Anak Yatim Haiti Dijual 50 Dollar

Di daerah terpencil di utara Port-au-Prince, seorang laki-laki dilaporkan telah menjual seorang anak laki-laki kepada pria Kanada dengan imbalan hanya 50 dollar.

Kasus penjualan anak ini pertama kali dikonfirmasikan berlangsung di dekat Gonaives, 150 km sebelah utara Port-au-Prince. Dilaporkan oleh Noel Ismonin, pendeta Kanada yang menyelamatkan anak yatim di daerah tersebut. Seorang pria menawarkan untuk menjual anaknya tetapi pendeta itu menolak.

Sementara itu, di kamp-kamp di sekitar ibu kota ada beberapa laporan tentang orang-orang yang digantung setelah dituduh mencoba mencuri bayi dari tenda oleh para korban gempa.

Insiden dekat Gonaives menimbulkan kekhawatiran bahwa geng perdagangan anak bisa pindah ke daerah-daerah pedesaan miskin yang belum dapat tercapai oleh lembaga bantuan. Geng perdagangan ini tidak ditangkapi oleh pihak berwenang di sana. Penculikan anak-anak oleh child trafficker ini sudah menjadi masalah kronis sejak gempa pertama Haiti, di mana ribuan anak diserahkan oleh keluarga mereka ke dalam penitipan anak yang lebih layak.

“Ada sekitar satu juta anak yatim piatu, atau anak-anak yang kehilangan salah satu orangtuanya,” kata Kate Conradt, juru bicara Save the Children. “Mereka sangat rentan.”

Karena kekhawatiran atas keselamatan anak-anak yatim Haiti itu, sekelompok anak-anak sejumlah 78 anak tidur di jalanan di luar panti asuhan mereka yang hancur di ibu kota itu dan pada malam hari dijaga oleh sekelompok masyarakat setempat. Mayat-mayat dari 56 anak-anak lain masih terkubur di bawah gedung tiga lantai lantai panti asuhan di daerah kumuh.

Korban yang paling muda adalah Cedric Francois dan James Alcius, keduanya masih berusia lima bulan. Yang selamat banyak yang luka di kepala dan anggota badan. Mereka tidur diselimuti dan diletakkan di jalan. Tiga lembaran plastik yang disediakan oleh Unicef tampak digantung di pohon.

“Kalau hujan itu akan tampak mengerikan,” kata Eviline Louis-Jacques, 61, yang mengelola panti asuhan Notre Dame de la Nativite. “Ada 56 anak yang meninggal di sana,” katanya sambil menunjuk tumpukan puing. “Sebagian besar dari mereka masih bayi. Itu sebabnya mereka berada di sana, mereka sedang tidur. Sekarang hanya tinggal 78 anak.”

Vanessa Line, tiga tahun, diselamatkan setelah menghabiskan waktu dua hari terjebak di reruntuhan. Dia menatap kosong ke depan dan tidak dapat berbicara, karena mengalami trauma yang sangat hebat.

Panti asuhan Haiti menjadi sasaran bagi orang-orang putus asa untuk mendapatkan makanan, air dan obat-obatan. Maison de Lumiere, yang mengurusi 50 anak yatim, pernah diserang oleh sekelompok pria bersenjata sekitar 20 orang, tetapi penjaga keamanan mengusir mereka pergi.

Badan-badan bantuan hanya memasok panti asuhan dengan makanan dan air yang hanya cukup untuk beberapa hari saja pada saat mereka dijarah.

Sumber: telegraph.co.uk
Alih bahasa: Google + Lambang (LambangMH.wordpress.com)

About Lambang MH

Pengamat kehidupan, pengamat kemanusiaan, pengamat spiritual, pengamat teknologi dan pengamat segala macam yang bisa diamati.
This entry was posted in Informasi, Kemanusiaan, Kesehatan, Renungan and tagged , , . Bookmark the permalink.

8 Responses to Anak Yatim Haiti Dijual 50 Dollar

  1. ahmed shahi kusuma says:

    Nah di BBC tadi pagi, pemerintah Haiti tangkap 10 anggota misionaris baptis Amerika karena berusaha membawa 17 anak kecil Haiti…
    La apa Tuhan emang gila banget mikir bahwa kalau gak lewat kristen yg laen masuk neraka yah?????

  2. Lambang says:

    Sepertinya memang ada yang memberikan penafsiran salah terhadap Al-Qur’an. Karena merasa sebagai agama terbaik dan terakhir, maka yang tidak mau bergabung dianggap oleh sebagian orang sebagai kelompok yang tersisihkan dan perlu dibasmi. Yang gila ya sebagian orang yang berpendapat seperti itu. Dia pikir Tuhan itu ketua Geng. Harus dibela mati-matian sambil teriak-teriak bawa pentungan. Tapi saya maklum bahwa perilaku seperti itu umumnya hanya ada pada orang-orang yang berpikiran pendek dan logikanya masih belum diasah dengan baik.🙂

  3. batjoe says:

    bilangnya sudah pada main bola????

    jadi selama ini jual anak untuk bangun rumah gitu???

    salam kangen buat masku ……

    Kalau tidak ada halangan saya ke Jogja Bulan maret pertengahan…

  4. batjoe says:

    mas lambang aku ada kirim email mohon bantuanya segera…

    • Lambang says:

      Oiya mas, sudah tak bales emailnya.

    • m4stono says:

      hihihihihi…mas lambang menjadi tempat curhat sejati…..mendingan buka bisnis konsultan “serba serbi kehidupan” dari masalah rumah tangga, jodoh, rejeki, nasib ,peruntungan sampai nomer togel…dijamnin amplopnya tebel dan cepet kaya……huahahahahahah :mrgreen:

    • Lambang says:

      Hehe… terus pasang iklan “Reg spasi Lambang” kirim ke 3868…

  5. m4stono says:

    hiyaaa mlebu spam…… 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s