The Oxford Murders

The Oxford Murders
Release Date: 18 January 2008
Award: 5 wins & 5 nominations

Cast:
Elijah Wood sebagai Martin, mahasiswa ilmu filsafat.
John Hurt sebagai Arthur Seldom, professor ilmu filsafat.

Film ini menggunakan berbagai referensi matematika, fisika dan filsafat seperti Wittgenstein’s rule-following paradox, Heisenberg‘s Principle of Uncertainty, Gödel’s Theorem, circles, Vesica Piscis, the possibility of perfect crime, Fermat’s Last Theorem, the Taniyama conjecture, the tetraktys dan Pythagoreans. Ada juga referensi terhadap Butterfly effect.

Scene film dimulai dengan peperangan. Terdengar percakapan antara seorang serdadu yang menggunakan teropong dengan atasannya. “Apa itu?”, tanya sang atasan. “Seorang pria”. “Apa ia mati?” “Tidak pak, ia sedang menulis.” “Ulangi!” “Ia sedang menulis pak. Menulis di sebuah buku catatan”.

Snapshot film kemudian beralih ke ruang kuliah tentang filsafat di Oxford University pada tahun 1993.

“Pria itu tidak gila”, kata sang professor. “Ia bekerja dengan desingan peluru di sekelilingnya karena tak bisa menunda. Isi dari buku itu terlalu penting untuk menulisnya nanti. Ia harus melakukannya saat otaknya mendikte, tanpa bisa meninggalkannya. Apa yang begitu penting hingga ia mau mempertaruhkan nyawanya? Apa yang ia tulis? Yang mencegahnya dari berdiri dan lari seperti yang dilakukan oleh orang lain?”

“Dia menulis buku Tractatus Logico Philosophicus (Risalah Filosofi Logika). Karya filosofi paling berpengaruh di abad 20. Serdadu itu bernama Ludwig Wittgenstein. Pria yang menetapkan batasan kepercayaan dan kebiasaan orang normal. Misteri yang ia coba ungkapkan adalah berikut ini.”

Professor kemudian menggeser papan tulis sehingga terbaca tulisan pada papan di belakangnya:

Can we know the truth?

“Semua pemikir terkenal telah menetapkan satu keyakinan. Sesuatu yang tak bisa disangkal siapapun. Seperti 2 ditambah 2 adalah 4. Untuk menemukan kebenaran itu, Wittgenstein memakai logika matematis. Yang berarti mendapatkan sebuah keyakinan dalam bahasa yang cenderung bebas terhadap dari pola manusia. Ia temukan secara perlahan menggunakan persamaan demi persamaan dengan metoda berstandar tinggi. Hingga akhirnya mencapai kesimpulan yang mengerikan. Tidak ada kebenaran mutlak di luar matematika. Tak ada satu carapun yang bisa temukan kebenaran mutlak, dan suatu argumen tak terbantahkan yang bisa membantu menjawab pertanyaan umat manusia. Dengan begitu filosofi telah mati. Karena dimana kita tak bisa berbicara… dengan begitu kita harus berdiam diri.”

Seorang siswa (Martin) yang menjadi tokoh sentral dalam film ini kemudian bertanya, “Aku percaya pada angka Pi (3.14159). Dalam golden section. Urutan Fibonacci. Inti dari alam bersifat matematis. Ada arti tersembunyi dibalik kenyataan. Hal yang teratur mengikuti modelnya. Sebuah skema, sebuah urutan logis. Bahkan butiran salju juga memiliki basis angka-angka pada strukturnya. Karena itu, jika kita berhasil menemukan arti tersembunyi dari angka-angka, kita akan mengetahui arti tersembunyi dari kenyataan.”

