Madu dan Racun

madu dan racun Madu sudah jelas merupakan minuman yang sangat bermanfaat. Bahkan kitab suci Al-Qur’an mencantumkan satu surat yang berhubungan dengan madu, yaitu An-Nahl (Lebah). Di surat itu disebutkan bahwa di dalam madu itu terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia.

Di sisi lain, racun tidak pernah disinggung-singgung dalam kitab suci, walaupun racun memiliki peranan yang sangat besar dalam pemusnahan umat manusia seperti gas beracun pada perang dunia ke I, dan racun nuklir di Chernobyl. Perancis adalah yang pertama kali menggunakan gas air mata (xylyl bromide) pada bulan Agustus 1914, pada bulan pertama perang dunia berlangsung.

Dalam debat agama Muslim dan Kristen di berbagai forum, racun sering disebut-sebut penyebab meninggalnya Rasulullah, meskipun ada juga penjelasan yang membantah tentang hal itu. Silahkan di Google sendiri untuk mencari jawabannya.

Saya tidak akan membahas tentang manfaat ataupun keburukan madu dan racun, termasuk juga tidak akan membahas tuduhan kaum Kristiani tersebut. Saya hanya senang berandai-andai saja, seperti tertulis dalam kalimat di bawah ini:

Seandainya kaum pria diberi pilihan
Apakah memilih madu atau racun
Mungkin akan memilih madu karena tanpa risiko.

Tetapi seandainya kaum wanita diberi pilihan
Apakah memilih untuk dimadu atau diracun
Jelas jawabannya akan beraneka-ragam.

Barangkali Anda memiliki imajinasi jawaban apa yang paling tepat untuk perandaian itu, silahkan tuliskan imajinasi Anda di kolom komentar.

Selamat berimajinasi.

Dikemas oleh: Lambangย (LambangMH.wordpress.com)

About Lambang MH

Pengamat kehidupan, pengamat kemanusiaan, pengamat spiritual, pengamat teknologi dan pengamat segala macam yang bisa diamati.
This entry was posted in Ngga jelas and tagged , . Bookmark the permalink.

55 Responses to Madu dan Racun

  1. Lambang says:

    Zzzzzzz…. zzzz….

    • m4stono says:

      ngatemi = “iiihhhh kang lambang banguuun dunk…molor terus nih….ich jelek banget tidurnya ngrungkel kek udang galah…..diajeng mau kok dimadu ama abang chayaaang….tapiiii buleh nanya gak?..buleeeh yaa buleeeh…..kira2 ada gak madu yg beracun…dulu sih pernah baca buku tapi lupa…tolong di gugling yaaa…ihhh kang lambang caaemmm”:mrgreen:

      ======================
      :: Wah iya nih. Sekarang lagi ngantuk’an. Tidurnya enda ngrungkel koq, tapi ngablah-ablah.

      Madu beracun… emmm… entar tak cari dulu… ketemu nih:
      Lebah yang mengambil nektar dari bunga pohon rhododendron misalnya, bisa memproduksi madu beracun. Bila dikonsumsi, madu ini bisa menyebabkan kelumpuhan. Beberapa tanaman, selain rhododendron, mengandung senyawa beracun dalam nektarnya, antara lain azalea, andromeda, agave, atropa, datura, euphorbia, kalmia, gelsemium, dan melaleuca. Madu beracun ini biasanya merupakan madu liar.

      Ternyata… tidak semua madu itu jinak. Ada yang liar juga. Padahal maksudnya biar kuat ngangkat botol Aqua galon, ternyata malah bisa jadi lumpuh. Wueeh…๐Ÿ˜‰
      ======================

    • Mas Lambang bablas, euy!
      Ngak jadi tuker persneleng.
      Bangun tidur tidur lagi hehe.

      Ailopyu pol!

      ======================
      :: Hehe… bablazz yak…
      Daripada bingung mikirin jalan yang mana
      Mendingan ngambil jalan yang udah ada
      Walaupun nantinya salah
      Minimal masih ada kenangan
      Dibandingin jalan baru
      Yang masih gelap dan tanpa kenangan๐Ÿ™‚

      ======================

    • Tapi sekarang Bung Lambang isa an memuis.
      Bagai nyastra sikit-sikit gituh lah.
      Ngaduk madu dgn racun, hah.
      Modimadu manun-manyun, huh.

