Mitigasi Bencana

Em_cycle.jpgMitigasi adalah salah satu bagian dari Emergency Management yang bertujuan untuk mengurangi atau menghilangkan dampak bencana. Strategi mitigasi dapat juga dianggap sebagai bagian dari proses recovery setelah bencana terjadi.

Di Indonesia, tampaknya ranah (domain) ini ditangani oleh lembaga yang dibentuk pada tahun 2005, yaitu Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (disingkat PVMBG). Di website-nya, disebutkan bahwa lembaga ini di dunia internasional lebih dikenal dengan sebutan Volcanological Survey of Indonesia (VSI). Agak aneh memang, dalam pengertiannya VSI cukup berbeda dengan PVMBG yang mencantumkan juga ranah Mitigasi Bencana dalam lingkup kerjanya.

“Lalu data apa yang bisa dilihat di website VSI ini?”

Yah, hanya sekedar data-data akademik dan hasil survey vulkanologi.

“Sebetulnya data apa yang Anda harapkan ada di sana?”

Lho, piye toh, namanya Pusat Mitigasi Bencana ya harus menjelaskan apa yang harus dilakukan sebelum bencana, ketika bencana, sesudah bencana dan bagaimana prosedur recovery-nya.

“Lho mas, bencana itu kan sudah diatur dari sononya, sudah diatur dan ditentukan oleh Tuhan, jadi ngga perlu merencanakan apa yang harus dilakukan, cukup jalani saja dan pasrah kepada takdir Yang Maha Kuasa.”

Weeeh… lhaa, sampeyan itu sebagai manusia yang beradab dan memiliki sedikit akal yang bisa digunakan, kenapa tidak berusaha memberikan petunjuk kepada sesama dalam bentuk empati yang berupa prosedur tertulis bagaimana caranya menghadapi bencana tersebut. Kan tidak semua manusia pasrah pada takdirnya seperti sampeyan itu. Ada yang terus berjuang sampai titik darah penghabisan, dengan catatan bahwa dia juga mudeng bahwa keputusan terakhir ada pada Tuhan.

“Jadi, usulan sampeyan gimana?”

Tadi saya Googling mencari prosedur apa yang harus dilakukan untuk menghadapi bencana. Untuk Indonesia, website yang resmi dan cukup lengkap data akademiknya, ya hanya VSI itu. Coba bandingkan dengan FEMA (Federal Emergency Management Agency) dari USA. Di sana jelas sekali tercantum pada Button Menu di halaman depan, “ Plan & Prepare ” dan “ Recover & Rebuild “. Lalu coba masuk pada menu pertama dan pilih sub-menu Earthquake. Di sana terpampang dengan jelas apa yang harus dilakukan sebelum, selama, dan sesudah bencana. Seharusnya VSI tersebut juga mencantumkan prosedur itu yang sudah diterjemahkan ke Bahasa Indonesia. Percuma juga saya terjemahkan dan copy-kan di sini karena lingkup pembaca blog itu tidak terlalu besar. Harusnya detik.com atau kompas.com yang menyebar-luaskan website yang berisi prosedur Mitigasi Bencana.
Sebetulnya pemilihan nama VSI sebagai lembaga mitigasi bencana juga sudah salah sejak dari awal. Ranah mereka semula hanya survey vulkanologi. Penambahan ranah baru ini terkesan hanya sekedar pelengkap saja. Tidak dikelola dengan baik. Lebih baik kalau dibuat lembaga baru dengan nama IEMC (Indonesian Emergency Management Center).

“Kira-kira apa yang menyebabkan mereka tidak peduli untuk membuat detail prosedur Mitigasi Bencana itu?”

Ya banyak hal yang bisa menjadi penyebab. Mungkin masalah adanya tambahan pekerjaan tetapi tidak ada tambahan penghasilan. Yang kedua mungkin karena mereka tidak terbiasa untuk memberikan pelayanan yang baik sebagai abdi masyarakat yang digaji oleh masyarakat. Yang ketiga mungkin juga karena mereka sudah terbiasa dengan slogan “kalau bisa dipersulit, kenapa harus dipermudah“.