Sang professor kemudian menjawab, “Kita dapati diri kita dalam pembelaan matematika yang segar dan bersemangat yang seolah-olah angka-angka itu juga merupakan ide nyata dalam kehidupan. Lagipula ini bukan hal baru. Karena manusia tak bisa menyatukan pikiran dan benda. Ia berusaha untuk merubah beberapa perbedaan dalam pemikiran. Karena ini tak bisa menerima konsep bahwa abstrak murni hanya ada di benak kita. Keindahan dan harmoni dari butiran salju. Indah sekali.
Kupu-kupu yang kepakkan sayapnya dan menyebabkan badai di belahan dunia yang lain. Kita sudah mendengar tentang kupu-kupu itu selama berabad-abad. Tapi siapa yang bisa menduga sebuah badai? Tak seorangpun! Katakan padaku!
Dimana keindahan dan harmoni dari kanker? Apa yang membuat sebuah sel tiba-tiba memutuskan merubah dirinya menjadi tumor ganas pembunuh dan menghancurkan sel-sel lainnya di dalam tubuh yang sehat? Ada yang tahu? Nah, karena kita lebih suka berpikir soal salju dan kupu-kupu dan penderitaan. Perang… Atau buku itu… Kenapa?
Karena kita harus berpikir bahwa hidup memiliki arti. Tapi semuanya terjadi karena logika dan bukan karena kebetulan. Jika kutulis 2 dan 4 dan 6, maka kita sudah tahu berikutnya pasti 8. Kita bisa menduganya. Kita bukan dalam genggaman takdir. Sayangnya, bagaimanapun hal ini tak ada sangkut pautnya dengan kebenaran. Apakah Anda setuju? Ini hanyalah rasa takut… menyedihkan… Begitulah…”

Kisah lanjutannya lumayan menarik. Kalau penasaran silahkan cari DVD film itu.

Dikemas oleh: Lambang (LambangMH.wordpress.com)
Sumber: Original film
Gambar: http://www.theoxfordmurders.co.uk

About Lambang MH

Pengamat kehidupan, pengamat kemanusiaan, pengamat spiritual, pengamat teknologi dan pengamat segala macam yang bisa diamati.
This entry was posted in Filsafat, Informasi, Renungan and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

32 Responses to The Oxford Murders

  1. Lambang says:

    Zzzzzz…. Zzzzzz…

    • m4stono says:

      kang…kang…tangi…aku njaluk DVD bajakane sing apik….biasane sing mbajak ra genah…ono sing ngrekam nang bioskop karo miring2 lan ketok penontone karo ngguyu cekakakan…:mrgreen:

      ======================
      :: Temenku ada yang mau ke Jogya. Tak titipin dia po? Tapi di email alamatnya, biar diantar ke sana.🙂
      ======================

      • TukiPon says:

        Jare Kang Lambang Kon Ngunduh dewe karo ojo lali takon karo Mbah gugle sek… ben di sranani nah mengko nak ono sing njengat, nyekluer miring, ono sing lurus barang pileme hehehehe

  2. batjoe says:

    whakakakakak
    turu mane iki masku…
    jago nonton juga tho? jangan2 koleksi miyabinya akeh yo..
    minta sebagi award nih hahahahhah

    ======================
    :: Lumayan banyak sih. Tapi kata pak Ustadz, kita tidak boleh berbagi kesesatan yang nyata….😆
    ======================

  3. Lambang says:

    Na! Dah seger. Tidur mulu.
    Ini pilem original hasil sewa di Video One. Gambarnya bening. Kelihatan sunsumnya.

    Udah saya kopi di hard disk, tapi ukurannya 4.2 GB. Kalau mau di-email, kali seminggu yah baru selesai.
    Saya biasanya ngopy pakai Nero lalu di-save ke Image Recorder. Terus play-nya pakai KMPlayer atau VLC Media Player yang ada di menu “Download” di atas itu.