      Salam Hah Huh!

      ======================
      :: Biasalah… ketularan sama segitiga biru itu…๐Ÿ™‚
      Salam Bogasari!

      ======================

  2. batjoe says:

    gila abis posting langsung tidur…

    berarti keduanya ya…

    ======================
    :: Iya… habis minum madu langsung minum kecubung… biar tidurnya pules…๐Ÿ™‚
    ======================

  3. batjoe says:

    pilih racun mas lambang..
    enak bisa buat badan jadi lebih ngejreng karena racun kehidupan adalah madu dari sebuah kebaikan kelak..
    mudah-mudahan tercapai…

    ======================
    :: Mudah-mudahan tercapai cita-citanya mau minum racun kehidupan.
    Apa ngga ada do’a lain yang bagus gitu lho…๐Ÿ™‚

    ======================

    • batjoe says:

      lha harus lah mas lambang ..
      dulu saya sudah sering minum madu bahkan dari madu yang kotor sekalipun makanya sekarang harus siap minum racun untuk mendapatkan madu yang bener-bener tersaring, tanpa kontaminasi dan semuanya itu perlu hal yang pahit-pahit dulu..

      pokoknya doain aja dapet madu yang bener-bener mujarab…

      ======================
      :: O gitu ya…
      Mudah-mudahan tercapai apa yang mas cita-citakan.
      Doaku selalu menyertaimu mas…๐Ÿ™‚
      *jadi inget sinetron deh*

      ======================

  4. Lambang says:

    Video dipersembahkan untuk KangTono dan Mas Batjoe.
    *buat ganti klip nggilani yang kemarin itu*

    George Bush ternyata asli dari Jawa.
    ====================================
    [YouTube=http://www.youtube.com/watch?v=Gdtjc4fjemM&w=250]

    • m4stono says:

      wakakakak…lucuuuuuuu….tapi ini dah lama kang….dah ada di mas keple…ada juga doraemon seko semarang, tapi dah diremove…untung dah aku sep…hihihi………ada kamen rider, pimp my ride, mtv…pokoke sing serba jowo………. :mrgreen:

      ======================
      :: Iya Kang. Tak lihat ini postingan awal 2008 di YouTube.
      Tapi kalau mau lihat yang aneh-aneh lagi, coba search di YouTube pakai kata kunci “Arab Drifting” entar kan ketemu wong Arab lagi edan-edanan drifting ngebut 250 kmh. Kali mau niru Tokyo Drift yang ada Keiko JAV itu yah….๐Ÿ˜‰

      ======================

  5. batjoe says:

    hahahahahahahaha….
    bilang tho kalau ndak suka klip yang aku buat kang mas…..

    kan udah dibilangin kalau emang mau dikrtik-kritik aja hhahahahahahaha

    ======================
    :: Oh bukan klip mas Batjoe.
    Tapi klip uelik biyanget di artikel sebelumnya…:mrgreen:

    ======================

    • batjoe says:

      lha jangan sebut nama napa?
      ora elok lah..
      dihapus aja kali..

      biar adem dikitan hehehehe

      ======================
      :: Wee lha koq ditegor sama calon murid yah…
      *padahal ya itu nickname-nya*
      Yo wis tak ganti wae kalimatnya.
      Enak tho, manteb tho…๐Ÿ™‚

      ======================

  6. lovepassword says:

    Tentu saja puisimu ini juga cowok banget, stereotip gicu. Hi Hi hi.

    Seandainya kaum pria diberi pilihan
    Apakah memilih madu atau racun
    Mungkin akan memilih madu karena tanpa risiko.

