Censorship di Iran

internet_censorship.jpgMajalah yang dijual di Iran harus diterbitkan sesuai dengan undang-undang setempat. Bahu terbuka, lutut dan tampilan seksi dari wanita biasanya dicat dengan warna hitam.

Indonesia sudah jauh lebih bebas dari Iran maupun Arab Saudi. Di sini kita bisa melihat wanita berpakaian agak minim bebas jalan-jalan di tempat umum. Acara TV maupun isi majalah terkesan sudah tidak dikontrol lagi. Apalagi pembatasan browsing internet. Semua orang bebas download mulai dari nude images sampai hard core images.

Di Iran, penyaringan gambar semakin lama semakin berat. Internet menjadi berjalan kurang dari sepersepuluh kecepatan biasanya.

“Pihak berwenang menyadari bahwa hampir semua pengguna internet tahu bagaimana cara untuk menerobos penyaringan tersebut dan mereka tidak peduli tentang hal itu,” kata Mehrdad, seorang mahasiswa. “Tapi begitu ada bahaya internet dapat merusak sistem politik, mereka mengintensifkan sensor sehingga akan sangat sulit untuk mendapatkan akses ke situs-situs yang diblokir, bahkan dengan software anti filter.”

Semua lalu lintas internet dari dalam dan luar Iran bergerak melalui satu portal – Telecomucation Company of Iran (TCI) – meskipun ada juga yang melalui beberapa penyedia layanan yang beroperasi di bawahnya. Hal ini membuat lebih mudah untuk memonitor lalu lintas data. Perangkat lunak yang canggih memungkinkan pejabat untuk melihat sebuah situs web atau tweet dan melihat alamat IP dari sumbernya. Keputusan mengenai pemblokiran ini dibuat oleh pejabat pemerintah, anggota peradilan dan intelijen. Penyaringan dilakukan oleh pelayanan telekomunikasi.

“Yang berwenang dapat menyaring situs baru dalam waktu 24 jam,” kata Mahmood Enayat, seorang ahli Iran di Oxford Internet Institute. “Mereka memantau dengan sangat intensif. Sebetulnya tidak terlalu canggih karena mereka menggunakan nama domain, bukan kata kunci, tetapi itu sudah cukup lumayan untuk menghentikan akses.

Bagaimanapun juga, akses ke internet tidak akan pernah dapat benar-benar diblokir kecuali pihak berwenang siap untuk menghadapi kerusakan vital pada kepentingan ekonomi seperti perbankan. Dan pengguna yang canggih dapat membeli software anti-filter, mengenkripsi pesan atau,menggunakan proxy server di negara lain untuk menyembunyikan alamat IP komputer.

Metode lain yang digunakan oleh pemerintah adalah mengurangi bandwidth dengan sengaja untuk mencegah penyebaran rekaman video lewat ponsel. Namun, cara itu tetap tidak dapat menghentikan dunia untuk melihat video pembunuhan terhadap Neda Agha-Soltan, simbol perlawanan di Iran, yang mengalami pendarahan sampai mati di sebuah jalan di Teheran.

“Jika Anda menempatkan 65 juta orang dalam ruangan yang terkunci, maka mereka akan menemukan semua pintu keluar dengan cepat dan menentukan nasib mereka sendiri,” komentar James Cowie pada Renesys internet intelligence blog.

Di bawah ini adalah contoh beberapa majalah yang di cat hitam karena dianggap melanggar undang-undang pornografi negara setempat.

11678.jpg

22833.jpg

24006.jpg

29854.jpg

32229.jpg

35009.jpg

35559.jpg

35655.jpg

52923.jpg

54192.jpg

62379.jpg

71771.jpg

72018.jpg

80107.jpg

86556.jpg

89437.jpg

90219.jpg

92953.jpg

99830.jpg

Dikemas oleh: Lambang (LambangMH.wordpress.com)
Sumber: guardian.co.uk dan berbagai sumber lainnya.