    Very Recommended… *halah, kek pengamat pilem aja*

    Sekarang di Jakarta malah ada yang jual harddisk baru, harga standard, tapi 100GB diisi dengan X-Rated berbagai gaya. Terobosan baru memang… walaupun ngeres dan rawan fatwa…🙂

    • m4stono says:

      walah kalo saya imel maka seratan tanpo wujudnya jadi batal….hihihihihihi…kalo saya biasanya pake media playernya k-lite…yaaa biasa2 sih tapi cukup performance…kadang2 pake realplayer….kalo donlot yg 4 giga itu bisa bbrp dina dipanjer diwarnet…haalaah…. ,del>ning sik 100 giga kuwi nek sampeyan nyetok tak kontak wis via imel…pingin ndelok gaya2 sing nyleneh2:mrgreen:

      ======================
      :: Wekekekk… yang 100 GB itu… lha seratan tanpo wujud rak jadi batal kalau tak kirim via paket.
      “Tidak boleh berbagi kesesatan”, katanya…😆

      ======================

      • m4stono says:

        iya ding jadi batal ntar…hihihihihi…yo wis ra sido….kalo ini bukan berbagi kesesatan mas tapi berbagi informasi…hardisknya gak salah…yg salah yg nonton ama yg jual…..mas kuwi hardiske model SATA opo ATA yo…kompie ku wis SATA je….nek SATA…seratan tanpo rupanya batal gak popo wis….halaaah mumpung bocore kumat :mrgreen:

        ======================
        :: Hihihi… seneng aku ono wong penasaran…
        Bebas koq bisa pesen apa aja, mau SATA, mau ATA, mau IDE, mau external harddisk… pokoke dikopiin sekitar 100GB itu, asal harddisknya beli ke dia…😆

        ======================

      • m4stono says:

        wakakakakak…podo2 bocor aluse gampang nyambunge….:mrgreen: walah kalo yg gitu2an stop dulu keknya…ntar artikel wedatamanya gak kelar2 malah ngurusin mbak miyabi nek aku biasane donlot langsung nang situs tube langsung ae malah kepenak kaaabuuuuurrrr ndak diplintheng hihihi :mrgreen:

      • m4stono says:

        yo wis balik maning nang leptop……

        karena saya jarang nongton pilem ato sinetron maka referensi pilem saya juga sedikit…..dulu pernah suka nonton pilem seri di RCTI setiap selasa malam jam setengah sepuluhan judulnya “millenium” itu asli bagus….yg dibintangi lance henrikssen….karena pada waktu itu belum mengenal yg namanya illuminati ato freemansory maka masih menarik juga dgn refrensi dajjal ala bukunya moh isa dawud….pada intinya sama bahwa dunia ini sudah direkayasa dan dikendalikan suatu kekuatan yg tak tampak dan besar yg mengendalikan teknologi, kebudayaan dan informasi……jaka sembung bawa golok, nyambung pora sih…

        salahe dhewe cerito ono hardisk isine xrated, mulane ojo mancing2 wong bocor alus nganggo sing weleh2 mengko ndak aku tansoyo byayakan:mrgreen:

        ======================
        :: Nah. Jaka sembung bakar kertas, ga nyambung babar blazz.
        Saya tadinya pingin survey tentang perilaku. *halah*
        Gimana ya tanggapan teman-teman kalau dikasih berita tentang hard disk yang X-Rated. Apakah masih ja’im atau tidak….😆
        Ternyata ada lho responden yang penasaran banget

        ======================

  4. Fitri says:

    Mas Lambang cemburu nih gara-gara email yang itu tuh….

    ======================
    :: Hihihi… kalau yang ini emailnya masih normal koq…🙂
    ======================

  5. Fitri says:

    Masih cemburu enggak?

    Canda kok. Cosmicboy itu teman saya sama seperti dhammaduta. Tapi orangnya asik, kita tiap hari saling kirim email. Hanya bercerita tentang kehidupan sosial di Malaysia dan di Indonesia.

    Oh, ya mas Lambang. Saya sekarang ini sibuk jadi banyak juga komen di blog’s fietria yang tidak sempat saya reply. Menurut saya Barack Obama agak sedikit kekanakan karena artikel yang komennya tidak saya jawab dianggap tidak bisa diskusi.

    ======================
    :: Oh ya… enda papa,. Cosmic yang ABG pake topi itu khan?