“Lho mas, bukankah masyarakat kita ini dikenal sebagai masyarakat yang ramah-tamah, baik hati, penganut agama yang baik dan selalu saling tolong menolong?”

Hehehe… dulu mungkin iya. Sekarang coba cari di negara mana ada pencopet dibakar oleh massa? Lalu di negara mana ada tawuran pelajar atau tawuran antar kampung? Lalu di negara mana ada anggota dewan yang dituduh korupsi atau selingkuh, tapi malah melambai-lambai kepada para wartawan? Jadi tolong jangan hubungkan antara agama dan kelakuan, khususnya untuk di Indonesia ini. Tidak ada jaminan bahwa yang rajin menjalankan syari’at, atau yang turunan langsung dari Arab sana, tidak akan melakukan sweeping terhadap sesama umat sambil teriak-teriak menyebut nama Tuhan.

“Terus langkah selanjutnya gimana mas?”

Ya sudah, jalani saja hidup dengan berpikiran positif. Saya hanya bisa menghimbau pemerintah melalui artikel semacam ini, dengan tujuan bagi kesejahteraan bangsa. Mau diperhatikan ya syukur, ngga mau ya udah, gitu aja koq repot. Yang penting bisa buat artikel baru, itu saja.

Dikemas oleh: Lambang (LambangMH.wordpress.com)

About Lambang MH

Pengamat kehidupan, pengamat kemanusiaan, pengamat spiritual, pengamat teknologi dan pengamat segala macam yang bisa diamati.
This entry was posted in Informasi and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

27 Responses to Mitigasi Bencana

  1. Lambang says:

    親愛なる友人、ここでコメントしてください。

  2. sikapsamin says:

    Saya tanya pakde, “pakde itu tulisan pating clengkuer dan penthalit diatas itu, kalau menurut Primbon Katuranggan Aksara, kira2 mengandung sifat bagaimana, pakde?!

    ” Ooo…itu yang ditulis mas Lambang itu, lha itu ‘kan tulisan orang2 yang Negaranya sering terkena bencana Gempa.”

    Wooo…gitu..?€$?!%~¥

    ======================
    :: Saya masuk ke website Jepang malah bingung ngga bisa mbaca. Bisanya cuman nulis yang itu aja, artinya “Halo friend, silahkan berkomen di sini…”🙂
    ======================

  3. batjoe says:

    hehehehehehe
    artikelnya makin ngebut.. emang ndak kerja cari makan mas????

    ======================
    :: Udah berapa minggu ini dibayar tapi santai. Proyek sudah hampir selesai. Nunggu di PHK…🙂
    ======================

    • batjoe says:

      hehehehehehe..
      gile kaya menteri aja kerjanya tingal duduk gajian terus di PHK..
      mau dong ikut kerja ma mas lambang???

  4. batjoe says:

    hehehehehhee
    sebenarnya artikeln ini lagi ngebeci ya dengan berita-berita televisi sekarang yang semakin hari makin ndak jelas….
    yakin aja mas baik sama baiknya saja dan percaya Tuhan selalu baik kok (ngutip nih…)
    dan saya udah terasa kok kalau kita berpikir positif tentangNYA kembalinya sealu baik walaupun itu sumpek sekalipun dan saya makin gantheng hahahahahaa

    ======================
    :: Bukan ngebenci koq. Cuman bingung saja dengan cara berpikir para abdi negara itu. Kenapa mereka tidak berusaha memaksimalkan hasil kerja. Tapi yah itu hak setiap individu, mau rajin atau mau males-malesan. 🙂
    ======================

  5. m4stono says:

    kira2 mitigasi bencana ini sudah siap blom yah menghadapi “kiamat” 2012 :mrgreen:

    ======================
    :: Hehe… boro-boro 2012 Kang. Yang mitigasi banjir aja belum ada prosedurnya. Harus telp ke no berapa, minta bantuan kemana. Kenapa no telp 911 malah dipakai oleh ambulan RSCM? Bukan oleh pusat koordinasi keamanan dan kenyamanan masyarakat. Telp ke Kopro Banjir malah dapet jawaban ngaco.🙂
    ======================

  6. Fitri says:

    Waduh tulisannya (komen no.satu) enggak kebaca.

