Magic Tricks

magic.jpg Magic dikenal di Indonesia sebagai sulap. Salah satu cabang seni entertaintment dengan menampilkan ilusi yang seolah tidak mungkin, maupun menggunakan berbagai kemampuan supranatural yang tidak pernah diakui secara langsung oleh di pelaku sulap. Pelaku sulap ini dikenal juga dengan nama magicians, illusionist, mentalists, atau ventriloquists.

Dari diskusi dengan beberapa orang yang mendalami fenomena supranatural, saya peroleh kesimpulan bahwa sebagian besar pelaku sulap yang masyhur, sering menggunakan enerji khusus dalam penampilan mereka. Enerji khusus ini bisa dalam bentuk telekinesis, supranatural, maupun bentuk lain yang sudah dikenal selama ini, yaitu ruh, jin dan malaikat.

Di Islam, sulap itu dianggap sebagai sihir, sehingga otomatis tukang sulap dianggap sebagai tukang sihir. *Dalilnya mana heh? Embuh, lagi males nyari.*
Jadi, menonton maupun melakukan sulap itu diharamkan, sesuai dengan Al-An’am ayat 68 dan An-Nisa’ ayat 140, seperti yang disebutkan pada artikel ini. Dua ayat ini tidak menjelaskan secara langsung bahwa sulap – yang kemudian dianalogikan sebagai sihir – itu diharamkan. Mungkin perlu dipahami secara metafora.

Ada yang berpendapat bahwa “Magic doesn’t exist. Only tricks!“, seperti disebutkan pada blog ini. Setuju saja, pendapat orang boleh berbeda-beda. Mas JoeSatch juga pernah membahas apakah David Copperfield itu lebih pantas disebut pesulap atau penyihir.

Sebagai bahan renungan, mari kita saksikan video klip berikut ini. Kita lihat apakah ini semua hanya trick atau memang fenomena yang unbelievable.
Khusus untuk yang menganggap bahwa menonton sulap itu diharamkan, mohon agar tidak melanjutkan membuka video ini. Haram! Nanti masuk neraka! Lebih baik baca-baca artikel lainnya yang ada di blog ini.

Most Amazing Illusion

Change Clothes in Two Seconds

World Most Dangerous Man

Scary Magic (miris, jangan dilihat!)

Dikemas oleh: Lambang (LambangMH.wordpress.com)

About Lambang MH

Pengamat kehidupan, pengamat kemanusiaan, pengamat spiritual, pengamat teknologi dan pengamat segala macam yang bisa diamati.
This entry was posted in Informasi, Renungan and tagged , , , . Bookmark the permalink.

34 Responses to Magic Tricks

  1. Lambang says:

    親愛なる友人、ここでコメントしてください。

  2. Pingback: Mind Reading Revealed – Popular Magic Tricks. | Harley Articles Blog About Everything

  3. m4stono says:

    nais inpoh juragan😀

  4. m4stono says:

    nih tak kasih science mejik…yg seolah olah menentang hukum fisika………..

    • m4stono says:

      muaahahahahahah…makasih kangmas dah di resize…..padahal dah tak resize jadi ukuran 80×63 tapi si komeng gak suprot ya udah……

      ======================
      :: Komennya support Kang. Contohnya yang saya pasang di blog Mas Tommy (lebar 200). Pokok’e dibagian paling belakang, harus ditambahin &w=200, &w=250, atau &w=300 sebelum tanda ]. Ini saya pakai &w=300. Tingginya ngga usah diatur, otomatis akan menyesuaikan secara proporsional. Jadi kelihatan lebih manizz khan…😆
      ======================

      • m4stono says:

        wuaaaah pak profesor lambang pancen jos gandos tenan…..ijinkan saya meguru ke panjenengan menjadi adiknya mas batjoe, mas MK, mbak fitri, mas samin, mas oleng dll

  5. S™J says:

    mongsok pake ruh? wong ruh itu katanya kan udah kenal Tuhan sejak awal. definisi sihir sendiri blom baku kayaknya. ada yg bilang sihir itu pada dasarnya ilusi, tidak nyata, ngapusi. model tipuan yg bisa membuat orang mengartikan suatu realitas secara keliru.

    secara sepesifik: hipnotis – untuk tujuan tertentu menurut saya cenderung sihir karena menciptakan kesadaran palsu, ilusi, ngapusi. kalo untuk mengobati trauma masa lalu misalnya, saya setuju saja.
    😎