    Dunia blogging kan mirip dengan dunia beneran, bedanya hanya bisa anonim gitu saja. Ada yang aneh, ada yang kasar, ada yang emosional, ada yang bijak dan santun seperti saya ini *haiyah*. Wajar saja dik, anggap saja itulah bunga kehidupan.
    BTW, diberesin dulu wisudanya yah… terus kerja… terus married… terus momong bocah sama momong bapaknya…🙂

    ======================

    • batjoe says:

      yee..
      muji diri sendiri nih…
      boong tuh fit?
      mas lambang tuh emang cemburuannya gede dan suka usil dan jahil..

      kabuuuurrrrr….
      salam kangen mas lambang..

  6. lovepassword says:

    Wah ternyata ada yang cemburu. Hi Hi Hi. bagaimana kalo dua orang cemburu saling nonton filem bareng

    ======================
    :: Hehe… cuma godain dik Fitri aja koq…🙂
    ======================

    • m4stono says:

      iya betul mimang kang lambang cuman godain…gak lebih kok wong aku aja digodain kok…apa nggak nggilani tenan:mrgreen:

      ======================
      :: Hiya.. nggilani tenan. Emangnya Nur Emtop.🙂
      ======================

  7. lovepassword says:

    Untung aku nggak ikutan digodain.😀

  8. Lambang says:

    Hihihi… ngumpet ah… dikeroyokin sesama anggota klub jahil-liyah.🙂

    • m4stono says:

      ngomong2 soal bocor alus…keknya orang ini pas jadi pimpinan bocor alus kita hihihi :mrgreen:

      • m4stono says:

        weks salah ngasih link…hihihi…jadi ketahuan sering ngasngus….linknya disini pas bgt ini orang utk jadi pimpinan himpunan penghayat bocor alus indonesia……

        sakjane arep tak tulis islamabangan ra tegel aku…ndak bocahe umpetan maning…:mrgreen:

  9. Lambang says:

    Sebetulnya saya sepaham dengan Ulil Abshar-Abdalla. Anggaplah dia itu Islam Moderat, Islam Kontemporer atau Islam Liberal. Tapi penganut aliran ini tidak banyak di Indonesia dan banyak yang mengkafirkannya. Lebih banyak yang ada di Turki dan daerah Barat sana.
    Nah, daripada bermusuhan dengan sesama pemeluk Islam hanya gara-gara pemahaman yang berbeda, ya lebih baik saya menggunakan nama Islam Abangan. Islam KTP. Islam yang pas-pasan, ngga becus, ngga Islami. Ini lebih enak. Pasti Islam yang lain akan merasa lebih ngerti dan lebih hebat, karena saya sudah mengklaim diri bahwa saya pas-pasan dan ngga becus. Padahal nanti siapa yang terselamatkan juga masih belum jelas. Ada firman yang mengatakan bahwa “tidak akan masuk surga manusia yang memiliki kesombongan walaupun hanya sebesar biji zarrah”. Ini artinya tidak ada satupun manusia yang selamat. Jelas paradox, tapi ya begitulah…

    Toh semua kajian Islam lebih banyak mengarah ke persepsi dan imajinasi setiap pemeluk maupun gurunya. Termasuk persepsi gurunya Nurdin Emtop itu. Semua debat kusir tentang Islam selalu bermuara pada perbedaan pemahaman yang hanya berupa persepsi dan imajinasi itu.

    Walah, koq jadi panjang lebar.
    Jadi maksute KangTono, Ulil itu cocok jadi pimpinan bocor alus gitu Kang?🙂

    • m4stono says:

      iyak betul sekali kangmas……cucok sekali untuk melengkapi pemahaman2 kita yg sudah bolong2 alus ra ketoro ujug2 kempes ngono wae……..

