Dahsyatnya Sedekah

Salam dahsyat!

Ada beberapa buku dan ceramah yang menggunakan judul yang sama. Salah satunya buku karangan Ustadz Yusuf Masyur atau ceramah oleh Aa Gym. Benarkah sedekah itu dahsyat? Apanya yang dahsyat? Mengapa bisa dahsyat?
Simak jawabannya pada halaman selanjutnya.

Sebetulnya sedekah itu ngga dahsyat-dahsyat amat misalnya sama dashsyatnya dengan katastropi dunia seperti yang diramalkan terjadi pada tahun 2012. Tetapi sedekah itu jelas sangat bermanfaat baik bagi yang memberi maupun yang menerima.  Ada yang mengatakan bahwa kalau sedekah tapi sambil ngomel atau selalu mengungkit-ungkit sedekahnya itu tidak ada manfaatnya. Ini jelas salah. Sedekah tetap ada manfaatnya bagi yang menerima. Soal ngomel itu tadi, sama sekali tidak mengurangi arti sedekah yang diberikan. Nah kalau dihubungkan dengan pahala, ini perlu pemahaman lain lagi. Apakah pahala itu hanya muncul kalau memberikannya dengan ikhlas dan senang hati atau karena sedekahnya bermanfaat bagi orang lain? Silahkan dikaji sendiri.

Erbe Sentanu dalam bukunya “Zona Ikhlas” juga menyebutkan bahwa sedekah yang disertai dengan perasaan kasih sayang dan tulus ikhlas, nilai sedekahnya akan jauh lebih besar. Setuju sekali karena si penerima merasa lebih lega dan si pemberi akan memancarkan enerji positif dari dalam dirinya ke alam semesta.

Sedekah ini tidak perlu dilakukan dengan materi atau uang. Jadi bukan hanya orang kaya saja yang bisa bersedekah. Sedekah bisa dilakukan dengan tingkah laku, misalnya memberikan senyuman atau ucapan terima kasih. Atau membantu membukakan pintu toko. Atau membantu mengangkat kardus. Atau membantu mendorong mobil dan lain-lain. Banyak cara yang bisa dilakukan.

Sedekah juga bisa membuat kita menjadi kaya atau lebih kaya. Nah ini yang penting. Jangan dianggap bahwa sedekah yang mengharapkan kaya adalah seolah berdagang dengan Tuhan. Tuhan disogok dulu agar kemudian mau membukakan pintu rejeki bagi kita. Salah seorang trader yang sukses sehingga berhasil mengelola dana sebesar 100 juta dollar, Felix Homogratus,  menceritakan bahwa dia hanya menggunakan tiga kiat sehingga bisa menjadi kaya seperti itu. “Sumbangkan 10% pendapatan Anda, simpan 30% nya, dan bermeditasilah setiap hari selama satu tahun dengan tujuan mengharapkan kekayaan.” Artikel lengkapnya bisa dibaca di sini.

Kiat itu sebetulnya di peroleh dari Master Choa Kok Sui, yang terkenal dengan bukunya “Pranic Healing“. Kalau mau copy bajakannya, silahkan email ke saya (282 halaman, 2 MB). Isi buku itu memang sangat inspiratif dan banyak digunakan sebagaiu referensi oleh para pengajar pelatihan prana di Indonesia ini.

Jadi, disitulah hebatnya sedekah, baik bagi kita maupun bagi orang lain. Kalau ada yang berminat sedekah, bisa mencoba ke smiletrain.org yang sudah terbukti sangat profesional dan transparant, atau ke link lokal yang berhubungan dengan kata kunci BAZIS. Untuk yang lokal, silahkan diuji sendiri profesionalitas dan transparansinya.

Selamat bersedekah dan salam dahsyat!

Permalink: http://LambangMH.wordpress.com/2010/05/28/dahsyatnya-sedekah
Gambar: dari sini.