    ======================
    :: Lha saya nyari bahasa Indonesianya “spirit” enda ketemu. Mau pakai “jiwa” ngga cocok. Terpaksa pakai kata “ruh”…🙂
    ======================

    • m4stono says:

      lha ini kalo dari hulu sudah menafsirkan salah ya ntah gimana jadinya di hilir……sori lho kang bukan nyindir sampeyan:mrgreen: kita kan satu aliran dilarang saling mendahului….tapi kebanyakan ulama2 kita itu hanya melihat dari kacamata awam……pepatah bilang *halaah* “tanyakanlah sesuatu kepada ahlinya” berhub si ahli sulap gak mau njawab rahasia sulapnya maka dibuatlah praduga2, ini pake jin lah, pake ipritlah…dan pake2 lainnya…padahal menurut saya ini hanya trik belaka…..perlu diingat bahwa teknologi yg beredar dipasaran saat ini adalah teknologi intelegen yg sudah kedaluwarsa….bisa jadi si depit koperpil itu mabur pake teknologi yg kita ndak ketahui…justru si depit itu seneng kalo dibilang seorang penyihir……

      lalu definisi sihir itu apa??? kalo menurut pendapat2 ulama yg berkembang saat ini definisinya kurang lebih gini “tipuan2 atau ilusi2 dgn menggunakan bantuan jin/setan” gimana kalo bantuan jin tapi ndak tipuan ato tipuan tapi gak pake jin…lalu definisi jin itu apa??? bahkan bayi dikandungan itu namanya janin asal kata jin…jin itu mengacu ke “makhluk asing” jadi kalo ada anak londo menjadi tetangga kita bisa kita sebut “anak jin”:mrgreen:

      jika definisi jin aja blom sepakat…apalagi definisi khodam, malaikat, manusia dan tuhan:mrgreen: blom lagi hantu, arwah, gendruwo, angga inggi, kalur dampit, banaspati, santri gundul pringis dll…piye jal lagi mbayangin muka si kang gundul sedang mringis kayak gini:mrgreen:

      • Emo says:

        hiehehehe… nek ini saya komengnya nggak panjang-panjang cukup satu kalimat *Sarujuk alias setuju*…
        walah bulane nek di toatal yo dowo ya lebih dari 7 karakter… ayo di etung bener nggak sampe 7 karakter😀

      • m4stono says:

        lirik atas🙄 mas emo ini kok kayak klonengannya mas tukipon sama mas oleng…..ntar jangan2 pake nick “tukileng” “empon” “omo” “tukimo” gothak gathik gathuk dadi mathuk banjur manthuk manthuk:mrgreen: mlayu sik nggowo sendale mas emo karo nggandol becak……….😆

        ======================
        :: Jelas ini klonengan mas Tukipon atau mas Oleng. Gaya tulisannya sama sih…🙂
        ======================

      • Lambang says:

        Lha kalau janin asalnya dari kata jin, ini yang masih belum jelas buat saya. *dalilnya mana*

        Mungkin juga si pesulap itu pakai tipuan.
        *jadi bener dong blog yang bilang magic is only a trick*

        Hmm… gimana kalau kita sebut pesulap itu para penipu.
        *kalau pejabat bisa ngga disebut pesulap*

      • Omo says:

        Kang ojo mlayu sek Kang… Sandale jepit di tinggal kang padahal sandale kiwes pedot arep tok nggo ngopo to Kang?… wah hemmm ciloko tenan ki… bulane Kang Tono open banget… gegek yo wis duwe roso “dumuwe” “Titen” ya… kaya Kang SaptaWS…

      • m4stono says:

        lha itu kan cuman struktur bahasa arab kek gicu kang….btw kata jin itu sebelum islam masuk dah ada…bahkan jauh2 itu org arab jahiliyah menganggap kalo ada benda2/hal2 yg aneh dibilang “pasti ada jinnya nih” oya contoh struktur bahas arab ben ketok pinter padahal ra ngerti blas nur itu artinya cahaya…kalo munawar jadi penuh cahaya…padahal antara nur dan munawar keknya gak nyambung blas padahal munawar itu asal katanya ya nur…..mungkin menyikapi para pesulap itu kita berangkat dari logika dulu sebelum masuk ke ranah supra…kan malu tiwas di fatwakan “pake jin kapir” eehh tak tahunya ketika si pesulap itu membocorkan ilmunya cuman pake trik tok:mrgreen:

        @mas omo, emo, tukipon, oleng, tukileng, empon, tukimo dll:mrgreen:

        nyoh sendalmu tak balekke…ra sido tak colong…mergane selen sing kiwo abang sing tengen biru…sisuk meneh nggowo sendal merek ‘fila” opo “yongky komaladi” yo kang…ojo sendal jepit klomoh meh petil selen pisan:mrgreen:

        ======================
        :: Wekekekk… sendal jepit klomoh koq yo sik dienggo…😆
        ======================

      • Emo says:

        Waduh… nek iki Kang Tono wes tau nginjen… lha wong sampe sandal barang ngerti… opo yo wes tau Tok Colong Kang sandalku sing “YK”?… Kang Tak Omongi yo, Neng ojo omong-omong ndak dikiro Tidak Cinta Produk Dalam Negeri… Sendal sing “YK” iku kado seko Adhiku… Sesok meneh di Colong Ya…😉 Nek sing “Fila” durung nduwe, mergane durung entuk utangan… arep ngutangi po Kang?😀 … opo Aku di kirimi yo jelaasss ora Nolak Wes… walah akhirnya golek gratisan… hehehehe

      • Emo says:

        Oh iyo… Kang sendal jepit sing meh pedot iku pe’en kang… arep tok sambung yo karepmu arep tok pedot sisan yo karepmu… aku tak klumpuk-klumpuk nggo tuku sing anyar…

      • S™J says:

        padahal ulama artinya pakar ya… wong pakar kok senengnya berasumsi.:mrgreen:

        kalo mau menilai orang pake jin/setan dsb ya emang harus bisa liat dulu dunia jin/setan. menghakimi orang lain pake asumsi kan gawat… orang dibakar idup2 karena asumsi… gawat

        ======================
        :: Setuju Kang. Semua kan hanya persepsi dan ilusi *halah* :mrgreen:
        ======================

    • S™J says:

      spirit, kalo dari beberapa kalimat basa inggris yg pernah saya baca, padanan bahasa indonesia lebih dekat ke arwah.

      ======================
      :: Bisa juga Kang. Tapi kalau saya pakai “arwah”, pengertiannya jadi mirip juga dengan “ruh”. Kalau pakai kata “makhluk halus” gimana?🙂
      ======================

  6. batjoe says:

    mantapzzzzzz….

  7. batjoe says:

    yang haram bukan sulapnya tapi yang wedo-wedonya hihihihihihihi

    ======================
    :: Hihihi… kalau cuman seperti itu, di TV banyak…🙂
    ======================

  8. batjoe says:

    untuk kebeningan mungkin belum mas lambang tapi untuk fresh setiap pagi udah terlihat tidak seperti sebelumnya….
    terima kasih mas lambang…

    ======================
    :: Sip mas. Silakan dilanjut kalau bermanfaat.🙂
    ======================

  9. G3mbel says:

    “Magic doesn’t exist. Only tricks!“,

    .
    orang bisa saja memanipulasi kenyataan ( kenyataan fisis, kenyataan yang sebenarnya ilusi ) sebab pada umumnya orang hidup dalam ilusi bukan kenyataan tapi percayaalah bahwa siapapun orangnya tidak akan mampu memanipulasi realitas yang sebenar-benarnya nyata.
    .
    ada orang bilang bahwa sejujur-jujurnya orang jujur itu, ia sudah tak mampu lagi berbohong apa lagi dibohongi. Jadi… , jadilah orang jujur sebab bagi orang jujur , tak perlu lagi repot2 mencari kebenaran sebab bagi orang jujur justru kebenaranlah yang slalu datang menghampiri:mrgreen:
    .
    tapi begitulah kenyataannya, di negeri kita tercinta indonesia orang jujur itu alamat slalu menderita atau mati muda.
    .
    pertanyaannya : “branikah anda jadi orang jujur…?”:mrgreen: 😆

    ======================
    :: Lha dengan modal jujur saja malah hidupnya jadi nelongso. Mau ngandalin doa ngga dikobul-kobul. Akhirnya hidup dengan ngenes dan mati muda karena stress, ternyata tuntunan dan realitas berbeda jauh.🙂
    ======================

  10. sikapsamin says:

    Nek aku, sulap sing paling josss manjur ya SINYOKU (bukan ikut2an iklan lho),
    Sampai sekarang mungkin masih banyak babu2 yang masih patuh menggunakan panggilan “SINYOKU” utk anak majikan etnis-asing. Selang beberapa generasi, anak/cucu babu memanggil anak/cucu Majikan, tetap (hrs) SINYOKU.
    Itulah makanya Anggodo/Anggoro…sedemikian sakti