    ======================
    :: Hihi… emang disengaja, ngga perlu dibaca, cuma buat ngisi komen pertamax aja. 🙂
    ======================

    • batjoe says:

      emang rada curang yang buat artikel ini fit…
      ndak boleh orang lain nomer satu jadinya kita semuanya jadi kecap no 2 dan seterusnya whaakakakakakak..

  7. m4stono says:

    “Kira-kira apa yang menyebabkan mereka tidak peduli untuk membuat detail prosedur Mitigasi Bencana itu?”

    ===================================

    karena populasi manusia sudah sak ambrah ambrah jejel riyel pating tlecek maka ya udah lah biarin aja mati…toh mati kan udah takdir katanya itung2 ngurangi populasi di indo…kalo populasi berlebih kan ntar sawahnya abis buat perumahan, hutannya dibabat buat persawahan, pinggir sungai buat perumahan, pinggir rel kereta juga buat perumahan, maka ya biarin aja mati, toh kalo populasi indo tinggal 20 % kan enak, mo bikin rumah dengan halaman satu hektar di jakarta kueeciiilll…….mlayu sik karo nggowo sendal klomohe kang oleng…lumayan keno nggo kambangan pancing :mrgreen:

  8. Lambang says:

    Hihihi.. sip juga analisanya Kang..
    Jangan-jangan kalau ada bencana mereka baca Innalillahi tapi dilanjutkan dengan Alhamdulillah. Yang penting selamet, orang lain terserah deh, itu kan sudah urusannya Tuhan. Bukannya dari dulu egoisme spiritual kek gini sudah mewabah di negara kita?

    • S™J says:

      padahal kalo mau bermental korup mah jangan nanggung… sekalian bikin persamaan… bencana = proyek baru. *sinis nih*:mrgreen:

  9. m4stono says:

    kalo menurut teori konsp mas pagan…ntar 2012 umat manusia byk yg mati serentak akibat keracunan gizi….konon katanya gizi itu pembodohan publik paling ampuh sak jagat dibidang makanan…dikiranya menyehatkan tak tahunya menggerogoti dari dalam pelan2…yo wis lah tinimbang ngombe dancuk…eh..dancow…mendingan nguntal ndok pitik jowo karo madu…:mrgreen:

  10. Lambang says:

    Keknya yang sekarang lagi dilakukan mereka adalah menyebarkan pandemi virus. Jumlah penduduk harus dikurangi sebanyak 60% s/d 95%. Di Ukraina sudah 500.000 orang yang terserang virus dari jenis yang lebih berbahaya dibandingkan H1N1.

    • m4stono says:

      keknya pirus itu mutasi dari h5n1 ya kang…..kalo dulu penularannya lewat hanya burung maka ntar bisa mutasi ke kucing anjing lalat nyamuk dsb…hiiii medeni…mugo2 virus itu bisa diatasi dgn mcAfee bajakan:mrgreen:

  11. Lambang says:

    Kalau yang di Ukraina itu disebarkan lewat pesawat yang terbang rendah, sambil membuang kabut cairan seperti yang biasa kita liat waktu nyebarin pestisida di atas ladang gandum. Yang masih belum jelas, itu ulah USA atas persetujuan pemerintah Rusia atau memang pemerintah Rusia mau mengurangi jumlah penduduknya.
    Di USA sudah disiapkan bunker militer yang sangat besar dan interconnected lewat bawah tanah, dan sudah disiapkan juga ratusan ribu peti mati beton dan gudang penyimpanannya. Yang nyiapin ya FEMA itu, yang ada di artikel di atas. Yang jadi pertanyaan, untuk apa peti mati beton? Kenapa ngga buat aja jurang galian yang sangat dalam, untuk mengubur para korban. Seperti makam syuhada yang ada di Mekkah itu.
    Kita perlu siap-siap mengalami gimana rasanya dibasmi seperti nyamuk sawah.😦