      ya saya tidak menyalahkan pemahaman dia akan islam, karena keberadaan islam lib itu kalo menurut penerawangan saya…haalaah…itu karena reaksi dari adanya islam fundamental spt mas wahabi, kang salafy dkk….seperti yg biasa kita ucapkan “agamanya tidak salah yg salah yg berniat jahat dan diiringi dengan kesalahan pemahaman serta sudut pandang” jan2e aku tau ngomong ngene gak sih….ya bagus2 aja sih pemahaman dia cuman kalo saya pribadi semua itu harus ada patokannya yg tidak boleh diubah sama sekali yaitu rukun iman dan rukun islam, terserah memahami kedua rukun ini bagaimana, saya juga yg menjunjung tinggi asas kebebasan berpikir cuman kalo sampai sebebas bebasnya bisa bahaya, harus ada tali kekangnya……..

      tapi prinsip dasarnya dari semua pemahaman adalah jgn sampai sombong dan mengaku aku paling benar dan tak lupa berdoa kepada Gusti Sang Hyang Manon agar selalu diberi petunjuk akan kebenaran sejati, dengan begitu maka kita akan selalu introspeksi diri “looking inside for looking outside” haaalaah kamilondonen

      apike si ulil langsung dibaiat wae yo kang dadi ketuane bocor alus:mrgreen:

    • lovepassword says:

      Lha wong Ulil itu mau nyalon jadi bosnya NU lho. Lha apa mau dia diangkat jadi bos para jahil-iyah bocor alus ?🙂 Apa nggak malah turun derajat dianya itu ?
      =================================================
      Katanya, “Mas Ulil, gimana kita bisa beriman dengan benar kalau kita tidak yakin bahwa agama kita adalah agama yang paling benar?”

      Tak pikir-pikir, bener ituh. Ulil yang salah nulis. Harusnya dia nulis, “Kita boleh menganggap agama kita itu paling benar, tapi jangan memaksakan kebenaran yang kita yakini itu kepada orang lain, karena itu akan merupakan kesombongan tersendiri.”

      ===> Lha itu memang agak nggak klop, tapi kabarnya di TV baru2 ini sewaktu dia sudah nyalon pemimpin NU, maksudnya dia aslinya yah yang dibawah. Hanya saja ucapannya memang disengaja dibuat bombastis gitu karena segmennya adalah kelompok2 yang keras. Yah karena dia juga lagi jengkel kabarnya dia dikeroyok ( dalam konteks diskusi ). Entah memang gitu apa ini gaya ngelesnya Ulil saja🙂😀

      Sebenarnya aku sih memang lebih setuju setiap agama saling menghormati tetapi tanpa mengorbankan keunikan dan identitas masing-masing agama. Agama itu memang punya sisi sama tetapi juga punya sisi beda. Begitu juga bukannya selalui beda. Pasti ada juga yang sama.

      Menghargai perbedaan itu bukan lalu diidentikkan dengan harus diseragamkan atau dibuat sama

  10. Lambang says:

    Ada komen di JIL itu yang cukup bagus.

    Katanya, “Mas Ulil, gimana kita bisa beriman dengan benar kalau kita tidak yakin bahwa agama kita adalah agama yang paling benar?”

    Tak pikir-pikir, bener ituh. Ulil yang salah nulis. Harusnya dia nulis, “Kita boleh menganggap agama kita itu paling benar, tapi jangan memaksakan kebenaran yang kita yakini itu kepada orang lain, karena itu akan merupakan kesombongan tersendiri.”

    Rukun iman tampaknya banyak dilanggar. Di satu sisi kita wajib mengakui Nabi Isa dan Injilnya. Di sisi lain, kita meragukan keabsahan Injil, membantah paham trinitas, melarang pembangunan gereja dan tidak boleh mengucapkan Selamat Natal. Termasuk sebagian aliran keras yang menganggap Non-Muslim itu kafir. Paradoks lagi jadinya…

    Tapi saya paling cocok dengan kalimat Ulil yang ini: “Lima, doktrin bahwa kesalehan ritual lebih unggul ketimbang kesalehan sosial.” Ini sejenis dengan slang-nya Cak Nun yang mengatakan, “Mosok Gusti Allah ndeso gitu, nyuruh kita diem nunggu saat sholat Jum’at tiba padahal di jalan ada orang kejet-kejet ketabrak mobil dan butuh pertolongan.”