    Karena Sihirnya Sakti… Disiarkan berulang kali diberbagai TV utk brain-washing agar tetap dipatuhi generasi demi generasi

    Salam…SINYO

    ======================
    :: Generasi SINYOKU itu dari dulu sudah terkenal sebagai penyuap, bukan penyulap. Secara statistik bisa dilihat para bandar narkoba, judi, germo, pemalsu uang, penyuap pejabat, pengimpor limbah, pembajak video/audio, penyelundup, pengembat Bank itu dari generasi mana.
    Sihir mereka memang sakti, karena banyak orang yang mendadak jadi buto ijo begitu melihat duwit. 🙂

    ======================

  11. G3mbel says:

    oooh lagi bicara soal para ulama yang shaleh dan suci yang begitu rajinnya bersabda itu haram… ! , itu haram… !, itu hayaam…. !, tapi yang ini neukmaaat tenaaan ( katanya ini bisikan gaib dalam hati ):mrgreen:
    .
    demikianlah mas ber wudhu tiap hari pun bukan satu jaminan bahwa penglihatan itu semakin jernih malah justru ada kecendrungan semakin buram.😀

    • batjoe says:

      setuju mas gembel dialenia terakhir..
      muka di basuh air whudu cm sebagi kedok dan kenikmatan untuk nyulap halal jadi haram sudah bukan barang baru lagi…
      salam kenal mas gembel…

  12. Lambang says:

    Mungkin sudah waktunya kita menyikapi agama dan keyakinan secara lebih bijak. Harus diselaraskan antara ajaran dan perilaku yang diharapkan bisa menjadi hasil dari ajaran tersebut. Untuk apa kita selalu berpolemik tentang dosa dan haram, padahal ada kesan menghakimi orang lain dibalik ungkapan tersebut.

    Sejarah sudah membuktikan bahwa sekedar menjalankan perintahNya dan menghindarkan laranganNya, tidak berhasil membentuk manusia menjadi sosok yang berbudi luhur, rendah hati, penuh empati dan berbahagia lahir dan bathin. Ada langkah spiritual lain yang harus dijalani melalui pemikiran dan perenungan.

    Mudah-mudahan pernyataan ini tidak dianggap sebagai tipuan setan yang sedemikian halus dan canggih, dalam rangka menjerumuskan umat manusia ke lembah kenistaan.

    Bukankah setan itu sudah mengalir bersama darah dan sudah terjadi secara turun temurun sejak jaman Nabi Adam?
    Ref: Sesungguhnya setan itu mengalir dalam diri manusia pada aliran darahnya, dan sesungguhnya aku takut setan memasukkan sesuatu kepada diri kalian berdua.” (HR. Bukhari dari ‘Ali bin Husain)

  13. Oleng says:

    Topss… markotop… Kang Lambang akhirnya membuka sedikit tabir tentang Sangkan paraning dumadi… tapi Ojo kebablasen yo Kang… soale okeh manungso sing do durung paham ning rumangsa ngerti dadine yo dokemlinthi, Rumangsa bener dewe neng dasar yang dimiliki emboh aku ora ngerti… lha akhire kalo di kasih alibi yang sedikit berbeda padahal bahasanya aja yang beda ning intinya sama… eee langsung Esmosi dan mengandalkan nafsunya terus mengkapirkan, membidahkan, menyesatkan… lha aku tak takon genti opo manungso sing do ngono kuwi wes bener di Mata Tuhan, baik secara prilaku, Akhlaq dan ke Imananya?… Apa yaaa musti masuk surga semua orang yang kayak gitu(semuci suci dan golek benere dewe)?… lha wong jelas-jelas yang ada di bumi ini merupakan Ciptaanya dan kehendaknya, ning kok perilakune kok seolah-olah malah nyaingi Tuhan… padahal nek di gateke meng beda bahasa atau ungkapan/istilah sing di nggo wes marake rame… Emang Agama di turunkan untuk kanibalisme ya?… bukankah Agama (apapun nama Agamanya) di turunkan ke muka bumi pada intinya adalah untuk mengatur prilaku setiap manusia supaya tidak lepas kontrol…
    lha terus kalo sekarang Agama di gunakan sebagai kedok untuk meraih harta, tahta/kekuasaan dan kepusan duniawi lainya kira-kira gimana ya? lalu kenapa orang yang merasa dirinya sudah merasa suci, paling benar dan merasa bakal masuk surga tidak menegur ke pada manusia yang telah berbuat dan menggunakan kedok Agama untuk meraih harta, tahta/kekuasaan dan kepusan duniawi lainya?… ya mari kita merenung bersama di dalam relung lubuk Hati Nurani kita Masing-masing… dan jawablah di dalam kedirian diri kita masing-masing…
    ehh iki mengko dianggap menyesatkan ora yooo… kalo begitu yaa… mohon maaf sebelumnya… sebab saya hanya seekor cacing yang hidup di dasar lumpur yang berbau busuk.