    ==> Memilih madu itu karena yah nggak ada pilihan saja sih๐Ÿ™‚

    ======================
    :: Hehehe… pinginnya yang bisa bebas milih yak…๐Ÿ™‚
    ======================

  7. sikapsamin says:

    Whaahh…saya mau koment agak mikir2, mrinding, takut… Soalnya atmospherenya makin gak karuan…
    Tambah EDAN PLUS KESURUPAN
    Eh ini jangan diPosting lho:
    ”PILIH EDAN APA PILIH KESURUPAN”
    Kembali pada topik diatas, komentku saya wakilkan pada mbak Fitrie saja…
    Hallo mbak Fitrie…

    ======================
    :: Memang mas, atmosfir kita sekarang makin banyak polusi.
    Belum lagi entar kalau Krakatau njeblug, walah… Jakarta amblas berkabut debu.
    *jawabanku ra nyambung babar blazzโ„ข*

    Sebetulnya masih ada satu lagi mas, tapi bahasa Jawa:
    PILIH KUDANAN OPO DIUDANI…. hehehe…

    Wah iya, diajengku Pipit pasti komen soal yang ini…๐Ÿ˜‰
    ======================

  8. mel says:

    jadi inget lagu dangdut ..’madu,,ditangan kananmu…racun ditangan kirimu,,akau tak tahau,,dst” apal..hehhee

    ======================
    :: Wah, sip itu mbak. Perlu tak iringi organ tunggal opo yo?๐Ÿ™‚
    ======================

  9. alpicola says:

    om bush wong jowo to? ternyata eh ternyata

    ======================
    :: Iya mbak. Jos Buz katanya asli dari Klaten.
    *Embuh katanya sapa*๐Ÿ˜‰

    ======================

  10. fesoogle says:

    nggilani tenan..
    keren euy baru tau kalo bush org jawa..lbh mantep lagi kalo suruh pake blangkon “ngesot: + “nyembah” di depan kita

    ======================
    :: Entar tak usulkan ke yang buat klip… suruh bikin yang lebih nggilani lagi…๐Ÿ˜‰
    ======================

  11. Lumiere says:

    jadi keinget pertanyaan ustadz Zainuddin MZ hari minggu kemaren:mrgreen: dimadu atau diracun? ndak mau dua-duanya laaahhhh…

    ======================
    :: Enda bisa… harus pilih salah satu mbak… hehehe…๐Ÿ™‚
    *dah lama ngga nonton Pak Ustadz, kirain dah pensiun*

    ======================

    • Lumiere says:

      yeee… maksa๐Ÿ˜› dikasi duwit aja deh..

      ======================
      :: Enda mau… dikasih mobil aja, biar bisa ikutan drifting di Arab…:mrgreen:
      ======================

  12. Lambang says:

    Berbagi informasi saja. Saya pilihkan yang paling bagus mutu video-nya.
    Ternyata makin banyak orang-orang bocor alus yang sudah enda takut mati lagi.
    Kalau disuruh minum racun, ditenggak juga kalee yah…

    Memacu adrenalin katanya… hehehe… sableng bin edyan tenan…

    [YouTube=http://www.youtube.com/watch?v=bWax-G1AlvA&w=250]

    • m4stono says:

      hehe wong edaaan padahal durung nonton ada juga yg sholat lagi sujud ditabok bokongnya ama makmum….lagi wudhu disumet mercon dll……:mrgreen:

      ======================
      :: Oh iya, ada juga yang mau jadi makmum dijegal sama pengemis… ambruk semua satu barisan…:mrgreen:
      ======================

  13. Fitri says:

    Mas Lambang,

    Tolong cek komentar yang masuk SPAM di blogku. Kalau sudah lihat, tolong sampaikan ke orangnya jangan cari gara-gara dan memperpanjang masalah yang dulu. Saya sudah tidak mau berurusan dengannya lagi, tapi dia masih cari perkara denganku.

    ======================
    :: Duh, dapet kerjaan jadi juru damai.
    Tenang dik, minum madu aja ya, biar agak ademan dikit.
    Gimana kalau nanti tak ajak ke Waterboom, biar lebih adem lagi…๐Ÿ™‚
    *repotnya jadi kakak yang adiknya berantem mulu*

    ======================

    • Fitri says:

      Lebih jelasnya saya kirim lewat email ya? Tolong dibuka…

      ======================
      :: Ocre deyy…
      ======================

    • Fitri says:

      Iya ya…. Sudah saya masukkan di SPAM, jadi komennya tidak bisa masuk lagi.