    • m4stono says:

      yah namanya orang kan gak ada yg sempurna kang…..jujur saja saya adalah salah satu pengagum ulil dalam hal2 tertentu, tapi juga tidak sepaham dgn semua ide beliau, tentu saja sebagai umat islam kita percaya belum yakin kalo agama kita paling benar, mengapa kok belum yakin karena yakin itu butuh kesaksian walaupun kesaksian itu tidak harus dirasakan dengan indera kita, sedangkan apabila sudah terlanjur yakin tanpa kesaksian alias diyakin yakinkan maka jadi terlalu pede dan gampang menyalahkan orang lain yg tidak sepaham…nah balik maning nang sombong to…bagi saya semua itu berproses, kita tidak bisa mengklaim bahwa pemahaman kita sudah final walaupun sudah makrifat sekalipun, tapi memang semakin baik keimanan kita maka semakin luas pula sudut pandang kita jadi penilaian jadi lebih obyektip walaupun mingsih subyektip juga:mrgreen:

      memang bener kata sampeyan apapun ritual dan kepercayaan yg dianutnya maka kita tidak bisa memaksakan kehendak atas keyakinan kita kepada orang lain….saya kira itu adalah salah satu landasan kita utk selalu berproses dan dijalan yg menuju kebenaran sejati…..:mrgreen:

  11. batjoe says:

    wah makin tinggi aja ilmunya mas lambang mulai ada arah blognya..

    maju lagi mas lambang…

    ======================
    :: Halah… ini kan pinter-pinternya orang keminter biar kelihatan pinter, padahal aslinya dah bocor semua… paling-paling entar mendadak kempes aja… minum obat lagi… kembung lagi… hehehe…🙂
    ======================

  12. batjoe says:

    maa mas-masku…
    speddyku kacau balau, udah dilaporkan tapi tetap aja malah ngak bisa keluar justru anti virusnya yang semakin merajalela di komputerku..

    piye iki kang malah ndak bisa ngapa-ngapain aku

    ======================
    :: Na! Kalau gitu tidur bermutu aja (niru KangTono)… ngga boleh pakai menguap… siapa tahu bisa ketemu hihihi…🙂
    ======================

    • m4stono says:

      emang saya pernah tidur yg bermutu yah….cucian deh loe…kena tipu…wong saya cuman omdo kok…kalo saya malah bisanya tidur yg bermutung…. :mrgreenj:

  13. batjoe says:

    kalau mau diseriusin dari agama islam aja antara syariat dan hakikat aja masih banyak yang bertentangan…

    kalau diskus agama saya mungkin yang paliang oon kali mas.. banyak ndak ngertinya…
    sedangkan sholat aja masih bolong-bolong hehehehehe

    • m4stono says:

      walah sama mas saya juga mangsih bolong2 ditambal miyabi apalagi diskusi….wong liat orang diskusi aja gemeter…..klo diskusi diblog mangsih mendingan soalnya gak pada liat aku gemeteran sendiri didepan kompie:mrgreen:

    • Lambang says:

      Keknya saya lebih parah lagi. Saya cuma Abangan, Islam KTP, pas-pasan, ngga becus. Boro-boro mau ketemu Tuhan, wong cari guru yang sreg aja susahnya ngaudzubillah…

      • m4stono says:

        saya malah parah lagi….wong nentuin jenis kelamin sendiri aja binun apalagi ngrembug masalah agama :mrgreen: mas lambang kalo mo meguru ke saya siapin mobil, apartemen, dan yg terpenting miyabi meguru dulu ke mas sabdo mas kumitir mas hidayat habis itu datang ke saya…ntar saya tak meguru ke sampeyan…lho aku malah dadi muride sampeyan…elok to malah kebalik…..maklum lah saya cuman bisa ngalamun, makan, tidur …prakteknya malah nol besar…. cuciaaan deh gue 😥

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s