    • m4stono says:

      walah gitu to kang……hhhmmm….tapi mungkin itu hanya pengalihan isu saja, sedangkan plan terbesar mereka masih tanda tanya….saya ini sedang mikir2 ntar kalo 2012 “jadi kiamat” maka proses sebelum kiamat itu bumi dalam kegelapan oleh dark matter, atau bisa juga terang oleh aurora nyasar…nah pada waktu manusia2 itu sedang panik maka munculah dajjal yg berkuasa selama 40 hari karena kegelapannya ya 40 hari itu….tapi 40 hari disini karena sedang panik maka serasa 40 tahun….ya itu cuman angen2 saya di WC kang:mrgreen:

      tapi bener lho di jangka jayabaya kiamat itu disebutkan dalam rentang sebelum thn 2100 saka….diceritakan akan ada lintang kemukus CMIIW yg datang cumlorot ke arah timur mungkin komet jatuh dan gunung2 hancur terkena sabetan pecut, lalu pada akhirnya turun nabi isa, imam mahdi, nabi sits, dan seh melaya/sunan kalijaga…ini saya belum gugling lho…coba aja gugling sendiri jangka jayabaya….oya si ratu adil itu kedatonnya di mekah dan tanah jawa….jadi teringat sebuah komeng yg mengatakan gunung tidar itu dulunya pusat peradaban manusia….tapi ya wallahu alam…..:mrgreen:

  12. Lambang says:

    Ada ahli fisika yang lagi naik daun, namanya Nassim Haramein. Ini ahli fisika yang bisa menggabungkan semua teori Einstein, fisika quantum, dark matter, singularity, parallel universe dan lain-lain menjadi satu logika yang bisa menjelaskan semua fenomena. Ini saya lagi download film-filmnya yang total masa tayangnya sekitar 20 jam. Udah 5 jam baru dapet 400 MB, padahal semuanya sekitar 2 GB.
    Menurut dia, planet Nibiru itu sudah melewati tata surya kita beberapa bulan yang lalu. Ada suatu kekuatan besar yang lain yang menggeser orbit planet Nibiru itu sehingga tidak jadi menabrak bumi. Jadi menurut dia, kita ini sudah mendapatkan kesempatan kedua untuk meneruskan peradaban ini. Menurut dia, silahkan cari ada di mana sekarang planet Nibiru itu, pasti sudah jauh melesat di luar orbit kita. Nah, yang ditakutkan, ada dark planet lain yang bakalan menghantam bumi, tapi efeknya ngga sedahsyat Nibiru. Tapi ketakutan seperti itu harusnya sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu, karena meteor selalu akan muncul setiap saat.
    Yang penting sekarang mencari cara gimana nanti bisa mati dengan sukses. Mati yang ruh-nya ngga nabrak-nabrak, tapi bisa langsung melesat ke asalnya. Lha kalau ruhnya mbalik lagi, ya masuk dalam siklus samsara lagi. Salah-salah levelnya malah anjlok, jadi kadal lagi atau kodok sawah.🙂

  13. m4stono says:

    haks….2 giga dan 5 jam baru dapet 400 M…keknya sebelum kelar dah kiamat duluan wuakakakakakak…… jadi inget mo donlot ultimate ubuntu 2,4 giga mbok…guedene gak kuku

    ada berita terbaru kang tadi liat di tipione katanya MUI situbondo klo gak salah merazia warnet2 utk menginterograsi pengunjungnya…mungkin bahasanya diceramahi utk tidak menonotn pilem 2012…sampe2 MUI aja turun tangan………

    oya kang coba sampeyan perhatiin pilem2 kiamat mulai independence day, deep impact, armageddon ampe 2012 keknya hampir semua presidennya amrik negro deh CMIIW …nah sekarang kan si obama negro dan 2012 mingsih jadi presiden….kira2 ada hub nya gak yah…..jangan2 si obama sudah diplot jadi presiden di hari kiamat itu yah……tanya kenapa :mrgreen:

    ======================
    :: Duh, kacau deh… download sudah 96% mendadak putus dan ngga bisa disambung lagi.
    Yang pilem itu, saya ngga merhatiin presidennya negro apa bukan. Yang keinget cuman Denzel Washington. Iya ya, jangan-jangan ada hubungannya dengan keturunan kadal Illuminati itu…🙂

    ======================

    • m4stono says:

      emang pilemnya gak dipecah ya kang…..pan repot kalo 2 giga tapi satu guedi bgt…..tapi kalo donlod dari yutub kalo kelamaan gak bisa diresume…………….

      saya aja baru merhatiin baru2 ini sambil ngeden..hihi …..ada satu teori lagi yg saya baca di forum…bahwa sebenarnya para iluminati itu sudah sekongkol ama jin utk berpura pura menjadi alien dan menyerbu bumi…trus datanglah si iluminati sbg pahlawan dan berhasil mengalahkan si alien jin itu….nah trus trus bisa ditebak…yg pemenang yg disanjung sebagai pihak yg paling berjasa dan dijadikan sebagai pemimpin dari new order………..

      tapi say juga punya teori valid …haalaah…hasil ngeden juga:mrgreen: bahwa ntar kalo jaman sudah damai sesudah 2012 tentunya:mrgreen: maka dimensi antara manusia dan jin sudah tidak ada hijab lagi…baik manusia maupun jin sudah bisa saling nyebrang antar dimensi dan tidak ada jin lagi karena tidak ada alam jin…yg ada manusia semua yg membedakan hanya letak alamnya thok…..lalu hewan2 mitos kek manticore,unicorn, naga dll akan muncul karena mereka selama ini bersembunyi melihat ulah manusia yg semakin merusak demi menghindari exploitasi dan pembunuhan….spt diketahui tidak hanya manusia yg punya kekuatan supra tapi hewan juga walau hanya pada hewan2 tertentu…….

      manusia akan berumur lebih panjang karena sudah bisa meregenerasi sel2 nya dan bs jadi berumur ribuan tahun spt umur nabi adam as…dan ketika manusia mati maka jasadnya akan moksa menjadi cahaya…dan manusia2 dibumi sudah menjadi bagian dari peradaban jagat raya dan sedang menantikan kiamat kubra yg sesungguhnya yaitu muksanya jagat raya menjadi cahaya…sori kang kalo ada yg berpendapat kiamat itu hancur2an maka saya ndak setuju…kalo hancur trus jadi apa hayo…kan enak kalo jadi cahaya tapi tanpa dihancurkan…kalo Allah bilang kun maka fayakun…inilah Allah sebagai rabbul alamin….halaaah lamunman wong bocor alus ndledek2 ra nggenah ngalor ngidul…hihihihi :mrgreen:

      • Oleng says:

        Melu ngeden ngalamun sik… utamane sing bagian dledek-ndledek ora nggenah ala Kang Tono… kiro-kiro uteku nyandak ora yoo…? wes gampang nek ra nyandak mengko akon Kang Lambang ben dijabarke…🙂

      • Lambang says:

        Hihihi.. lha koq tekan unicorn dan naga barang. Tapi kata para pakar, ciri-ciri orang yang hampir tercerahkan itu yang selalu berimajinasi nggladrah sampai ndledek-ndledek. *halah*
        Para saintis jaman dulu kan kerjanya nglamun. Ada semut jalan diperhatiin, ada teko keluar uap diamati, ya sepintas koyo wong edan. padahal mungkin edan beneran
        Lha kalau sekarang bukan dicap edan, tapi pakai stempel baru dengan basis agama.🙂

        *melu-melu ndledek ben ndarani wong pinter*

  14. hehehe….mitigasi bencana oleh orang kita..? hehehe.. pesimis.. kang lambang…, lha wong nangani yang sudh jelas kena bencana saja orang – orang kita masih sungkan dan malas serta lamban dan takut kena lumpur,paku, besi beton dan duri .. malah bangsa lain yang berbondong datang menolong dengan sigap tanpa kenal lelah dan penuh tanggungjawab.. dan orang2 kita hanya melongo nonton sambil sedakep..karena ini tontonan yang jarang terjadi, apalag ditambahi pekerjaan IEMC dan ndak ada tambahan penghasilan… paling mending udud nyengkruk di kantin kopi sambil ngobrol cari tambahan penghasilan.. hiks.., lha kalo nanti tahun rongewu rolas jadi tenan.. lha orang orang yang nonton sambil sedakep sapa ya kang…?
    nuwun..

