Kegemukan Menyebabkan IQ Turun

fat monkey.jpg Kelebihan berat badan tidak hanya buruk bagi jantung manusia – juga membuat mereka kurang cerdas. Sebuah studi tentang kecerdasan penderita obesitas telah menemukan bahwa menjadi kelebihan berat badan akan mengurangi kecerdasan, khususnya pada kaum pria, mungkin hal ini disebabkan oleh pengaruhnya terhadap sirkulasi darah di otak.

Temuan ini diperoleh dari angka pertumbuhan obesitas di Australia – hampir 40 persen dari populasi mengalami kelebihan berat badan dan lebih dari 20 persen penderita obesitas, menurut sebuah laporan Pemerintah Federal.

Korelasi antara obesitas dan kondisi seperti tekanan darah tinggi, telah diketahui dapat meningkatkan risiko rendahnya sirkulasi darah dan penyakit-penyakit seperti stroke.

Sekarang peneliti di Amerika telah menunjukkan bahwa obesitas dapat menyebabkan penurunan yang signifikan dalam kemampuan mental. Temuan ini muncul dari hasil penelitian Framingham Heart Study yang terkenal, yang dimulai pada 1950 dan melibatkan ribuan orang dari Framingham di Massachusetts yang selalu melakukan pemeriksaan kesehatan dan mental setiap dua tahun.

Dengan mempelajari catatan lebih dari 1.400 pria dan wanita, Profesor Merrill Elias dan rekan-rekannya di Universitas Boston menemukan bahwa pria yang diklasifikasikan secara klinis sebagai pengidap obesitas, tampak secara signifikan mengalami penurunan kecerdasan mental. Anehnya, perempuan yang gemuk tidak mengalami nasib yang sama.

Ketika diberi tes fungsi kognitif yang melibatkan logika, kefasihan ucapan dan ingatan, skor yang dicapai pengidap obesitas berada 23 persen di bawah kaum pria yang tidak mengalami obesitas, bahkan setelah memperhitungkan faktor-faktor seperti tingkat pendidikan, pekerjaan dan tekanan darah.

Jadi, bagi para pria yang merasa kegemukan maupun sudah gemuk tapi ngga mau ngakuin kalau gemuk, segeralah bertobat berusaha untuk menjaga kelangsingan badan Anda. Jangan sampai Anda masuk dalam kelompok yang mengalami penurunan kecerdasan sebanyak 23%. Salam olahraga!

Dikemas oleh: Lambang (LambangMH.wordpress.com)
Sumber: TheAge.com.au
Gambar: ThoseFunnyPictures.com

About Lambang MH

Pengamat kehidupan, pengamat kemanusiaan, pengamat spiritual, pengamat teknologi dan pengamat segala macam yang bisa diamati.
This entry was posted in Informasi and tagged , , . Bookmark the permalink.

41 Responses to Kegemukan Menyebabkan IQ Turun

  1. lovepassword says:

    Wah – perasaan gw tetap jenius tuh Mas Lambang. Penelitiannya salah kali. Hi Hi Hi

  2. lovepassword says:

    Tampaknya saking gendutnya malah gw bisa pertamax kayaknya🙂

  3. Lambang says:

    Wah lha saya gendut banget kayak yang di gambar itu. Gambleh-gambleh. Mau berdiri dari kursi aja greseh-greseh.. wekekekkk.. kadang malah jatuh dari kursi.. langsung gempa lokal..
    Jadi inget ayam potong Jepang yang ngga bisa berdiri karena kegendutan..:mrgreen:

    • m4stono says:

      waaa kok sama ya …saia juga genduuuuut, kangboed juga gendut…jangan2 taraf kebocor alusan kita mempengaruhi berat badan yak….semakin bocor malah semakin mlembung…ra nyambung babar blas:mrgreen:

      • Lambang says:

        Loh, saya tadi komen di sini koq ilang sendiri yah. empu-nya blog mulai stress

        Konon kalau gemuk itu karena sudah bisa mengontrol emosi. Daripada marah, sebel atau makan ati, ya mendingan makan aja. Nah kalau yang kurus hanya ada dua jenis. Kurus karena banyak tirakat atau kurus karena stres dan makan ati. Ada satu lagi ding, kurus karena cacingan:mrgreen:
        *teori super ngawur*

      • KangBoed says:

        atau kurus karena enda punya duit buat beli makan akhirnya tirakat seumur hidup

    • m4stono says:

      katanya kalo gendut itu bakat jadi boss….kalo kurus bakat jadi preman pasar…..:mrgreen: tapi emang nasib udah gendut tapi gak jadi boss…salahnya dimana yah…hmm…kira2 ada gak ya boss yg bocor alus kek saya ni :mrgreen:

      • KangBoed says:

        Nyang paling GENDUT nyang PUNYA blog ini kayanya kalau enda salah namanya bos Lambang tuuuuh

      • Lambang says:

        Hihihi… sesama endut dilarang saling mendahului… takut gempa lokal…🙂

  4. yang-kung says:

    Kadang dlm hati kami heran,”mengapa ya pd dasa warsa terakhir ini semakin banyak orang gemuk?”
    Mungkinkah kehidupan bangsa ini sudah makmur,sehingga segala keinginan makanan bisa dituruti.
    Atau bangsa ini semakin malas unt menyiapkan makanan sendiri,sehingga lebih senang makanan “siap saji”
    Atau bangsa ini kurang kreatif dan mungkin malas untuk berbuat sesuatu ya..?

    Bulan Nopember adalah Hari Kesehatan Nasional-telah dicanangkan Bulan Lingkungan Sehat tgl 12Nop s/d 12Des,sudahkah tiap daerah ada kegiatan tsb ?
    Kesehatan tidak hanya milik perseorangan,tetapi mempengaruhi lintas sektoral dan melibatkan semua komponen masyarakat.
    Kegiatan2 itu bisa direalisasikan disetiap :
    * lingk.Klg–>menyiapkan masakan tersendiri 4 sehat
    5 sempurna tanpa beli setiap minggu.
    * lingk.RT—>senam/jalan santai tiap minggu pagi.
    * lingk.Instansi–>sepeda sehat tiap Jumat pagi.

    Kalau kegiatan2 ini dilakukan,kami yakin kok bangsa ini akan semakin sehat dan segar serta “NON GEMUK”dan akhirnya anak bangsa ini semakin cerdas & IQ tidak turun.

    salam rahayu.

  5. Lambang says:

    Yts YangKung,
    Sepertinya masalah FASOS dan FASUM kurang diperhatikan oleh pemerintah. Mau jogging di sepanjang trotoar, takut kesandung trotoar yang naik turun dan banyak lapak dagangan. Mau jogging atau naik sepeda agak ketengah, takut disamber Metro Mini, mikrolet dan motor yang sebagian besar dikendarai tanpa empati. Mau ke lapangan olahraga, malah dipakai bedinde yang nyuapin bayi-bayi. Paling enak kalau tinggal di perumahan elite, semua sarana lengkap. Tapi hanya berapa persen penduduk yang bisa menikmati kemewahan seperti itu…
    Yah, akhirnya terpaksa sering-sering saja lari ngejar metro mini atau ngejar kereta api, nanti lama-lama kakinya kan jadi gede.🙂

    Salam Rahayu.

    • KangBoed says:

      nyang berat meman masalah visum.. masalahnya penyakitnya cuma atu kalau dah duduk lupa berdiri kalau dah ngemil lupa berhenti

  6. batjoe says:

    lha saya juga gemuk tapi gara-gara direndem tuh ma mas lambang hahahahahaha
    tapi ndak juga tuh mas kelihatan warga WNC anak-anaknya banyak yang gemk tapi pinter-pinter kok mas..
    mungkin kalau penyakit saya masih setuju..
    ngos-ngosan iya, berdiri dari duduk lama juga sakit hehehehe
    aku ada kirim email lagi

  7. Lambang says:

    Mungkin juga yah. Artikel ini dari hasil survey yang sudah cukup lama, jadi ada kemungkinan sudah ngga cocok lagi dengan kondisi jaman sekarang.

