Mengubah Pertanyaan Pada Diri Anda Dapat Mengubah Hidup Anda


Bayangkan kemampuan untuk bertanya pada diri sendiri yang akan mendorong anda untuk maju, dan membantu anda untuk mengubah cara menjalani hidup menjadi lebih baik. Pertanyaan yang kita tanyakan pada diri sendiri memiliki kekuatan untuk melakukan hal ini. Jika saya bisa menunjukkan bagaimana cara menyusun pertanyaan anda dan membingkai ulangnya dalam rangka untuk mendapatkan lebih dari apa yang anda inginkan dalam hidup ini, apakah anda tertarik?

Pertanyaan yang membuat kita mundur

Pernahkah anda memikirkan pertanyaan pada diri sendiri seperti ini:

Mengapa saya selalu terjebak dalam kepadatan lalu lintas?
Mengapa saya tidak pernah mendapatkan hal yang saya inginkan dalam hidup ini?
Mengapa saya selalu memilih pasangan yang salah?
Mengapa saya tidak bisa menemukan pekerjaan yang saya inginkan?
Mengapa saya tidak pernah punya banyak uang?

Pertanyaan-pertanyaan ini cukup berbahaya dan banyak dari kita yang melakukannya hari demi hari. Jika kita benar-benar mengamati pertanyaan-pertanyaan seperti ini, kita bisa melihat adanya suatu struktur pertanyaan yang membuat otak justru malah benar-benar melanggengkan hal yang sangat ingin kita menghindari.

Untuk lebih memperjelas, mari kita ambil satu contoh dari pertanyaan itu dan mengupasnya.

Mengapa saya tidak pernah mendapatkan hal yang saya inginkan dalam hidup ini?

Kata pertama “Mengapa” mengirimkan pesan ke otak untuk mulai mencari jawaban karena ada pertanyaan muncul. Kalimat berikutnya, “saya tidak pernah”, akan memberitahu otak untuk mencari data alasan dari memori.

Kalimat berikutnya, “mendapatkan hal yang saya inginkan dalam hidup ini”. Pertanyaannya sudah lengkap dan otak sekarang sudah melemparkan jawaban untuk pertanyaan itu: “Anda tidak cukup baik”, “ada tidak memiliki cukup pengetahuan”, “anda tidak cukup kuat”, “Usaha anda tidak cukup keras”.

Otak mulai mengakses semua pengalaman masa lalu pada saat anda masih belum berhasil mendapatkan apa yang anda inginkan dalam hidup ini.

Apa perasaan anda ketika otak anda mulai membuka semua peristiwa dari masa lalu dan semua alasan mengapa anda tidak bisa mendapatkan hal yang Anda inginkan dalam hidup ini? Saya bisa menebak bahwa anda merasa kecil dan merasa lemah.

Apa yang Anda lakukan dengan mengajukan pertanyaan seperti ini adalah membuat diri anda terjebak dalam situasi anda dulu dan sekarang. Jika anda terus bertanya pada diri sendiri dengan pertanyaan ini, anda tidak akan pernah mendapatkan hal yang anda inginkan dalam hidup ini.

Struktur pertanyaan yang bagus

Sebetulnya cukup menarik setelah mengetahui bahwa pertanyaan itu memiliki struktur, dan ketika kita mulai tahu bagaimana struktur untuk pertanyaan-pertanyaan yang bagus, kita dapat mulai bertanya pada diri sendiri dengan pertanyaan yang lebih baik yang membuat kita semakin maju dalam hidup ini.

Berikut ini adalah lima komponen dari pertanyaan yang bagus:

1) Melihat ke arah suatu hasil
2) Sederhana dan jelas
3) Membuka kemungkinan-kemungkinan baru
4) Merangsang pemikiran
5) Menghasilkan energi

Sekarang kita sudah tahu apa struktur dari sebuah pertanyaan yang baik, dan mari menggunakannya.

Kita tahu bahwa pertanyaan “Mengapa saya tidak pernah mendapatkan hal yang saya inginkan dalam hidup ini” bukanlah struktur pertanyaan yang bagus. Jadi apa yang harus kita lakukan sekarang adalah membingkai ulang pertanyaan itu dengan struktur yang baru.

Pertanyaan “Mengapa saya tidak pernah mendapatkan hal yang saya inginkan dalam hidup ini” kita alihkan menjadi pertanyaan “Apa yang dapat saya lakukan untuk mendapatkan lebih banyak hal yang saya inginkan dalam hidup ini?

Dapatkah Anda melihat perbedaannya di sini? Perbedaannya sangat besar. Pertanyaan awal dibingkai kembali agar memiliki suatu hasil, sangat sederhana dan jelas, membuka kemungkinan-kemungkinan baru, merangsang pemikiran dan menghasilkan energi.

Otak Anda akan segera mulai mencari jawaban atas pertanyaan ini dan melemparkan segala macam kemungkinan jawaban. Inilah mengapa struktur pertanyaan semacam ini jauh lebih positif dan lebih mungkin untuk membantu Anda mengambil tindakan untuk mengubah hidup Anda.

Mengapa pertanyaan memerlukan alasan

Mengapa pertanyaan yang bagus sering digunakan untuk bertanya pada situasi tertentu, khususnya untuk tujuan pendidikan? Anak-anak  sering memberikan pertanyaan yang bagus seperti “Mengapa laut berwarna biru?”, “Mengapa burung bisa terbang?”, “Mengapa kita tidak bisa terbang?”. Satu-satunya masalah, pertanyaannya sering terlalu bagus sehingga kita tidak tahu apa jawabannya. Jadi pertanyaan “mengapa” itu sangat bermanfaat untuk mendapatkan pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari. Namun mengapa pertanyaan yang kita ajukan pada diri sendiri cenderung menginginkan jawaban yang berfokus pada masa lalu, atau memberikan alasan mengapa kita tidak memiliki sesuatu atau tidak mampu mengerjakan sesuatu, sehingga membuat kita merasa buruk tentang diri kita sendiri.

Cobalah tanyakan pada diri sendiri pertanyaan yang berfokus pada diri anda sendiri dan dimulai dengan kata “Mengapa’.

Sekarang terserah anda. Anda sudah tahu bagaimana mengajukan pertanyaan yang bagus, mulailah berlatih dan melihat bagaimana banyak hal yang dapat mengubah hidup Anda.

Dikemas oleh : Lambang Mahardhika, 27 Sep 2011.
Permalink: https://lambangmh.wordpress.com/2011/09/27/mengubah-pertanyaan-pada-diri-anda-dapat-mengubah-hidup-anda

 

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

5 Responses to Mengubah Pertanyaan Pada Diri Anda Dapat Mengubah Hidup Anda

  1. Daffa says:

    Assalammualaikum wr wb..salam kenal njih mas lambang.postingan yg bagus mudah2an sy berhasil mempraktekan…

  2. Lambang MH says:

    Salam kenal kembali mas.

  3. yang ini wajib di copas terus diprint buat buku manual
    mengawali sukses dari membuat pertanyaan yang tepat
    sip.. matur nuwun Mas 🙂

  4. Triyono Yono says:

    ijin copas kang semua artikel panjenengan,yang baik bagi aku,matursuwun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s