrah saya juga ga tau. Kalo Sunnah, menurut saya yang ada di al quran adalah Sunnatullah. Tak ada hukum lain disamping Allah. kata2 Sunnah Rasul tidak ada di al quran. Shalat sunnah sepertinya juga ga ada di al quran selain shalat malam sebagai tambahan ketika terjaga dari tidur di malam hari.

    Untuk kata di-sunnah-kan, menurut saya manusia kebanyakan membaca hadits daripada membaca quran, padahal perintah pertama kali turun adalah membaca quran. Tampaknya sejarah 4 injil terulang dengan 4 mazhab. Apa yang ada di 4 injil sebagian benar dan sebagian salah. Begitupun dengan hadits, ada yang benar dan ada yang salah.

    Menurut saya lebih baik berpegang pada al quran yang telah dijanjikan Allah akan dijaga. Kalo hadits tidak dijanjikan oleh Allah penjagaannya. Selain 4 mazhab ada juga hadits syi’ah. Padahal kata2 syi’ah ga ada di al quran. Apalagi hadits syi’ah yang mengatakan bahwa kita harus mengenali imam di setiap zaman, bukankah ribet kalo ga ketemu eh malah kita masuk neraka. Padahal ga ada di al quran Allah mengatakan kita harus mengenali imam pada zamannya. Menurut saya islam ga ribet kayak gitu harus cari2 imam segala, semuanya telah Allah tuliskan di al quran, apa yang tidak ada atau bahkan bertentangan dengan al quran, lebih baik jangan dipercaya.

    hihihi…jadi melebar kemana2
    Vita jelly drink segernya kemana-mana(kata Baim kecil)

    ======================
    :: Makasih atas penjelasannya mas. Enda papa melebar kemana-mana. Khan untuk memperluas wawasan.πŸ™‚
    ======================

  40. @Brat Lambang

    Tanya:
    Mana akal pikir yg kemarin?
    Rasanya artikel mu dah bablas 100,
    Koq sekarang masih tetep sakitu 100?

    Salam!

    ======================
    :: Ada di depan.
    Daftar isi belum di-update.
    Klik aja Home, terus scroll ke bawah…πŸ™‚

    ======================

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s