    Emailnya sudah saya balas mas.🙂

    • KangBoed says:

      🙄 pokoke manstaaab untung penelitiannya baru sama gorilla berarti belum tentu sama pada manusia kecuali untuk manusia gorilla

  8. batjoe says:

    makasih mas lambang dah saya bales lagi emailnya…
    tapi tambah banyak maunya hahahahahahahaa..

    untuk itu saya mengucapkan banyak terima kasih bila diperkenankan untuk sekedar ngirim kopi ke gubuk ini lewat dunia maya aja abiznya dikirimin beneran pada ngak punya rumah semua katanya..

    salam tengah malam semuanya

    • KangBoed says:

      RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

      MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

      Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
      I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

  9. lovepassword says:

    Gendut dan kurus itu tergantung meditasinya. Yang satu tekniknya menyimpan yang satu mengeluarkan. Hi Hi Hi.
    Di film2 , Biksu2 Buddha anehnya ada juga yang kurus dan ada juga yang gemuk. Lho ???🙂
    Filosofinya kan : Menikmati makanan apapun yang terhidang adalah bagian dari tirakat.🙂 Lha kebetulan yang terhidang yang bikin gendut.🙂

  10. sikapsamin says:

    Niatnya ingin beri koment…tapi setelah baca2 termasuk semua koment, akhirnya… No Comment aja..hi..hi..hi

  11. m4stono says:

    tips meditasi bocor alus super ngawur ala saya bwat mas lambang yg super gendut:mrgreen: supaya langsing

    pertama ambillah sebatang lidi lalu diberdirikan lidi tsb terserah ditancapkan ke apa….lalu duduk sila teratai spt biasanya menghadap lidi tsb, lalu visualisasikan lidi tsb sejelas jelasnya sambil merem, visualisasikan utk menjadi lidi tsb dan menyatukan jiwa kita dgn lidi tsb….sambil memberi afirmasi kata2 “wahai lidi, engkau adalah aku, aku adalah engkau…..tubuhku akan selangsing engkau karena aku adalah engkau…..” lakukanlah tiap hari sebelum tidur selama 15 menit maka insya Allah badan kita akan langsing:mrgreen:

    mlayu sik sedurunge dibalang sandal klomoh…atuuuuuut:mrgreen:

    • Lambang says:

      Padahal sebetulnya saya itu body-nya padat seperti karung beras. Perutnya sixty-pack brindilan maksute. Dari jauh bikin kesengsem kek Tom Cruise dari deket ternyata nggilani.

      Tapi katanya metode yang paling bagus ya membayangkan badan kita itu bentuknya sempurna. Misalnya visualisasi Tom Cruise waktu meditasi. Entar kalau lagi jalan-jalan di mall visualisasinya harus tetep dilanjutkan. Paling disangkain ngga waras, tapi ngga papa terusin saja, anggap saja itu godaan dalam pencapaian tujuan.:mrgreen:

      • m4stono says:

        wah kalo membayangkan tom kruis malah bisa bahaya kang…ntar2 lama2 kita jatuh cinta betulan ama dia…alias maho hihihihihihi

  12. Ku pikir pincuk lidi yg ditancepin itu didudukin,
    Lalu anginnya keluar sedikit demi dikit lalu kurus, heheh!
    Bukan!

    Yg gemuk pingin kurus banyak, takut semakin gemuk gemuk gemuk lama-lama meledak lalu gelap. Yg kurus pingin gemuk dikit, takut semakin kurus kurus kurus lala-lama ilang dimbus angin. Keduanya pingin tampilan yg bagus dan abadi, bukan soal IQ-nya bakal naik atau turun atau lainnya.
    Gimana, Brat!