    ======================
    :: Iya mas Hadi. Saya juga heran kenapa orang kita ngga gampang tergugah ingin menolong orang lain yang kesulitan. Tapi kalau yang ada hubungannya dengan ritual agama, wuah rajinnya luar biasa. Ada kesalahan dalam dakwah mungkin ya, lebih mengutamakan ritual dibandingkan empati.🙂
    ======================

  15. and1k says:

    mungkin bumi ini banyak bencana karena manusia itu sendiri

    ======================
    :: Ngga ada hubungan langsung mas. Kalau dilihat dari sejarah, anak-anak Adam juga sudah bunuh-bunuhan. Sejarah peradaban dan kerajaan masa lalu, juga dipenuhi dengan aroma perang. Kalau dipikir-pikir, rakyat Palestina, Uganda, Irak dll itu punya salah besar apa sehingga menderita karena perang dan kelaparan. Nah, Indonesia ini terletak di garis patahan bumi, ya sudah jelas pasti banyak gempa dan tsunami dibandingkan daerah lain. Sayangnya pemerintah ngga bisa membuat perencanaan penanggulangan bencana dengan baik.🙂
    ======================

    • batjoe says:

      setuju mas tidak ada hubungan langsung dengan manusia.. kalau manusia dibawa-bawa terus mending Allah kasih kiamat aja sekalian hehehehee..
      becanda ya mas tapi beneran kata mas lamband udah dari dulu sejak diantah baeranta manusia udah begitu sifat-sifatnya kalau disangkut pautkan kasiahn masnuia yang baik-baik masa terkena imbasnya nanti kita berpikir Tuhan itu ndak adil ya????

      ndak nyudutin siapa-siaa ya mas cm ngomen kososng doang…

  16. batjoe says:

    bagaimna bisa mengatasin bencana ?? wong becanda aja dilarang kok hehehehehe
    tapi beneran entahlah abdi negara ini pada bingun kali.. nyumbat lapindo aja ndak kelar-kelar mungkin harus ditutup lubangnya sama pulau jakarta kali baru bisa mampet…. (sinis juga ni…. jadinya)
    teruz kalau ada bencana lha yang duluan malha bantuan luar negeri, yang dalam negeri entah dimana dan kemana padahal (katanya) bangsa Indonesia ini kaya???? tapi seperti kayanya numpuk duit sendiri2 teruz ngabuburit ke LN teruz ganti kepala jadi kepala alienzz semuanya…
    (makin sinizzz nih….)
    buat bencana dan inonesia semoga tetap semnagat dan katnya D’masive “JANGAN MENYERAH”
    saya ada kirim email mas…

    ======================
    :: Kalau di luar negeri banyak lembaga pendidikan yang sejenis dengan “Center for Consciousness Studies”. Kenapa di Indonesia ngga ada. Apa pembinaan kesadaran itu sudah tidak diperlukan di Indonesia. Yo wis embuhlah… tinggal nunggu waktu…🙂
    ======================

  17. m4stono says:

    hihihihihi…lha mumpung komeng di blog bocor alus….le ngedan di polke ae to…..

    lah betul to apa kata juragan lambang, wong filsuf2 jaman dulu kan hobinya merhatiin, jadi teringet pilem jet li the taichi master….sebelum dia nemuin jurus baru, dia ngedan dulu dengan bola, boneka dan air kalo ngedan ngeden ntar jadinya jurus apa yah…hmmm…….

    mangka dari itu buat yg susah konsentrasi meditasi kek saya….salah satu tips nya adalah menjadi pengamat dari sekitar kita…ini kan juga salah satu bentuk lain dari meditasi bisa juga tuh ngamatin cewek mandi di kali.. :mrgreen:

  18. ibet says:

    terus gimana dunk mitigasi bencana geologinya??????????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s