      Padahal saya sudah berbaik hati menghapus dan melepas moderasi, tapi beginilah balasannya. Makanya saya tidak mau datang ke blognya waktu itu, karena cuma ngajak debat kusir.

      ======================
      :: Ya enda papa-lah dik. Kita kan tidak bisa menerapkan sudut pandang kita kepada orang lain. Wajarlah kalau tiap manusia memiliki sudut pandang masing-masing. Ada yang sudutnya “mlungker-mlungker”, ada yang “pating kruwel”, ada yang melengkung, ada yang lurus…
      Yah, maklumlah… namanya manusia… gudangnya persepsi dan imajinasi yang lurus maupun yang ngawur…๐Ÿ™‚

      ======================

    • lovepassword says:

      : Duh, dapet kerjaan jadi juru damai.
      Tenang dik, minum madu aja ya, biar agak ademan dikit.
      Gimana kalau nanti tak ajak ke Waterboom, biar lebih adem lagiโ€ฆ๐Ÿ™‚
      *repotnya jadi kakak yang adiknya berantem mulu*

      ===> Anggep saja amal mas, biasalah resiko senior itu. ( Hi Hi hi )

  14. Bung Lambang ini kletannya hanya lembut tak edan utk lawan kelamin je. Ketemu lawan kelamin santun banget keknya. Heheh!

    Salam Anget!

    ======================
    :: Hehe… ternyata masuk pengamatan juga yah…
    Terhadap tamu yang baru atau jarang muncul juga santun koq.
    Kecuali kalau udah tahu sama-sama bocor alus, baru lah ikutan ngedan…๐Ÿ™‚

    ======================

    • m4stono says:

      biasalah……lelaki buaya roti……wong ngatemiku imajinasi aja diembat…apalagi betulan……haaalaaah…. podo karo aku….nek komeng neng nggone blog spirit nganggo bahasa mlipit2 lan dowo2 ben ketok pinter…nek komeng neng kene….dowo ning dicampur miyabi :mrgreen:

    • Lambang says:

      Wah hiya… bener tuh…
      KangTono kalau komen di blog Mas Sabdo yak-yak’o koyo priyayi sing welas asih tur alus pakertene. Boso jawane alus tenan.
      Begitu di sini, kelihatan deh aslinya… hehehe… sama-sama bocor alus…:mrgreen:

      • m4stono says:

        wakakakakakak…konangan juga akhirnya…ya memang gitu sih kang…kan prinsipnya kalo sana halus ya saya ladeni halus, kalo kasar ya saya sabar aja…tiap org kan beda2….nah enaknya kalo komeng gak pake unggah ungguh kan keliatan akrab…iso bludas bludus….coba aja sampeyan komeng kek dirumah saya di rumah mas sabdo…apa ya berani?… ya ini kan perlunya memahami psikologi tiap orang yg beda2 jiaaah aku ki muni opo, pesikoloji ki panganan opo to yoooh:mrgreen:

        ======================
        :: Kadang saya suka ngakak sendiri kalau masuk ke tempat blogger ja’im. Tapi ini bukan mas Sabdo lho. (bisa kena plintheng aku)
        Tapi ya itulah menungso… kadang mau batuk aja mesti cari posisi yang paling nggaya dulu… biar kalau ketangkep hidden camera ngga malu-maluin. Pinginnya nggaya mulu… Apalagi kalau jidatnya udah item-item๐Ÿ™‚

        ======================

      • m4stono says:

        mangkanya itu kang, itulah gunanya ngeblog utk berbagi satu sama lain walaupun tidak saling kenal gek2 mas lambang ki tonggoku sing ketoke rodo kenthir jebulane pinter tenan prinsip saya adalah tidak ada guru dan murid, semua sama, mungkin adakalanya terkesan menggurui tetapi biasanya diakhir komeng saya sisipi “wong saya cuman bisa omong thok” di blog2 jaim tsb, supaya yg empunya blog tidak merasa dilangkahi atau terkesan tamu keminter dan juga kalo nanya sesuatu pasti saya akhiri dgn kata2 ‘mohon pencerahannya” atau “mohon pembabarannya” ….hahahahahah tapi jgn diterapkan dirumah saya lho…ntar tak plintheng….ya prinsipnya semua tamu adalah terhormat, menghormati tuan rumah juga terhormat, walaupun komeng pertamaxxx, keduaaaxxx, nais inpo gan….hihihihhihi:mrgreen: boro2 mereka mau mampir kerumah kita dan komeng……

        jan2e aku yo rodo gemes marang wong sing ujug2 teko komeng sak kenane bar kuwi mlayu ra diwoco, ra ngerti po nek nggawe artikel serius ki angel tenan…nek iso tak plintheng, tak plintheng manuke:mrgreen:

    • batjoe says:

      emang nih kalau beda kelamin aja langsung adem, manja-manja gitu hihihih gilani..

      emang jadi kakaknya sejak kapan nih?
      saya aja ndak pernah diangakt-angkat jadi adik angakt..
      padahal udah lama direndem disembur dan digebukin..

      biasa mas MK kalau yang bening2 langsung hatinya luluh lagi hehehe

      kabur…….

      ======================
      :: Wekekek… pada ngiri tuuuhh….
      La mbok diangkat jadi adiknya juga kan enda papa.
      Panggilnya mesti dik atau diajeng. Jangan pat pit aja, emangnye…๐Ÿ™‚

      ======================

      • batjoe says:

        dasar masku ini ..
        lha dia nya aja ndak marah kok dipagil pit.. kan kependekan dari fitri..
        bener tho.. enak tho..

        kalau mau hidup damai banyakin minum kopi kurangin tidur
        whakakakakakakakak…

  15. qarrobin says:

    Kalo dhani ada sangkar madu, kalo (ke)maren kitata(h)u
    pasti telah madu tiga

    ======================
    :: Kalau bung MK emang senengnya serba tiga.๐Ÿ™‚
    ======================

    • m4stono says:

      iya serba tiga….filosofi tiga emang ok punya….trisila, trinitas, tripitaka, triathlon,tritunggal, mungkin anaknya tiga istrinya tiga kali yak:mrgreen:

      ======================
      :: Trimurti, Trikaya Parisudha, trias politica, triastuti, trihapsari, tri in wan, tri sam…๐Ÿ™‚
      ======================

    • Haha!
      Kang Ton niki di dalam sangkar sangat cantik kutengok, tapi di luar sangkar siga jabrig yg cinta kesumat ama Ngatemin. Kan, Kang?

      Salam!

      • m4stono says:

        hus bukan ngatemin tapi ngatemi….beda n bisa beda kelamin lho….apalagi ngantemi….bisa beda lagi mah….:mrgreen:

      • Ah! Itu dia!
        Ngeri aku liatnya!

        Klo “n” nya kow campakkan,
        Dia mental ke tengah bahaya lah.
        Ngatemi bisa ber-revolusi jadi Imetang.
        Kebas, gitu loh!

        Salam!

  16. tomy says:

    kalo istriku jelas nggak mau dimadu

    ======================
    :: Kalau gitu jangan bilang-bilang mas… ๐Ÿ™‚
    *malah ngajarin yang aneh-aneh*

    ======================

  17. Robinson Agus Sihotang says:

    @ Lambang

    mas, salam ketemu di blog anda nih…
    mau mampir saja sekalian minta madu asli ya…. hehehe
    Kapan-kapan saya kasih koment ke blog mas ini ya…
    Shalom..

    ======================
    :: Iya bang RA Sihotang.
    Madunya silahkan diambil dan silahkan mampir kapan saja.
    Selamat ketemu kembali di sini.
    Salam.๐Ÿ™‚

    ======================

  18. maaf boz…
    aku dah mulai nyebarang ke jepham tadi tapi cm nyengol=ngengol dikit kelihatannya terpancing deh…

    maaf ya mas… lagi iseng hehehehehheeh

    ======================
    :: Tuh kan, sifat jahilnya mulai muncul.๐Ÿ™„
    guru kencing berdiri murid kencing jogetan

    ======================

  19. m4stono says:

    hiiiyaaaa komengku mlebu sepam…lali ra menehi buhur cap ambar karo mbah lambang……amiiit mbah…nderek nyepam njih…mugi2 simbah diparingi pepadhang lan jembar kubure…..haks kaaaabuuuuuur๐Ÿ˜†

    ======================
    :: Lha koq jembar kubure tah…๐Ÿ˜‰
    Jembar rejekine lan jembar olehe bebojon ngono lho…

    ======================

    • m4stono says:

      njih pun menawi mekaten simbah kulo dongakke pikantuk garwo enggal ingkang taksih prawan kinyis2 ayune nglangkungi mbak miyabi….aamiiiin…..