About Lambang MH

Pengamat kehidupan, pengamat kemanusiaan, pengamat spiritual, pengamat teknologi dan pengamat segala macam yang bisa diamati.
This entry was posted in Inspirasi, Kehidupan, Kemanusiaan, Motivasi and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

16 Responses to Dahsyatnya Sedekah

  1. aroq says:

    emailnya mas ?????

    di tunggu buku “Pranic Healing“ di aro_choice@yahoo.co.id

    http://aroq.wordpress.com

  2. lovepassword says:

    Ternyata senyumku juga sedekah ya Mas.. Untunglah aku rada hobi senyum akhir-akhir ini… ^_^

  3. M. Faroz says:

    mengunjungi sanak family juga termasuk sedekah ya mas, terimakasih tipsnya

  4. gaelby says:

    “sedekah yang disertai dengan perasaan kasih sayang dan tulus ikhlas, nilai sedekahnya akan jauh lebih besar. Setuju sekali karena si penerima merasa lebih lega dan si pemberi akan memancarkan enerji positif dari dalam dirinya ke alam semesta” by : Islam abangan.

    Sepakat bro… All my best 4 u. Salam peace🙂

  5. @Lambang
    Saya gak tau jawabnya, karena semua bergantung pada motifnya. Kalau saya dari perspektif Marxis anti Althusser ya…Sedekah berarti merupakan semangat untuk lebih dekat dengan semangat sosialisme. nah dalam agama /spiritual, kemudian dibaca memiliki perspektif gaib. Bukankah demikian inti dari nilai2 manusia, dari Nabi dan resi sampai Karl Marx dan kaum anarkis!
    Cuma saya pikir perbedaan utamanya ya sumber sedekahnya.Kalau dari korupsi , berarti Tuhan telah dibajak atau dimonopoli oleh orang itu , jadi sebagai bentuk purgatorio. Moga2 artikel sampeyan juga berisi semangat untuk melawan sedekah sesat pikir ini.

  6. zal says:

    uups, ya..tanpa disadari sedekah menyedekahi sudah berlangsung..misalnya pemilik toko tempatku berbelanja dia menyedekahi waktu dan modal serta kenekatan untuk berdagang..lalu aku belanja dan membayar lebih banyak dari harga beli dan biaya operasionalnya yang termasuk dalam kontent harga..akh kalau pembuat baju, pemilik toko, pelayan toko tak menyedekahi waktunya meski alasan keuntungan..terpaksa aku menjahit sendiri..repot banget…

  7. Abdul Aziz says:

    Setiap perbuatan yang baik itu termasuk sedekah, karena kita memberikan sesuatu kepada orang lain. Walau hanya sebuah senyuman. Kalau tidak lkhlas tentu nilainya tidak optimal, terutama bagi pemberinya. Si pemberi akan merasa tidak nyaman di hatinya.

    Terima kasih Mas, sebuah tulisan yang menarik.
    Salam

  8. lovepassword says:

    Lagi istirahat Mas Lambang ? Sembari ancang2 untuk artikel menarik berikutnya…

  9. wardoyo says:

    Salam sedekah.

  10. Bios says:

    emailnya Saya tunggu mas ??

    buku tentang “Pranic Healing“ di Yanibios@yahoo.com

    • Lambang says:

      Iya mas. Yang di atas juga belum saya kirim. Nanti saya coba cari lagi di hard disk. Mudah-mudahan ngga ketinggalan di Jkt.

  11. aKang oLeh says:

    Makasih ya mas, saya jadi dapet inspirasi dari blog ini……
    di tunggu buku “Pranic Healing“ di ssoendaputra@yahoo.co.id
    demikian terima kasih.

  12. Rio says:

    emailnya Saya tunggu mas ??

    buku tentang “Pranic Healing“ di raynans_vx@yahoo.co.id

  13. Lambang MH says:

    Yang berminat buku Pranic Healing silahkan tinggalkan email lagi.
    Bukunya sudah siap dikirim.🙂

  14. Dedi says:

    lam kenal,,,
    jadi inget dpn pasar Senakin ada kantor ‘permodalan’ hutang duit yg pasti pake bunga,alias bank thithil,alias bank sobek,,,kalo di kalangan terminal Balikpapan ‘ plecit bank,,,
    yg menarik sponsor tunggalnya DOMPET DHUAFA,,,,kenapa duit dari hasil sumbangan/sedekah masyarakat ko digunakan jadi permodalan rentenir???
    / kalo ada orang2 DOMPET DHUAFA koment waah seruu!!!

  15. Bambang wibowo says:

    Mas..Saya berminat buku Pranic Healing…di ..bambangwibowo945@yahoo.com
    demikian terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s