    ======================
    :: Wee… gitu tah… membuka tabir sangkan paraning dumadi? Saya malah enda ngerti. Wong saya ini cubluk, kemaki, kemlinthi, keminter… bisanya cuman search di Google, Wiki sama YouTube, terus buat artikel…:mrgreen:
    ======================

    • Oleng says:

      Lho itu Kang Lambang malah lebih pinter buktinya bisa buat artikel segala… entah sumbernya dari mana yang jelas bisa buat artikel… beda dengan saya yang cuma longa-longo thok… Jadi ya lebih cubluk dari Kang Lambang Gitu😀

  14. m4stono says:

    …..sebab saya hanya seekor cacing yang hidup di dasar lumpur yang berbau busuk.

    ==========================

    wee lha dalah…jebul mas oleng/tukipon/emo/omo ki seh siti jenar to…..ampuuun mbah aku ojo di sepatani….kulo nyuwun gunging pangaksami sampun sembrono kaliyan panjenengan…..sepurana aku mbah wis kemlinthi keminter kemaki kemlothak…..jebul panjenengan piyambak sampun kerso mandhap teng arcapada mriki saking alam sunyaruri maringi piwulang bab manunggaling kawulo gusti…..

    mbah…mbah..jenar….kok panjenengan saiki gaul men to mbah…nganggo sendal YK…ojok2 sampeyan yo numpak mobil mercy kinyis2 to nganggo kocomoto ireng koyo MIB…:mrgreen:

  15. Oleng says:

    weladalah… Kang saya itu bukan Siti Jenar kang… mentang-mentang saya pake nama Oleng/Cacing terus di hubung-hubungkan dengan Siti jenar… saya itu bener-bener masih bodho longa-longo koyo kebo dan masih nyedot kawruh dari Kang Tono…😀
    Maksud saya dengan kata *sebab saya hanya seekor cacing yang hidup di dasar lumpur yang berbau busuk*. itu bukan bermaksud sebagai Siti Jenar tapi ya memang hidup saya itu bagaikan cacing yang hidup di dasar lumpur yang berbau busuk gitu lhoo kang….😀
    lha kalo masalah mobil mercy walah boro-boro… Wong saya itu kere pitulikur jhee… nggak kuat beli mobil itu… tapi nek mobil plastik sing Rp. 5000,- isih kuwat soale iso utang Kang Tono tur tidak perlu mbaleke…😀

    • Lambang says:

      Tapi kalau ditelen buat obat typhus bisa kan Kang? *emangnya kapsul cacing Vermint*
      Tapi ngomong-ngomong, ternyata ada juga fatwa MUI tentang minum kapsul cacing di situs ini.:mrgreen:

    • Oleng says:

      he..he..he.. berati Oleng/Cacing kena Fatwa ya… Kharam apa halal kang?… soale ada yang mengatakan Kharam ada yang mengatakan halal… Ayo nek menurut Kang Lambang gimana?…😀

      ======================
      :: Pokok’e, yang haram itu yang merugikan diri sendiri, orang lain, bangsa, negara, dunia dan alam semesta. Yang halal ya yang tidak merugikan.🙂
      *fatwa baru, belum di-release*

      ======================

  16. sikapsamin says:

    …Ref.: Sesungguhnya setan itu mengalir dalam diri manusia pada aliran darahnya…

    ===================
    Whaaahhh..?!? DONOR DARAH = DONOR SETAN…
    Ooooo…ssseeerrraaammm

    ======================
    :: Mangkanya jangan jadi pendonor darah mas, nanti turut menularkan setan yang mengalir dalam darah.🙂
    *ngajarin sesat*

    ======================

    • Oleng says:

      Kang SS… Saya Rasa ada yang kurang yang merupakan cirikas Kang SS yaitu Salam di akhir postingan…

      Salam:
      Ooooo…ssseeerrraaammm

      Hihihihihi

      ======================
      :: Salam Osram!🙂
      ======================

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s