      ======================
      :: Sisan karo obat kuwat yo.๐Ÿ˜‰
      Boyok’e wis muni kriyet-kriyet iki… koyo KangTono
      Kan ora enak nek bar nggenjot becak terus semaput lan dirubung poro tonggo teparo… ๐Ÿ™‚

      ======================

  20. Sโ„ขJ says:

    wow wordpress sudah mangkin berkembang๐Ÿ˜Ž

    • Lambang says:

      Eh… Kang Jenang udah muncul lagi,
      Emang terdampar di mana saja selama ini?

      Selamat muncul kembali di dunia maya.๐Ÿ™‚

  21. m4stono says:

    ngatemi = “hoooyeeeee diajeng bisa narsis lageee…iiiih ini pasti doa kang lambang chaaayaaang deh…..akhirnya kang tono sableng mo ngabulin permintaan diajeng ….asik…asiiik…asik…..cekikikikiki”:mrgreen:

    ======================
    :: Wah, diajeng muncul lagi.
    Kirain masih mijetin boyok KangTono yang pegel-pegel…๐Ÿ™‚

    ======================

    • m4stono says:

      ngatemi = “yeee kang lambang bo’ong yah…udah bisa dikomeng tuh….mungkin aja waktu itu mas disqus lagi error…jadi maapin diajeng yach….muuuaaah:mrgreen: ….ssstt boyoknya kang tono dah sembuh akang chayaaaang….diajeng suruh sandaran di papan penggilesan abis itu sembuh dech …cekikikikikik ”

      ======================
      :: Bener koq diajeng. Kemarin ke rumah KangTon, ternyata pintunya ketutup spanduk “Invalid address”. Ya udah, masuk lewat pintu belakang aja…๐Ÿ™‚
      ======================

  22. batjoe says:

    mas lambang kenapa blognya fitri didelete ya?

    ada apa nih…???

    ======================
    :: Wah enda tahu. Coba tak lihatnya…
    ======================

    ======================
    :: Ternyata bener tuh di-delete.
    Coba baca pengumuman di [ sini ].

    ======================

  23. madu adalah salah satu benda surga yg dihadirkan ke dunia.
    Numpang mampir bos, thanks n good luck !

  24. yang-kung says:

    Madu -aslinya bermanfaat bagi kesehatan apa saja,tapi bila sudah mulai di otak-atik timbullah interpretasi yg beraneka ragam:

    -diberi awalan di-“dimadu”->jadi beban masalah klg.
    -diberi awalan me-“memadu”->membuat jadi serasi.
    -diawali kt bulan-“bulan madu”->sungguh2 mengasyikan.
    -ditambah kt mongso-“madu mongso”->makanan yg legit.
    -diawali kt sura-“suramadu”->jembatan kebanggaan Jatim

    Jadilah “madu” yg tulen anda akan lebih perkasa.

    salam rahayu.

  25. Lambang says:

    Wekekek…
    YangKung udah mulai guyonan nih… seneng aku…๐Ÿ˜†

    Yang jembatan Suramadu itu, saking manisnya sampai baut-bautnya dibawa pulang oleh sebagian orang. Di rumah mungkin diemut-emut seharian.

    Salam Rahayu YangKung.

  26. Pakde Cholik says:

    wanita sebaiknya milih dimadu saja, kalau diracun trus mati kan suaminya yg seneng. tapi kalau dimadu kan bisa membalas meracuninya. ha ha ha
    Salam hangat dari Surabaya

    ======================
    :: Ide yang bagus pakde.
    Kayaknya perlu dibaca oleh kaum wanita nih…:mrgreen:

    ======================

  27. Hus!
    Wanita modern dah alert pd madu dan gagah.
    Dia lebih suka dimadui dari pada digagahi.
    Hus!

    Salam!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s