    Salam Damai!

    • Lambang says:

      Masih belum jelas itu gimana hasilnya kalau di survey di Indonesia. Jangan-jangan banyak kasus lain yang belum terdeteksi. Misalnya busung lapar, cacingan, kebanyakan ngemil dan lain-lain.

      Tapi keknya wajar kalau yang gemuk pingin kurus, yang kriting pingin lurus, yang item pingin putih, yang pendek pingin tinggi. Hubungan dengan IQ mungkin karena gemuk jadi males, tidur mulu, jarang baca buku dan ngisi TTS. Ini sih teori ngawur saya.

      Salam Ngawur!

      • Iklan yg membidik orang gemuk lebih banyak dari pada ikan utk orang kurus. Apa orang gemuk itu lebih banyak duitnya, atau emang orang kurus itu nggak takut ilang di mbus angin?

        Salam at Siang!

  13. S™J says:

    kata almarhumah eyang saya sih yg bikin gemuk itu daging, maka kurangi konsumsi daging. daging (binatang berdarah panas) juga bikin ngantuk, akibatnya malas mikir… udah gitu penelitiannya diadakan di negara yg penduduknya sangat gemar makan segala daging… jadilah turun IQ-nya *hipotesa dulu*😎

    • Jadi yg kurus kebanyakan makan tulang.
      Maksudku sop!

      Katanya sih kebanyakan makan ati.
      Maksudku bukan yg dekat rempela.

      Salam Banyol Mas SJ!

      • S™J says:

        nah… jadi yg gemuk kebanyakan makan daging, sedangkan yg kurus kebanyakan makan ati. trus mana yg jadi pinter nih?:mrgreen:

      • Utk pinter keknya kudu banyak makan roh. Makanya banyak orang pinter disebut dukun … hehe! Dukun itu tak hirau pd IQ keknya. Entah lah! Bung Lambang paling sering tau jawabnya!

        Salam Damai!

    • Lambang says:

      Di Indonesia jarang dibuat penelitian sih. Paling cuman quick count aja, demi kepentingan golongan tertentu. Wong penelitian di LIPI dan BPPT saja banyak yang terbengkalai karena kurang dana.🙂

      • S™J says:

        lha itu… barusan liat tipi katanya ada air tanah muncul berwarna merah. ‘pakar’ yg dateng cuma memastikan bahwa air tersebut keluar dari dalam tanah. trus bedanya dgn orang awam apa?:mrgreen:

      • Lambang says:

        Keknya sang pakar itu masuk dalam kelompok “the wrong man at the right chance”. Banyak sih yang kek gitu.🙂
        Misalnya oom Roi Sukro yang ngakunya pakar telematika.

  14. Fitri says:

    Lagi ngomongin masalah kegemukan ya..diet dong kayak saya, ha ha ha.

    Tiap pagi saya enggak sarapan, cuma makan siang dan malam.:mrgreen:

    Dan berhasil turun 4 kg sekarang. Dan efek sampingnya saya jadi sakit filek dan batuk-batuk.

    ======================
    :: Duh, jadi makin langsing dunk…😉
    Kalau saya sekali makan cuma satu sendok koq… ngga barengan lima sendok masuk mulut

    ======================

  15. sikapsamin says:

    Kegemukan…efeknya IQnya Turun?!?
    Apa iya..ya?
    Kalau begitu di Etiopia dan sekitarnya, banyak yang IQnya tinggi dong?!?

    Salam…KURUS

    ======================
    :: Hihi… lha wong hasil penelitian ini ternyata dianggap salah di artikel berikutnya… cuma uji coba melihat respons pengunjung…🙂
    Salam Respons!

    ======================

  16. Pingback: Korelasi dan Kausalitas « Islam Abangan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s