About Lambang MH

Pengamat kehidupan, pengamat kemanusiaan, pengamat spiritual, pengamat teknologi dan pengamat segala macam yang bisa diamati.
This entry was posted in Informasi, Kehidupan, Kemanusiaan, Renungan and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

10 Responses to Censorship di Iran

  1. m4stono says:

    nais inpoh juragan :mrgreen:

    tapi gak parah2 amat kok sensornya, kirain sensornya itu termasuk juga rambut, jadi kalo ada rambut yg keliatan langsung di blok item berbentuk jilbab:mrgreen: ternyata tidak.

    ini keknya yg nyensor pake manual, mungkin memperkerjakan ribuan orang khusus untuk memblok item….harusnya yg fair dong, jangan cuman aurat thok yg diblok tapi juga mulut2 politisi yg omdo gak mutu mulutnya harus diblok item tandanya beracun :mrgreen: kalo di indo semua politisi mulutnya item

  2. Lambang says:

    Waks.. pitnah itu. Kan ngga semua politis mulutnya item. Tapi kalimatnya udah dicoret ding, ngga bisa komplin.:mrgreen:

    Kalau di sini diterapkan, mungkin nanti akan beredar juga versi non-coret. Harganya lima kali lipat. Dijualnya di emperan Cawang, Senen dan Mangga Dua. Lha yang hard core aja banyak dijual di sana. Koq ngga disikat sama FPI yah. Atau dikeluarin fatwa baru.😀

  3. m4stono says:

    non coret itu apa ya kang? kok baru denger….jangankan hardcore, yg pethakilan berempat bersepuluh, pake pecut aja ada kok……..maksude naik andong diisi orang 10 dan kusir nya pake pecut utk mecut kudanya yg pethakilan susah diatur….hihihi emoh ngomong saru ah….mengko konangan asline:mrgreen:

  4. Lambang says:

    Maksute majalah yang belum dicoret pakai cat hitam. Itu istilah baru yang diperkirakan akan muncul kalau semua majalah dicoret dan di blok hitam seperti itu.

    Lha yang lintas mamalia juga ada. Maksute yang jalan-jalan di taman Safari liat-liat bermacam-macam satwa mamalia itu. Hehe… wedi konangan asline sisan:mrgreen:

  5. Nah ini kan proses, …..
    Ok , seandainya saya jadi orang Iran gak segitu ribet (tanpa sensor2 itu pun, tuh cewek2 bule gak seksi amat, bagiku lebih siiip Ayesha Takia lah daripada Victoria Beckham) , asalkan musik2 Bollywood en cewek2nya masih bisa dipelotoin di DVD!!!!
    Intine apa???? ngeres dan tidak, kan dari otak?? stimulus kan bukan dri gambar atau apapun???

    ======================
    :: Iya sih, sumbernya memang dari stimulus otak. Tapi yang diributkan pemerintah kan selalu hal-hal yang menyebabkan otak jadi ngeres atau kriminal. Coba gambare nenek-nenek 80 tahun, pasti stimulus nya enda muncul…😀
    ======================

  6. tomy says:

    lha national geographic yang edisi papua malah mung gambar spidol ireng thok no

    ======================
    :: Hehe… mungkin juga mas…🙂
    ======================

  7. Susah memang tinggal di negara hipokrit seperti iran dimana nafsu sex, rasa ketertarikan kepada wanita dimusuhi bahkan wanita sering dianggap sebagai simbol setan penggoda karena itulah mereka menutupi organ tubuh wanita dengan apa yang disebut jilbab , beruntunglah kita tidak tinggal disana , selain itu jangan sampai negeri ini jadi negara agama dan gambar leony yang kelihatan ketiak tidak disensor.

    ======================
    :: Yah begitulah ulah manusia. Semua memang harus beragam agar dunia ini menjadi ramai dan bersinerji…🙂
    ======================

  8. ahmed shahi kusuma says:

    @Lambang
    Nah itu lo, Bung alex dah kasih komen ke sampeyan, hayo monggo dibales!

    ======================
    :: Oiya, makasih, nanti saya coba meluncur ke sana…🙂
    ======================

  9. m4stono says:

    ssssttt mas lambang lagi bertapa :mrgreen:

    ======================
    :: Untungnya tapanya ngga keterusan sampai bablas…:mrgreen:
    ======================

  10. etikush says:

    klo gambar cowoknya apa diwarnain item juga?

    tapi cowok kan emang biasanya warnanya item yach…

    ======================
    :: Sepertinya sih begitu.😉
    kalau cowok Indian warnanya merah. Cowok Nigeria malah warnanya ungu kehitam-hitaman seperti juwawut.

    ======================

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s